Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula


Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula

Dzargon. Dunia fotografi adalah dunia yang sangat luas, terdapat banyak aturan dan banyak genre yang menghasilkan kombinasi rule fotografi yang bejibun namun hal ini bukan berarti anda harus berkecil hati. Sebut saja salah satu genre yang paling popular seperti fotografi modelling.

Bagi para fotografer pemula akan ada kalanya anda akan berhadapan dengan model professional dengan segudang pengalaman di dunia foto model. Secara tidak langsung sang model sudah tahu banyak fotografer baik dari segia kualitas dari fotografer baik pemula maupun professional. Keadaan ini biasanya membuat anda yang masih awam dalam dunia fotografer. Nah bagamaiaman jika anda dihadapkan dalam masalah ini berikut ini beberapa tips motret model yang Dzargon himpun bagi anda yang ingin belajar.

Model seksi Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula

1. Mulailah pemotretan dengan bersosialisasi
Pada saat anda memiliki janji untuk memotret model profesional akan tetapi anda baru saja mulai dengan dunia fotografer adalah luar biasa. Hal ini berarti anda salah satu orang beruntung, oleh karena jangan sia-siakan kesempatan ini. Kebanyakan model profesional memilih-milih fotografer untuk memotretnya kecuali anda sedang beruntung atau sang model adalah teman kelas SD, atau SMP yang dulunya paling jelek ternyata sekarang sudah jadi model profesional.

Tips pertama untuk masalah ini adalah datanglah jauh sebelum waktu pemotretan. Pastikan anda mempersiapkan seluruh gear yang ada dan sesuai dengan teman pemotretan. Jangan membawa lensa Tele 400-800 mm karena model anda bukan burung atau pemain bola di lapangan. Tunjukkan lensa yang anda gunakan bukan dari segi harga tapi range focal point lensa. Beritahu kepada model bahwa lensa yang anda gunakan lensa tipe wide atau tipe portrait sehingga sang model sudah memiliki gambaran harus berpose seperti apa nantinya.

Langkah kedua adalah perhatikan secara seksama wardrobe yang digunakan seperti baju, riasan dan juga aksesori. Jika sesi foto yang anda ikuti menggunakan baju yang minim mintalah model anda untuk menunjukkan tato yang ia miliki, jika tidak bersyukurlah karena Tato pada kulit model juga mempengaruhi komposisi dan nilai artistic foto jika penempatan tepatnya maka bisa menjadi pembantu foto anda, sedangkan jika tidak sangat sulit untuk menghilangkan objek tersebut di dalam foto.

Langkah Ketiga adalah luangkan waktu untuk berbincang dengan sang model untuk mencairkan suasana, Jangan ragu untuk menanyakan pose paling favorit dari sang model atau tanyakan terlebih dahulu foto yang diinginkan sang model sebelum anda menerapkan konsep yang anda inginkan.. yaah kecuali anda sudah menjadi fotografer profesional yang hanya membutuhkan dua atau tiga gambar terus pulang, tentu saja lain cerita.

Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula cantik

2. Memiliki pengaturan ambient
Jika foto dilakukan di luar ruangan perhatikan berbagai kemungkinan gangguan yang muncul dalam foto anda. Perbedaan exposure antara langit dan darat adalah masalah yang serius jika anda menginginkan langit sebagai background foto anda. Perhatikan bocor atau masuknya objek lain dalam foto yang mungkin mengganggu kemudian teman dan warna dari wardrobe yang bisa memengaruhi white balance dari foto anda.

Paha mulus dari model Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula

3. Berkomunikasi sering
Biasakan untuk mengajak model berbicara pada saat memotret. Jangan hanya diam sehingga model tidak tau apakah sudah berpose sesuai dengan konsep yang ingin diterapkan dalam foto.  Jangan memberikan komentar “Pose terserah anda” atau “yah Tahan” arahkanlah model terlebih dahulu kemudian biarkan proses selanjutnya mengalir. Jangan sungkan untuk menegur bagian tubuh seperti tangan yang kelihatan kaku atau gesture yang sedikit menganggu foto anda. Tidak adal salahnya untuk menunjukkan beberapa hasil foto yang telah anda ambil kemudian mintalah koreksi atau sekedar komentar mengenai kekurangan foto. Jika sudah lakukan perbaikilah sesuai dengan saran yang telah diberikan.

4. Bergeraklah
Dalam proses pengambilan gambar. Background tidak hanya dipengaruhi oleh posisi model tapi juga sudut tempat anda mengambil gambar. Bergeser sekitar  sentimeter tentu saja akan memberikan hasil yang berbeda pada foto anda. Belajarlah teknik sederhana seperti angel yang umum digunakan pada saat pengambilan foto dapat membantu foto anda terlihat lebih bagus.
Loading...

0 Response to "Tips Mudah Dalam Belajar Fotografi Foto Model Bagi para Pemula"