Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia yang Masuk dalam Guinness Book Of Record


Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia yang Masuk dalam Guinness Book Of Record

Dzargon. Fakta unik tentang Indonesia yang jarang kamu sadari. Berikut ini beberapa fakta tentang Indonesia yang bahkan tercatat pada buku rekor dunia. Meskipun sebagian besar dari fakta ini adalah kejadian alam akan masih tetap saja menunjukkan betapa hebatnya kita yang tinggal di negara ini.

  • Letusan gunung terdahsyat terjadi di Gunung Tambora. Gunung Tambora yang terletak di Pulau sumbawa meletus bulan April tahun 1985 dengan kekuatan ledakan sebesar tujuh Skala Vulkanik atau Volcanic Explosivity Index. Besar suara letusan sampai-sampai dapat didengar di pulau Sumatra yang berjarak lebih dari 2.000 km. Tempat yang mendapatkan akibat buruk dari abu vulkanik yakng dikeluarkan sampau di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Ledakan gunung tercatat telah menewaskan 71.000 orang dimana 11.000 sampai 12.000 langsung tewas seketika karena ledakan dari gunung tersebut. Abu vulkanik yang terbang di Udara bahkan menyebabkan perubahan iklim dan menyebabkan Eropa dan Amerika tidak mengalami musim panas karena debu yang dihasilkan.
  • Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah bahasa daerah terbanyak di dunia, mengalahkan papua nugini. Menurut catatan, terdapat lebih dari 740 suku dan etnis yang tinggal di Indonesia di mana 270 diantaranya mendiami kepulauan Papua.
  • Sebuah pulau buatan yang ada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan pulau buatan dengan tingkat kepadatan penduduk terpadat di dunia. Tercatat sebanyak 36000 penduduk mengisi pulau untuk setiap satu kilometer persegi. Angka ini lebih banyak dibandingkan 44 kali dengan pulau jawa yang diisi sekitar 813 jiwa untuk setiap kilometer. Hal ini disebabkan karena luas pulau Bungin yang hanya sebesar 8 hektar dan dihuni oleh 2800 jiwa.
pulau wisata unik Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia

Fakta Unik Tentang Indonesia
  • Indonesia memiliki julah pengguna bahasa daerah terbanyak dan juga jenis bahasa terbanyak di dunia. Paling tidak terdapat 583 bahasa dan dialek yang diturunkan dari 67 bahasa induk. Oleh karena itu, peran bahasa Indonesia untuk Indonesia sangatlah penting.
  • Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia. Terdapat sekitar 216 juta jiwa penduduk Indonesia memeluk agama Islam atau sekitar 88% dari total penduduk yang ada. Hal ini kemudian diikuti dengan jumlah masjid terbanyak di dunia dan jamaah haji terbesar di dunia.
  • Monumen Budha atau bangunan peninggalan sejarah mengenai agama Budha terbesar di Dunia tidaklah berada di India akan tetapi di Indonesia. Banguan tersebut adalah candi borobudur yang terleletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tinggi banguan yang tersusun dari batu ini mencapai 42 meter dengan panjang relief sekitar 1 km. Sejarawan percaya bahwa bangunan ini dibangun paling tidak selama 40 tahun dengan menggunakan teknologi abad 8 oleh Dinasti Syailendra, atau kerajaan Mataram Kuno.
  • Bukti sejerah sebagai manusia purba tertua ditemukan di Indonesia. Manusia kera yang sudah mampu berjalan tegak dengan volume otak besar yang diberi nama Pithecanthropus Erectus diperkirakan berjalan di atas bumi Indonesia sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. 
Pithecantropus Erectus Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia

Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia
  • Indonesia mereka pada tanggal 1 Agustus 1945 dan tercatat sebagai negara pertama yang lahir setelah perang dunia II telah usai. Usia ini tidak muda, karena Indoneia termasuk negara merdeka ke 70 di dunia
  • Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari PBB kemudian masuk lagi menjadi anggota. Pada saat dipimpin oleh Bung Karno, Indonesia menyatakan diri keluar dari PBB pada tanggal  Januari 1965 pada saat Indonesia mengganyang Malaysia dan menyatakan diri kembali bergabung dengan PBB satu tahun kemudian.
  • Jika Brasil dikenal sebagai negara penghasil pemain bola dunia, Indonesia boleh bangga dengan Bulutungkis. Atlitatlit bulutangkis Indonesia menjadi lambang supermasi Bulutangkis dengan merebut piala Thomas Cup sebanyak 13 kali.
  • Sebagai negara kepulauan dan terletak di daerah Tropis, Indonesia merupakan negara dengan penghasil gas Alam (LNG) terbesar di Dunia. 20 % kebutuhan gas alam dunia disuplay oleh Indonesia.
  • Indonesia menghasilkan kayu lapis terbesar dunia. Kayu Lapis atau Polywood atau juga dikenal dengan nama Tripleks disuplay oleh Indonesia dengan volume mencapai 80% dari volume kayu lapis dunia.
  • Indonesia tercatat sebagai negara dengan keindahan laut terbaik di dunia. 18 % dari total terumbu karang yang ada di dunia berada di Indonesia.
  • Sebagai negara Maritim yang berada di dunia benua, Spesies ikan di Indonesia paling banyak. Spesies Ikan hiu yang mendekam di laut Indonesia mencapai 150 jenis termasuk Hiu Paus dari spesies yang paling besar.  
Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia ikan Hiu

Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia
  • Biodiversity anggrek Indonesia terbesar di dunia mengalahkan Afrika dan Brazil. Paling tidak terdapat 6000 jenis anggrek dengan berbagai ukuran. Salah satu anggrek yang hanya ditemukan di Indonesia terdapat di Papua yakni jenis Anggrek Hitam.
  • Dampak dari bentuk morfologi kepulauan Indonesia menghasilkan garis pantai terpanjang di dunia dan juga sebagai tempat strategis pertumbuhan hutan bakau. Indonesia tercatat sebagai negara dengan luas Hutan Bakau terbesar di Dunia.
  • Komodo adalah hewan purbakala yang masih bertahan, namun karena langkanya hewan ini hanya dapat ditemukan di Indonesia tepatnya di Pulau Komodo. Kadal raksasa ini mampu tumbuh hingga 3,13 meter dengan berat sampai dengan 165 Kg.
  • Bunga bangkai jenis Rafflesia Arnoldi yang bisa tumbuh dengan ukuran mencapai 1 meter hanya tumbuh di Pulau Sumatra. Bunga ini adalah bungan dengan ukuran terbesar di Dunia.
  • Primata terkecil di Dunia juga ditemukan di Indonesia. Primata dengan nama latin Tersier Pygmy atau tarsius Pumilus hanya berukuran 10 cm. Tarsius ini dikenal dengan sebagai tarsius Gunung banyak terdapat di hutan-hutan pulau Sulawesi.
  • Hutan-hutan basah di Sulawesi menjadi habitat yang paling baik bagi ular Phyton, bahkan ular dengan panjang 10 M jenis Pythin Reticulates ditemukan di Sulawesi dan tercatat sebagai Python terpanjang di dunia.
  • Ikan dengan ukuran terkecil di Dunia ditemukan di Rawa-rwa berlumpur di Pulau Sumatra. Panjang ikan hanya berkisar 7,9 mm yang lebih kecil dari nyamuk. Tubuh ikan transparan dan tidka memiliki tulang kepala.
  • Majalah Sense di eropa menyatakan bahwa Bali adalah tempat untuk menikmati SPA paling nyaman di Dunia dna terpilih sebagai The Best Spa Destination in The Wolrd pada tahun 2009.
Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia bagi kaum hawa cantik

Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia
  • Pada tahun 2006 sampai hari ini, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kelapa sawit terbesar di Dunia dengan jumlah total porduksi 16 Juta Ton setiap tahun. Total produksi ini menempatkan Indoensia pada urutan pertama dengan memasok 90% kelapa sawit di seluruh dunia.
  • Lampung tercatat mengekspor nanas ke seluruh dunia pada peringkat ke dua terbesar di seluruh dunia.
  • Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan telah mencatatkan namanya dalam Guinness Book Of World Records sebagai pembatik tercepat di Dunia dengan kapasitas kaian 1200 meter persegi dibatik dalam waktu satu hari. Rekor ini dpegang sejak tahun 2005 dan juga menyampikan pada dunia bahwa batik adalah budaya Indonesia.
  • Hanya ada 4 masjid dengan kubah emas yang ada di dunia. 1. Masjid Jame’ Asr atau Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei, 2. Masjid Al-Askari di Samarra, Irak, 3. Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem, Palestina, 4. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia.
Loading...

0 Response to "Fakta-Fakta Unik Tentang Indonesia yang Masuk dalam Guinness Book Of Record"