Ciri-ciri Surat Panggilan Kerja Palsu dan Cara Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif


Ciri-ciri Surat Panggilan Kerja Palsu dan Cara Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif

Dzargon. Akhir-akhir ini banyak peniupan dengan modus baru yakni panggilan kerja. Informasi ini memanfaatkan kelengahan calon pencari kerja. Semua orang yang dalam proses mencari kerja sudah pasti memiliki harapan lebih besar daripada curiga jadi hal inilah yang biasa dimanfaatkan oleh penipu online, Jadi IPK tinggi tidak menjamin hidup tapi harus juga dibarengi dengan kecerdasan dan ketelitian mengelola informasi. Lantas bagaimanakah cara si penipu mendapatkan keuntungan dari Lowongan Kerja Palsu? Keuntungan yang didapatkan biasanya terbagi atas dua pola yakni:
  1. Menggunakan pihak ketiga sebagai seorang yang memiliki kemampuan untuk meloloskan orang lain pada perusahaan X.
  2. Kerja sama dengan pihak travel atau bahkan dia sendiri pemilik Travel sehingga calon pelamar yang dinyatakan lulus harus interview pada daerah tertentu yang jauh dari domisili pelamar sehingga pelamara yang terkecoh mau membeli tiket dengan harga yang lebih mahal.
Kedua modus operandi ini sudah menjadi trend dan lebih banyak calon pelamar kerja yang tertipu pada moud kedua karena cenderung lebih halus. Oleh karena setiap harus berhati-hati dalam memilih informasi yang didapatkan secara online. Untuk menghindari kesalahan ini Tim dzargon telah mengumpulkan berapa data serta tips dan cara untuk menghindari penipuan Lowongan Kerja.

Ciri-ciri Surat Panggilan Kerja Palsu dan Cara Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif seksi

Cara Membedakan Iklan Lowongan Asli dan Palsu

1. Iklan Lowongan Kerja Disebarkan Melalui SMS

Modus ini masih terbilang sudah mulai ditinggalkan karena kurang laris dan sangat mudah diketahui keasliannya. Namun paling tidak beberapa penipu masih menggunakan sistem ini. Sebuah perusahaan tidak pernah menggunakan media SMS untuk menyampaikan lowongan kerja dan biasanya pencantuman nomor HP pada surat lamaran kerja anda digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi ketika sudah dinyatakan lulus itupun metode masih sangat jarang digunakan oleh perusahaan besar karena mereka sudah memiliki situs resmi sebagai media penyampai kelulusan.

2. Iklan Disebarkan melalui Postingan dan Bukan Web Resmi.

Saat ini ada banyak situs yang digunakan oleh penipu untuk digunakan sebagai media iklan. Biasanya kebanyakan info tersebut disebarkan melalui sebuah blog dengan domain yang masih dalam bentuk Blogspot.com atau Wordpress.com. Sekali lagi ditekankan sebuah perusahaan sudah memiliki situs sendiri untuk menyiarkan pembukaan lowongan kerja, namun sebagian besar blogger juga memberikan informasi lowongan kerja namun hal yang harus ditandai, Postingan pada blog bukan penipu akan mengarahkan anda ke situs atau web resmi perusahaan, para blogger yang baik hanya memberikan informasi dan tidak meminta data pribadi sama sekali. Jika anda diminta mengirim email ke domain nonresmi, bisa web tersebut adalah web penipu.

3. Iklan Lowongan Kerja Disampaikan Email Gratisan.

Perhatikan Email berikut ini, ini adalah pengalaman pribadi dari penulis.
Jika perhatikan sekilas, Email yang dikirm seolah-olah berasal dari situs resmi Gudang Garam TBK, Namun jika dilihat lebih teliti, ternyata itu adalah nama email yang digunakan oleh si penipu, dan Email sebenarnya menggunakan domain @usa.com, Status ini suadha dipastikan penipuan karena sudah mendapat klarifikasi dari pihak Gudang Garam Tbk. Semua perusahaan besar apalagi sekelas Gudang Garam pasti memiliki email resmi dari situs yang mereka kembangkan sendiri, sehingga penggunaan domain apapun kemungkinan besar adalah Lowongan Kerja Penipu. Terlebih lagi jika domain email yang digunakan masih gratisa seperti @gmail.com atau @yahoo.com

Update tambahan alamat email Palsu dari Situs Lowongan Kerja Online
Ciri-ciri Surat Panggilan Kerja Palsu dan Cara Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif gudanggaramtbk

4. Perusahaan Pencari Kerja Meminta Sejumlah Uang.

Sebuah perusahaan memiliki sumber penghasilan bukan dari sistem rekruitment anggota baru kecuali anda perusahaan tersebut adalah MLM, oleh karena itu dengan alasan apapun informasi lowongan kerja yang meminta sejumlah uang dengan berbagai macam modus semisal uang pelaksanaan test atau modus meluluskan anda dengan menyetor nominal tertentu sudah bisa dipastikan bahwa lowongan kerja tersebut adalah palsu. Logika perusahaan membutuhkan karyawan, maka mereka membayar karyawan bukan menagih karyawan sejumlah uang tertentu.

5. Menggunakan Alamat Fiktif.

Sebuah perusahaan besar biasanya sudah memiliki kantor tersendiri atau paling tidak menyewa sebuah lantai pada sebuah tower atau gedung benefit bukan dengan alamat rumah, ruko atau sebuah alamat yang tidak jelas. Saat sudah ada Google map, sehingga alamat seperti apapun pasti didapatkan.

6. Menghubungi anda melalui nomor telefon pribadi.

Untuk yang stau ini memang masih samar-samar karena beberapa perusahaan memang menggunakan telefon pribadi terutama Head Hunter atau biro jasa yang sengaja mencari informasi tentang kehalian sehingga menawarkan sejumlah gaji yang lebih dari tempat anda bekerja namun ingat mereka hanya mengincar profesional bukan pelamar pekerja pemula. Isi telefon bisa ditebak dengan jelas yakni mendesak dan menelfon sesering mungkin lebih dari satu kali dalam sehari. Hal tentunya sangat di luar nalar karena seorang HRD pasti sangat sibuk dan ada banyak pelamar yang harus di periksa. Jadi tidak ada alasan untuk menelfon anda berkali-kali kecuali HRD tersebut adalah bapak anda.

Hal yang kedua yang bisa ditebak adalah cara bicara dan logat dari penipu, sangat jelas kalau penipu selalu mengatakan dirinya sibuk namun memiliki logat seperti seorang yang tidak sekolah, penggunaan kata-kata yang tidak berkualitas dan nada bicara yang tidak stabil. Seorang manager asli,  pasti memiliki kempaan untuk berkomunikasi dengan baik sehingga tidak akan ada nada penekanan yang didengarkan ketika melakukan penawaran. 

7. Tempat Pengadaan Tes Yang Jauh

Kebanyakan para penipu mendapatkan data diri anda melalui sebuah surat yang telah dilayangkan kepada mereka baik melalui email, internet formulir maupun surat konvensional. Informasi digunakan sebagai data untuk menipu sehingga anda akan mendapatkan sebuah surat panggilan tes interview atau tanda tangan kontrak namun lokasi pasti jauh dari domisili anda, oleh karena anda diminta untuk melakukan pemesanan tiket, dan hotel pada sebuah perusahaan tertentu dengan harga jauh di atas rata-rata. Pengalaman penulis mendapatkan panggilan kerja, (1) Perusahaan memberi penawaran tempat interview jika mereka memiliki cabang pada kota tersebut dan dipilih kota yang terdekat dan yang (2) kedua semua biaya yang dikeluarkan pada saat mengikuti interview ditanggung oleh perusahaan bahkan penulis mendapatkan uang makan selama berada di kota tersebut.

8. Surat Lamaran Dibalas Pada Waktu yang tidak Wajar

Surat panggilan kerja biasanya tidak pernah dibalas oleh perusahaan karena pengumuman peserat yang lulus biasnya diberi kode angka dan angka tersebut bisa di cek pada situs resmi perusahaan bukan situs penyebar info lowongan kerja. Jika anda mendapatkan surat elektronik (Email) dari perusahaan dengan domain aneh, dan biasanya dibalas sangat lama bahkan si pemalar sudah lupa maka kemungkinan itu adalah palanggilan kerja palsu.

9. Tempat Wawancara Di Lakukan di Ruko.

Sebuah perusahaan resmi yang mengadakan wawancara biasanya mendatangi pelamar jika ternyata ada banyak pelamara tau memberikan informasi meeting point yang telah ditentukan. Pengalaman penulis mendapatkan tes interview dilakukan di Kalimantan karena Penulis berdomisili di Makassar, karena tempat wawancara hanya dilakukan di Jakarta dan Kalimantan sehingga penulis memilih di Kalimantan. Penulis difasilitasi Tiket pulang pergi, makan dan Kamar hotel secara gratis dan tes wawancara dilakukan pada Hall hotel meskipun yang datang cuman 15 orang. Lowongan kerja palsu biasanya melakukan dilakukan di Ruko atau rumah pribadi yang disewa secara bulanan.

Hati-Hati Lowongan Kerja dari Perusahaan Palsu

Berikut ini beberapa daftar nama PT dan Perusahaan Penipu yang sudah Dilaporkan ke pihak Cyber Crime.

Selain perusahaan yang telah disebutkan sebelumnya, PT. INTI TAMA, PT.TAMA JAYA, PT. PERSADA INTRACOM nama perusahaan ini sangat laris digunakan oleh para penipu cek dulu kebaranan sekarang sumber informasi sudah sangat banyak tersedia. Berikut ini nama-nama perusahan yang dimaksud.

  1. PT. INTI TAMA JL AHMAD YANI RUKO SENTRA NIAGA KALIMALANG BLOK B1 NO. 19 LANTAI 3 BEKASI BARAT BERSEBELAHAN DENGAN BCP.
  2. PT. INTI TAMA KARSA JL.KALIBATA RAYA NO. 4 RT. 09 RW. 05 CAWANG JAKARTA TIMUR INDONESIA
  3. PT. TAMA JAYA JL DEWI SARTIKA NO. 17. (LT 2) CILILITAN – CAWANGJAKTIM DEPAN KAMPUS STBA PERTIWI
  4. PT. PERSADA INTRACOM JL. Dr. SUSILO RAYA NO. 112 Lt.3 GROGOL - JAKARTA BARAT DI BELAKANGTERMINAL GROGOL, TEPAT DISAMPING KANAN HOTEL FEODORA LT.3
  5. PT INKA ASIA PERDANA NO. HP : 0878 9934 8088 EMAIL : hrd.manager@asia.com
  6. PT ASIA PRIMA MANDIRI  NO HP : 0896 2395 9366 EMAIL : d_hrd@ymail.com
  7. PT.AKITA PERDANA Jl.Mayjen Sutoyo LT.3 NO16 Email : akitaperdana@yahoo.com, hrd.manager@asia.com
  8. PT.SURYA ASIA TAMA NO. HP : 081319359154 E-mail; hrd.verina@asia.com
  9. PT INTI MARKA PERSADA  NO. HP : 089675878789 E-mail;  hrdpersonali@yahoo.com KAYABA NO.HP : 089675878789
*Tidak perlu menyebutkan nama pelapor, cukup nama perusahaan yang diduga telah melakukan penipuan , situs, alamat, dan no. hpnya. Berikut ini ada curhatan yang didapatkan penulis dari salah seorang korban yang sudah tertipu dan sudah bernagkat dengan Jasa Travel yang ditentukan pidah perusahaan.
  1. Respon lamaran dapat diakses melalui pesan singkat dengan noor HP biasa bukan nomor Costumer Servise yang biasanya bebas pulsa.
  2. Desakan dilakukan secara berulang-ulang untuk mengikuti Interview
  3. Kantor yang digunakan adalah Ruko
  4. Ada banyak Cabang
  5. Ruko yang digunakan tidak terawar
  6. Ada banyak Lantai yang digunakan dan lebih dari satu.
  7. Sewa ruko dibayarkan perbulan sehingga ketika ingin dikejar sudah pindah
  8. Terdapat seorang receptionis di dekat pintu masuk ruangan wawancara
  9. Tata letak kantor tidak rapi dan mencurigakan
  10. Karyawan relatif mudah terlihat tidak sibuk atau tidak profesional
Nah demikian postingan mengenai lowongan kerja palsu semoga dapat membantu para pencari kerja terhindar dari penipuan. Jika agan rasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui facebook atau G+ agar orang lain tahu. Terima Kasih.

8 Responses to "Ciri-ciri Surat Panggilan Kerja Palsu dan Cara Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif"

Jessica Ardesia said...

PT. GEMALA ANUGERAH INDONESIA

Yth,
Calon Karyawan

Thank you for your registration By Indeed.
Data anda telah Lolos Seleksi Kualifikasi STAFF ADM & GUDANG.

Selanjutnya kami mengundang anda mengikuti Interview Pra-Bekerja pada,

Hari/tgl: Selasa, 18 April 2017
Pukul: 08.00-13.00 WIB

Tempat:
Jln. HOS Cokro Aminoto, Ciledug Raya, Jimbaran Food-Ubud Village blok JFV No.15 .
Sudimara Timur-Ciledug
Tangerang

Patokan:
Dr arah Kebayoran lama: UBUD VILLAGE berada disamping SPBU Mencong dan sebelum Pertigaan Mencong.

Syarat :
- CV dan Lamaran
- Alat Tulis

Bertemu : Ibu Lia Lestari

Regards,
HR Management

Kl bgtu gimana gan?

Ahmad Dahlan MPd said...

Mbak Jessica coba cek Email yang digunakan, jika tidak sesuai dengan email perusahaan jangan di tanggapi, Jika interview kerja di lakukan jauh dari domisili anda yang sekrang atau dengan kata lain anda harus membeli tiket pesawat pada orang atau perusahaan yang sudah ditentukan, diharpkan berhatihati. Biasanya perusahaan besar menanggung biaya yang diperlukan untuk perjalanan tes wawwancara yang terpaksa dilakukan jauh dari alaman pekerja, yah kecuali wawancara memang harus dilakukan di kanotr perusahaan tersebut.

zhabry thojenk said...

Mba jessica sya juga dapat pesan persis seperti itu.. Cuman ragu untuk melanjutin..

Ayu Rahayu said...

Di coba aja dlu yuuu. .
Siapa tau gak ujung2 nya pake duit.
Aku jg jd penasaran.. Sama sms ny kaya gitu

agus rizki said...

kalo kaya gini gimana gan

~"Konfirmasi Panggilan Interview /Wawancara Kerja Dari Kantor Pusat PT.GRAHA PERKASA Tbk

Saya IBU DESIE COMALASARI S.Psi Selaku HRD Manager Telah Menerima Data Diri Sdr/i Kirim Lewat SMS /Email & Untuk Proses Selanjutnya Diharapkan Kedatangan Anda di Kantor Pusat Untuk Mengikuti Interview /Wawancara Kerja Pada.

Hari /Tgl.: KAMIS, 27 Juli 2017
Hadir di Kantor Antara Pukul 07:45 s/d 14:30 WIB

ALAMAT Kantor.
JL. PINANG No.47 RAWAMANGUN
JAKARTA TIMUR

Rute /Patokan Kurang Lebih 50 Meter Dari Pintu Keluar TERMINAL BUS RAWAMANGUN. Posisi Kantor di Samping PASAR RAWAMANGUN /ALFAMART. Persis di Samping BANK BUKOPIN No.47

NB:
* Bawa Berkas Lamaran & Berpakaian yang Rapi Sampaikan Kepada Security /Resepsionis Mau Bertemu Dengan IBU DESIE. di Lantai 2.

* Dibutuhkan SecepatNya Tanpa Tes Langsung Kerja Untuk Penempatan di Kantor Pusat, Pabrik & Kantor Cabang Sesuai Domisili.

"Jika ada berkas lamaran /ijazah yang belum lengkap bisa menyusul. Cukup anda membawa berkas yang ada"

( Siap HADIR / TidakNya Tolong Konfirmasi Kembali )

Terima Kasih

Wisata Holik said...

Kok kayak maksa banget, bahkan tidak ada berkas saja tidak apa-apa asal datang ke sana.
kalau di suruh beli tiket dari pihak sananya sebaiknya hati-hati gan....

Dwi Saputri said...

Aku juga semalam dikirimin pesan panggilan tes interview di tempat yg sama sperti agus rizki "ri jl pinang no 47 rawamangun. Tp nama pt nya pt cipta karsa tbk... dengan nama HRD ibu nurul tamara... awalnya si pengen aku dtengin tp aku mikir ulang "masa pt tbk ngundang interview via sms dan dikirimnya jam 8 malam lagi.. udh gtu gak aku respond eh pagi ini dia kirim lgi katanya buat ngingatin aja"... pas aku cek di google ternyata gda nama pt cipta karsa tbk.. adanya pt cipta karsa indonesia.. dan aku liat pt cipta karsa tbk itu pt besar dan adanya di cipete jaksel.. yaudh aku yakin deh kalo itu penipuan πŸ˜… susahnya cari kerja zaman skrng ganπŸ˜‚ ampun deh

fattah ilham said...

PANGGILAN INTERVIEW /WAWANCARA KERJA DARI KANTOR PUSAT PT.Cipta karya

Kepada Yth.
Sdr/i.
Di Tempat

Saya IBU MELVA S.Psi Selaku HRD Manager Telah Menerima Data Diri Sdr/i Kirim Lewat SMS /WhatsApp & Untuk Proses Selanjutnya Diharapkan Kehadiran Anda di Kantor Pusat Mengikuti Interview / Wawancara Kerja yang Akan Diselenggarakan Pada.

Hari /Tgl.: SENIN 27 November 2017
Hadir di Kantor Antara Pukul 07.00 s/d 12.00 WIB.

ALAMAT Kantor :
JL. PINANG No.47, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur
(Dekat Terminal Bus Rawamangun)

Posisi Kantor Lebih Kurang 50 Meter Dari Pintu Keluar TERMINAL BUS RAWAMANGUN /PASAR RAWAMANGUN. Persis di Samping ALFAMART /BANK BUKOPIN No.47

NOTE :
* Bawa Berkas Lamaran & Berpakaian yang Rapi Sampaikan Kepada Security /Resepsionis Mau Bertemu Dengan IBU MELVA

(Jika ada berkas lamaran anda yang belum lengkap bisa menyusul, cukup membawa berkas yang ada)

* Dibutuhkan SecepatNya & Langsung Kerja Untuk Penempatan di Kantor Pusat, Pabrik & Kantor Cabang Sesuai Domisili. (Non Yayasan / Outsourcing)

(Untuk posisi pekerjaan sesuai yang dicantumkan pada iklan & Gaji + Fasilitas bisa negosiasi disaat Interview)

"Bersedia HADIR /TidakNya Tolong Konfirmasi Kembali.

Terima Kasih

IBU MELVA HRD

wah ternyata modus semua masak alamat kantornya sama dgn PT berbeda. ckckck