Tips dan cara memaksimalkan pose Ala model professional bagi model pemula.


Tips dan cara berpose Ala model professional bagi model pemula.

Dzargon. Bagi penikmat foto  model pemula melihat model berpose di depan kamera dengan lekuk tubuh yang sederhana memang terlihat mudah. Tidak heran mengapa setiap cewek yang mencoba menjadi model pada saat pertama kali mengambil foto terlihat kikuk dan canggung dan hasilnya tidak memuaskan padahal mereka sudah mengambil pose yang persis sama dengan model yang tampak di foto yang ingin ditiru. Satu hal yang tidak mereka ketahui ialah semua bakat dan model yang didapatkan tidak datang dengan cara instan tapi melalui usaha oleh karena itu menjadi seorang model juga butuh profesionalitas dan termasuk dalam salah satu profesi.

Bagi anda yang ingin memulai menjadi foto model atau sekedar ingin memiliki foto cantik di depan kamera berikut ini fotografi dari dzargon ingin membagikan beberapa tips mengenai cara berpose bagi foto model pemula.

Ekspresi dan Konsep Foto

Konsep foto atau biasa disebut dengan tema foto adalah kunci dari menuangkan sebuah ide ke dalam sebuah foto atau biasa di sebut dengan istilah visualisasi. Tema foto adalah cerita utama yang dituangkan sang sutradara foto ke dalam sebuah foto. Jika diklasifikasikann tema terdiri ribuan jenis namun untuk membuatnya lebih mudah saya hanya ingin membagi pada kategori sederhana. 

Tema penuh warna lembut dan di alam terbuka biasanya dikategorikan dengan konsep senang atau riang. Pada kondisi foto seperti sebaiknya menghindari mood murung atau diam meskipun beberapa fotografer pemula atau bahkan tidak mengenal fotografi mode selalu menganggap model dengan mood murung selalu lebih cantik daripada senyum. Padahal jika kita memperhatikan genre fotografi di korea dan jepang ekspresi senyum jauh lebih banyak meskipun ada beberapa genre horror yang sangat terkenal di jepang.

Kuncinya adalah perhatikan konsep dari fotografer. Tema akan mempermudah mimic muka dari sang model kecuali jika anda sedang hunting liar tanpa arah dengan teman main mungkin saja mimic muka yang muncul tidak akan pernah memuaskan anda.

konsep foto model outdor
Sumber Gambar Iwapeyek.com

Perhatikan posisi Kamera.

Sebagai seorang model, Kamera adalah teman kedua setelah fotografer. Kamera bukan hanya miliki sang fotografer tapi juga milik sang model. Meskipun hanya ada dua posis kamera secara umum yakni potrai dan landscape. Perhatikan posisi dan bentuk kamera pada saat sang fotografer mengambil gambar. Posisi portrait memiliki dua kemungkinan foto yakni portrait yang menitikberatkan foto pada mood dan mimik muka anda atau satu badan yang mengandalkan postur dan gesture tubuh anda. Mode pengambilan gambar lansdscape akan cenderung mengarahkan untuk mengambil pose memperkuat konsep atau bermain dengan komposisi dari foto maka berusahalah menjadi bagian dari komposisi tersebut.

Busana yang tepat.

Bagi anda model pemula atau ingin motret sekedar koleksi pribadi tentunya memiliki gaun atau wardrobe terbatas. Wardrobe adalah hal utama dalam menguatkan foto anda. Saran yang paling umum saya berikan adalah pilihlah gaun anda terlebih dahulu sebelum memilih tempat hunting. Kecuali anda dengan sengaja ingin menuangkan konsep ke dalam sebuah foto maka konsekuensinya adalah menyewa gaun yang sesuai dengan konsep tersebut.

Cara menyesuaikan busana dan aksesoris Busana yang tepat
 

Pose

Jiak anda memperhatikan beberapa foto model terkenal beberapa foto mereka bahkan memiliki pose yang sama namun tetap terlihat beda. Kunci bagi seorang foto model profesioanal bisa memanfaatkan mood muka yang mudah berubah namun bagi anda yang masih awam tentu hal ini sangat sulit. Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah meminimalisir mood muka dan memindahkankanya ke Gesture atau pose. Ada beberapa pose yang sangat mudah dilakukan dan akan terlihat professional namun kali ini saya tidak membahas pose secara khusus.

Tips dan cara memaksimalkan pose Ala model professional bagi model pemula dan paha mulus

Sering Berlatih

Belajar sepanjang hayat. Tidak waktu tepat untuk berhenti belajar dan berlatih begitupun dengan memulainya. Sering-seringlah berlatih dengan hunting bareng teman yang sedikit mengerti fotografi. Ingat teman yang memiliki DSLR bukan berarti seorang fotografer. Carilah teman yang bisa diajak jalan atau hunting bareng yang dengan senang tiasa memberikan masukan pada gesture anda. Mendapatkan saran dari teman biasanya lebih baik dibandingkan dengan dari seorang instruktur model karena selain butuh waktu khusus tentunya bayar.
Loading...

0 Response to "Tips dan cara memaksimalkan pose Ala model professional bagi model pemula."