Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya


Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya


Dzargon. Menikmati akhir pekan dengan camping di lokasi camping ground di Jogja bisa jadi menjadi hal yang paling menyenangkan untuk para kawula muda yang selalu sibuk dengan tugas belajar atau kerja. Menghilangkan rasa penat dengan nge-camp adalah alternatif yang baik sehingga anda bisa merasakan nikmat alam tanpa ada suasana bising seperti di kota.

Sebelum anda menyusun rencana untuk nge-camp ada baiknya jika anda membaca terlebih dahulu referensi mengenai tempat-tempat camping ground paling pavorit di daerah Jogja dan sekitarnya agar akhir pekan anda tidak terbuang dengan percuma karena tidak semua tempat wisata baik untuk dijadikan sebagai lokasi camping ground. Sebagai informasi awal bagi anda pecinta alam mania berikut beberapa tempat camping ground di wilayah Jogja versi Admin.

Camping Ground di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah gunung di daerah Patuk, Gunung Kidul tepatnya 10 menit dari bukit bintang. Meskipun memiliki nama gunung, Gunung Api Purba Ngelanggeran hanya memiliki ketinggian tidak lebih dari 1000 mdpl dengan track pendek. Anda hanya perlu berjalan dengan medan sedikit menanjak kurang lebih 45 sampai 60 menit.

Nama Gunung Api Purba diambil dari bebatuan penyusun yang di dominasi oleh batuan Vulkanik zaman dahulu yang telah mengeras dan membentuk gunung. Gunung yang memiliki luas penampang datar pada bagian puncak ini ternyata menyimpan banyak keindahan dan jauh dari kebisingan kota. Beberapa titik di puncak gunung ini bisa dijadikan sebagai area camping ground.

Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya Gunung Apri Purba Ngelanggeran

Tips: Pengalaman penulis selama camping ditempat ini, terkadang penulis naik jam malam dan membangun tenda setelah sampai puncak sekitar jam  9 malam. hanya saja jika kita berkunjung pada hari libur sebaiknya naik ke puncak pada saat sore agar posisi terbaik dapat anda miliki. Oh iya ada satu lagi. Jika berkunjung pada musim hujan, Di gunung ada banyak pohon Jamblang yang berbuah, boleh dimakan atau dibawa pulang.

Camping Ground di Kali Kuning

Nama kali kuning asih sangat jarang dikenal oleh para pecinta alam Jogja. Kali kuning adalah sebuah daerah dekat kali mati tempat lava dingin gunung Merapi mengalir. Kali kuning berada di antara lembah kali mati dan desa Mbah Marijan. Lokasi ini cukup datar dan sunyi dari penduduk sehingga sangat nyaman dijadikan tempat camping. Akses dari pinggir jalan paling tidka anda hanya perlu menuruni bukit selama 20 menit. Di daerah ada umbul manten yakni dua mata air yang mengalir terus menerus dari gunung Merapi. Air dari umbul manten ini sangat sejuk dan boleh langsung diminum. 

Pada daerah ini juga ada sebuah pond atau sejenis kolam ikan alami yang dibuat oleh warga. Kolam ikan dengan air jernih dan beberapa jenis ikan yang hidup seperti Ikan Nila dan Ikan mas. Penulis sendiri menghabiskan waktu lama hanya untuk menikmati ikan yang berenang. Pada bagian tengah kolam ikan ada larangan memancing dari warga sekitar jadi mohon kiranya untuk tidak memancing.

Tips: Anda tidak perlu membawa bekal air pada saat berkunjung ke tampat ini hanya saja mohon jangan dikotori airnya agar bisa dinikmati oleh siapa saja.

Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya kali kuning

Camping Ground di Hutan Wanagama

Hutan Wanagama atau biasa dikenal dengan hutan UGM berlokasi di Desa Banaran kecamatan Playen, Gunung Kidul. Hutan Wanagama pernah terancam punah ketika banyak penduduk sekitar yang tidak bertanggung jawab menabang pohon secara bebas dan liar, namun sebuah gerakan yang diprakarsai oleh Prof Oemi Hani'in Suseno pada tahun 1964 akhirnya hutan ini masih dapat kita nikmati sampai hari ini. Hutan ini memiliki luas kurang lebih 600 hektar. Ada beberapa tempat camping di hutan ini namun yang paling baik adalah daerah air terjun di bagian ujung hutan. 

Pada hutan terdapat paling tidak 3 air terjun termasuk Banyu Tibo, namun sayangnya dua diantaranya hanya bisa dinikmati pada musim hujan karena air yang menyusut pada saat musim kemarau sedangkan pada saat mengunjungi hutan sebisa mungkin untuk tidak membuat api unggun apalagi pada saat musim kemarau karena rawan kebakaran hutan.

Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya Air terjun Hutan Wanagama


Berbicara mengenai fasilitas, Hutan Wanagama terbilang lengkap, anda bisa membangun tenda yang jauh dari pos penjagaan dan dekat air terjun Banyu Tibo atau bagi anda yang tidak suka dengan tenda, di Hutan Wanagama sudah disediakan Aula, Kamar Tidur, Musholla serta Toilet sehingga anda bisa tidur di hotel yang berada di tengah hutan. Suasana hutan yang cukup asri dan juga udara yang segar membuat hutan Wanagama menjadi salah satu tempat Camping Ground favorit di Jogja

Camping Ground di Pantai Greweng

Pantai Greweng adalah sebuah pantai yang terletak di ujung timur dari Gunung Kidul tepatnya berada pada sisi timur pantai Wedi Ombo. Meskipun belum seterkenal Wedi Ombo, Pantai Greweng memiliki keindahan khas pantai selatan dengan pasir putih dan ombak yang deras. Pantai yang diapit oleh dua gunung yang menjorok ke laut membuat suara ombak terdengar besar. Untuk dapat ke Greweng anda harus berjalan kaki sejauh 90 menit karena akses yang belum dibangun, keuntungannya adalah anda betul dapat merasakan ketenangan di pantai yang masih jarang dikenal oleh orang Jogja.

Ada hal yang unik yang penulis alami ketika berkunjung dan camping di Greweng. Tepatnya pada tahun 2014. Disana ada seekor anjing berwarna coklat yang selalu dekat dengan tenda pengunjung. Anjing ini tidak galak bahkan sangat Jinak. Jika anda akan keluar dari pantai Greweng, si Anjing Coklat ini akan menemani dan menunjukkan jalan keluar kepada siapa saja pengunjung yang berjalan keluar. Jika anda capek atau istirahat pada saat berjalan, maka si anjing akan duduk atau mengelilingi anda dan akan ikut lagi ketika anda melanjutkan perjalanan. Saya baru mengetahui cerita ini setelah sampai di pemukiman terdekat. Menurut warga sekitar anjing Cokelat ini ditinggal oleh tuannya yang sering berkunjung ke Pantai Greweng dan selalu menemani siapa saja yang hendak masuk dan keluar dari pantai. Warga sekitarpun suka memberi makan si Anjing.
Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya Greweng

Camping Ground di Pantai Kesirat

Pantai kesirat, terletak di daerah Girikarti, Panggang gunung Kidul. Pantai ini tidak memiliki pasir melainkan tebing yang tinggi dan langsung menuju laut akan tetapi hal yang paling menarik dari pantai ini adalah menikmati senja. Surga yang masih tersembunyi ini belum terlalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Akan tetapi bagi para pemancing sudah ramai namun jangan Khawatir karena para pemancing di pantai kesirat memiliki spot yang berbeda dengan area camping ground. Jika anda pandai menawar bisa jadi ikan segar dapat anda nikmati pada malam hari menunggu pagi.

Camping Ground di Puncak Kosakora

Puncak Kosakara adalah berada pada ketinggian kurang 100 meter di atas permukaan laut dengan lokasi sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Drini. Tidak ada akses kendaraan ke tampat ini dan harus di akses dengan berjalan kaki sejauh 2 km. Jalur yang dilalui pun cukup sulit dengan bentuk jalur Tracking yang mendaki. Hal yang paling menarik dari puncak ini yakni anda bisa menikmati Sunset dan sunrise di posisi yang sama dimana sangat jarang ada posisi seperti ini di Pantai-pantai yang ada di Jogja.
Loading...

0 Response to "Lokasi dan Area Camping Ground Paling Keren Di Wilayah Jogja dan Sekitarnya"