Tips dan Cara Mencari Pekerjaan


Tips dan Cara Mencari Pekerjaan

Tips Cara. Pekerjaan adalah hal yang paling dicari seluruh belahan dunia, semua orang ingin bekerja, tua muda, orang berpendidikan ataupun tidak. Pekerjaan sangat sulit dengan persaingan yang semakin besar. Bahkan saat ini seorang dengan gelar sarjana pun sangat susah mencari pekerjaan atau bahkan bagi mereka yang sudah bekerja merasa tidak cocok dengan pekerjaannya sehingga ingin mencari kerja baru. 

Di era yang digital yang berkembang ini, Informasi berkembang dan berpindah dengan cepat. Salah satunya informasi pekerjaan, hal ini bisa jadi memunculkan keuntungan dan kerugian secara bersamaan. Keuntungan dari informasi yang tersebar dengan cepat adalah tersedianya informasi yang kita butuhkan termasuk lowongan pekerjaan namun kabar buruknya adalah informasi yang tersebar luas akan menambah sulit dunia persaingan. Untuk menghadapi masalah tersebut saya ingin berbagi tips untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Sumber Informasi
Kebanyakan sumber informasi selalu datang dari hal yang tak diduga, orang-orang di sekitar anda adalah orang memiliki kemungkinan paling besar untuk memberikan informasi kepada anda. Ketika anda berada di sekolah, papan informasi adalah hal yang paling dijadikan sebagai saran sumber informasi. Kuliah sebenarnya memberikan pengetahuan bagaimana cara mengumpulkan informasi yang sebanyak-banyaknya.

Di Dunia kampus, Papan informasi memberikan banyak hal terutama lowongan pekerjaan. Kebanyakan perusahaan menyukai orang-orang yang baru lulus atau biasa dikenal dengan istilah Freshgraduated. Hal ini alasan utama mengapa papan informasi selalu penuh dengan informasi lowongan pekerjaan. Hasil studi menunjukkan mempekerjakan orang-orang freshgraduated jauh lebih produktif dan juga mudah di latih dibanding mereka yang telah selesai masa studi dalam kurung waktu lebih dari 4 atau 5 tahun tanpa melakukan apa-apa.

Perhatikan pula kampus tempat anda kuliah, biasanya relasi dan ikatan almamater merupakan keuntungan tersendiri. Kebanyakan orang akan menarik pekerja atau pegawai yang memiliki watak yang sudah dikenal. Kuliah pada kampus yang sama akan memberikan keterampilan yang hampir sama termasuk watak yang ditempa dengan dosen dan sistem yang sama paling tidak 3 sampai 4 tahun. Manfaat jalur ikatan alumni untuk mencari informasi namun sayang untuk universitas keguruan hal ini masih belum bisa dimaksimalkan tapi sudah menunjukkan ke arah sana.

2. Perbanyak Relasi
Ada banyak pepatah yang menjelaskan bahwa relasi akan memberikan informasi, semakin banyak relasi berarti semakin banyak informasi semakin banyak rejeki oleh karena tidak salah ketika kita mengatakan menjalin silaturrahmi menambah rezeki. 

Relasi memberikan informasi yang lebih spesifik dibandingkan dengan papan informasi. Keuntungan mendapatkan informasi dari relasi adalah informasi yang didapatkan mengenai lowongan pekerjaan atau paling tidak peluang untuk kerja jauh detail. Informasi yang didapatkan bisa berupa temapat kerja, tanggal penerimaan dan biasanya relasi akan memberikan kriteria khusus uang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan tanpa menyebutkan hal tersebut dalam selembar kertas yang sangat terbatas.

Keuntungan relasi yang lain bisa memberikan rekomendasi kepada orang lain mengenai keahlian kita. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membatasi relasi hanya pada bidang anda seperti jiak anda seorang teknisi jangan berteman hanya dengan teknisi saja, tapi perluaslah jaringan anda bisa jadi dia bukan seseroang yang mendengar tentang penerimaan calon teknisi. Intinya perluas relasi akan memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan saat ini banyak jasa pada jaringan internet yang memberikan informasi lowongan pekerjaan.

5 langkah pantang menyerah dalam mencari pekerjaan

Pada keadaan tertentu anda akan menemukan kesulitan dalam menemukan pekerjaan baru. Resume dan juga CV juga tidak begitu buruk namun masih sulit mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan. Namun jika anda pemburu lowongan kerja hal yang harus diperhatikan adalah jangan menyerah, karena hanya yang menyerah yang tidak akan pernah berhasil.

Hargai Diri Sendiri
Kebanyakan para pencari kerja tidak menghargai dirinya sendiri sehingga membuat orang sulit untuk menentukan harganya. Semua pekerjaan harus disertai perasaan optimis sehingga menghargai diri sendiri adalah suatu keharusan. Hargai setiap kemampuan anda dan tuangkan dalam resume atau dalam lamaran kerja. Cari tahu kelebihan anda dan yakinkan kepada calon perusahaan anda bahwa anda punya kemampuan yang top markotop pada bidang tersebut. Pekerja yang optimis lebih mudah mendapatkan dan menyelesaikan pekerjaan.

Hargai diri sendiri juga tidak boleh berlebih. Tuliskan hal-hal yang benar-benar anda kuasai bukan hal-hal yang mungkin anda kuasai apalagi hal-hal yang mustahil anda kuasai. Ingat, diterima dalam sebuah perusahaan bukanlah titik finish anda, melainkan permulaan baru dalam meniti karir. Jika anda menuliskan hal-hal yang tidak sebenarnya kemungkinan untuk kehilangan pekerjaan jauh lebih besar.

LinkedIn
Anda pernah dengar facebook? Twitter? Blogger? Sudah pasti karena kemungkinan besar anda membaca artikel dari link tertanam di Google, Facebook ataupun Twitter. Sangat jarang orang mendengar LinkedId, LinkId adalah sebuah media social khusus para job seeker. Banyak pekerja profesional yang menggunakan LinkedId, sehingga kemungkinan untuk menjalin banyak relasi (Ingat Point pertama, Relasi) lebih banyak. Sertakan foto resmi, keahlian dan profil yang jelas.

Networking
Hampir sama dengan Relasi, Networking bisa anda dapatkan melalui ikatan alumni, komunitas, hobi yang sama dan lain-lain. Jaringan ini dengan sendiri akan memperkenalkan anda keseluruh anggota. Jaringan yang anda bangun sebaiknya tidak hanya terfokus dari jenis yang sama, ingat sebuah perusahaan besar tidak dibangun oleh satu jenis pekerja saja. Jangan pilih teman, asalah jangan yang berkaitan dengan dunia kriminal. Informasi bisa muncul dari mana saja.

Keahlian
Banyak orang Indonesia yang salah kaprah bahwa Ijazah adalah segalanya, Padahal Ijazah bahkan tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Kebanyakan perusahaan menggunakan ijazah hanya sebagai prasyarat penerimaan namun percaya atau tidak Keahlian adalah hal utama yang dibutuhkan oleh perusahaan. Percaya atau tidak penulis punya pengalaman diterima di salah satu perusahaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, namun penulis berhasil membuktikan bahwa skill yang mereka cari ada pada penulis. Saat itu penulis masih berusia 22 tahun dan ditawarkan kontrak 5.000 $ untuk sebulan atau 60.000 $ dalam setahun oleh perusahaan energi di Amerika. Skill bisa diperoleh dari mana saja ketika anda berhasil memaksimalkan Jaringan yang anda punya.

Mental Juara
Pelihara dan latihlah mental juara yang anda punya.. Keahlian yang banyak dengan Networking yang luas namun tanpa disertai mental yang baik sama saja dengan 0. Mental ini dibutuhkan pada saat menghadapi tekanan seperti ditolak kerja, wawancara pekerjaan dan pada saat kerja. Hal yang paling penting adalah siapkan diri sebelum wawancara karena ini adalah celah yang paling lebar untuk menunjukkan kemampuan anda.
 
foto busana pada saat wawancara Tips dan Cara Mencari Pekerjaan

Tips dalam menunggu panggilan kerja dan juga Lowongan pencari Kerja

Kualitas manusia tidak ditentukan oleh tingkatan pendidikan tapi oleh manner dan attitude. Pengangguran biasanya berasal dari mental oleh karena siapkan seluruh kebutuhan mencari kerja setiap saat jangan disiapkan pada saat mendapatkan info lowongan pekerjaan karena bisa jadi hal tersebut sudah terlambat atau tidak cukup waktu untuk mempersiapkan. Nah berikut ini hal yang harus dipersiapkan
  1. Siapkan SKCK setiap saat,- umur SCKS paling tidak 6 bulan setelah diterbitkan, waktu tersebut adalah rentang yang cukup lama untuk mencari pekerjaan. Siapkan selalu SKCK di rumah anda sehingga anda bisa menggunakan setiap saat.
  2. Siapkan CV dan resume teraktual setiap saat. Simpan filenya dalam CPU atau Laptop anda sehingga bisa di Print Out kapan saja. Simpan file dalam bentuk PDF dan juga word sehingga ketika persyaratan dapat dikirimkan via email CV langsung dapat dikirim.
  3. Selalu aktif dalam sosial media dan situs pencari kerja, informasi berjalan dengan sangat cepat, siap cepat dia dapat memang berlaku di dunia mana saja.
  4. Siapkan email anda dengan baik. Buatlah nama email yang sopan dan tidak terlihat Kacau seperti, Wulandrikamuselalu@gmail. Buatlah sesuai dengan nama resi anda atau penambahan angka jangan lebih dari 2 jika domain yang anda harapkan tidak disiapkan atau telah digunakan oleh orang lain.
Demikianlah tips ini dibuat. Tidak semua Tips mungkin menjamin anda mendapatkan pekerjaan namun hal yang paling pasti sukses itu bukan di atas kertas tapi manner, ingat bukan anda yang butuh dunia pekerjaan tapi dunia pekerjaan yang membutuhkan anda sehingga persiapkan diri anda, hargai dengan tepat dan jangan lupa berdo’a.
Loading...

0 Response to "Tips dan Cara Mencari Pekerjaan"