Header Ads

Petunjuk dan Metode Memelihara Kelinci disertai Tips dan Saran Bagi Para Pemula

Petunjuk dan Metode Memelihara Kelinci disertai Tips dan Saran Bagi Para Pemula

Dzargon. Kelinci adalah hewan yang telah lama dijinakkan oleh manusia. Proses adaptasi ini menghasilkan banyak keturunan kelinci yang bisa bersahabat dan hidup bersama dengan manusia. Saat ini banyak orang memelihara kelinci sebagai hiburan, sumber penghasilan atau bahkan sebagai sumber protein hewani. Dalam upaya memelihara kelinci, peternak atau sekedar hobi memelihara kelinci tetap harus memperhatikan berbagai aspek seperti masalah kandang, makanan dan pakan kelinci dan juga metode pemeliharaan kelinci. Salah satu cara yang paling ampuh menghubungi komunitas pecinta kelinci yang ada di sekitar anda untuk memberikan sumber informasi lengkap mengenai tempat mendapatkan kelinci dan juga pakan lokal yang ada.


Sebagai pemerhati kelinci pemula atau sekedar mencoba merawat kelinci, hal yang perlu diperhatikan adalah bibit kelinci atau calon kelinci peliharaan. Memperbanyak sumber informasi mengenai jenis kelinci yang dapat dipelihara sebelum membeli akan memberikan gambaran kepada perawat kelinci mengenai proses perawatan kelinci. Carilah sumber informasi yang memberikan gambaran mengenai perbandingan jenis-jenis kelinci dan juga tujuan pemeliharaan kelinci apakah anda hendak memelihara kelinci pedaging atau merawat kelinci hias sebagai teman bermain di rumah.

Jika anda memelihara kelinci untuk pedaging, bulu, keperluan laboratorium, atau sebagai calon indukan, sangat disarankan untuk mencari tipe yang sesuai dengan tujuan penggunaan dan perawatan kelinci. Sangat tidak disarankan merawat kelinci tipe mahal atau terlalu besar seperti Giant Flemish kecuali anda memang sudah memiliki pengalaman dalam memelihara kelinci.

Pertimbangan Kelinci Komersil
Peternakan kelinci komersial sengaja dirancang untuk mencari keuntungan dari memelihara kelinci baik itu untuk pedaging, wool kelinci atau penjualan bibit kelinci. Hal yang perlu dipertimbangkan bibit dengan pertambahan berat dengan cepat, bulu tebal dengan bentuk yang indah, tipe dan jenis harga dari bulu kelinci, atau kelinci dengan daya biak tinggi. 

Kelinci dengan ukuran berat badan sedang dan bulu berwarna putih adalah jenis kelinci yang paling banyak dinikmati oleh para peternak. Jenis ini biasanya adalah jenis kelinci Newzealand dan California. Kedua jenis kelinci tumbuh dalam waktu yang cepat dan juga memiliki bulu yang indah.

Harga bulu kelinci di pasaran bergantung warna bulu, bulu dengan warna putih terjual lebih mahal dibadingkan dengan bulu kelinci berwarna. Hal ini karena bulu kelinci berwarna putih lebih mudah untuk diwarnai sedangkan bulu kelinci berwarna harus disesuaikan dengan warna sang bulu dan tidak akan bisa diwarnai dengan warna yang lebih terang dari warna asli bulu. Akan tetapi harga dari bulu kelinci sangat fluktuatif dan terkadang sangat susah dijumpai toko yang ingin membeli bulu kelinci, untuk peternak di Indonesia, Kelinci lebih dipriotaskan sebagai pedaging dibandingkan dengan penghasil bulu.

Petunjuk dan Metode Memelihara Kelinci disertai Tips dan Saran Bagi Para Pemula termudah

Kelinci bisa menjadi peliharaan yang bersifat edukatif dan menyenangkan bagi anak anda jika dilakukan dengan baik. Oleh karena buatlah perencanaan yang matang pada saat ingin memelihara kelinci di rumah, meskipun pemeliharaan tidak bertujuan komersil. Pilihlah dengan bijak jenis kelinci yang bisa dipelihara di rumah.

Panduan Membeli Kelinci
Pada saat membeli kelinci, dibutuhkan perhatian dan pertimbangan yang matang. Membeli kelinci di pasar hewan memiliki lebih banyak resiko dibandingkan membeli kelinci langsung dari peternak, oleh karena mencari informasi yang lebih lanjut dari komunitas pecinta kelinci setempat. Meskipun anda membeli kelinci dengan harga yang sangat mahal, hal tersebut bukan jaminan akan kualitas kelinci jika anda tidak memiliki informasi mengenai kelinci yang anda beli.

Pertimbangan tujuan utama pembelian termasuk dengan kemungkinana biaya perawatan dan pemelihraan kelinci. Jenis kelicni dengan tipe bulu kapas, seperti angora kelinci Fuzz akan memerlukan perawtaan bulu berlebihan. Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan kepeternakan local atau pada website ini karena kami akan mengupayakan hal terbaik untuk menjawab masalah kelinci anda.

Kesehatan Kelinci
Cara yang paling mudah dan paling baik dalam mencegah kelinci anda terhindar dari penyakit adalah menjauhkan kelicni anda dari kelinci yang terserang penyakit, parasist, terserang virus, bakteri, saluran pernafasan dan masalah kesehatan mata. Jagalah kelinci dari keadaan kotoro dan juga suplay makanan yang mencukupi. Jika kelinci diserang penyakit segara pisahkan dengan kelinci lain dan segera lakukan perawatan yang dibutuhkan.  Perlakukan kelinci anda dengan baik dan jangan lupa menjaga kebersihan anda sendiri ketika bersentuhan dengan kelinci termasuk mencuci tangan.

Kandang dan Kesehatan Kandang Kelinci
Kandang yang baik adalah faktor penting dalam pemeliharaan kelinci. Kelinci tidak akan bisa memberitahukan apa yang mereka butuhkan di dalam kandangnya oleh karena sebagai seorang peternak atau pemeliharaan kelinci, anda harus peka dan tahu kebutuhan kelinci. Di alam bebas kelinci mencari sendiri kebutuhan hidupnya sendiri, namun di kandang yang terbatas pemilik kelinci harus menyediakan seluruh kebutuhan kelinci termasuk bagian dari kotoran kelinci yang sangat mengganggu.

Solusi yang paling mudah adalah meniru, Kunjungi para pecinta hobi atau peternak kelinci tentunya harus disesuaikan dengan tujuan anda memelihara kelinci. Cari tau informasi langsung dari orang biasanya lebih dari membaca artikel, namun membaca artikel mengenai kelinci akan memberikan gambaran kasar mengenai rencana membuat kandang kelinci.
Sebuah kandang kelinci yang baik harus dilengkapi dengan fasilitas:
  • Air minum, yakni air minum segar yang tidak berasal dari air sungai. Air sungai dapat menyebabkan penyakit seperti bakteri dan juga diare.
  • Perhatikan juga kondisi air pada kandang anda. Jauhkan kandang kelinci dari air hujan dan embun.
  • Kandang kelinci juga harus melindungi kelinci dari angin kencang.
  • Kandang juga tidak memiliki lubang yang besar yang memungkinkan penyerang masuk atau sekedar mengganggu kelinci. Misalnya mulut tikus yang dapat melukai kaki kelinci.
  • Kandang memiliki system ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara dapat bergerak dengan lancar.
Ukuran kandang kelinci juga penting bagi kelinci, salah dampak dari kandang yang kecil adalah serangan parasit Scabies. Sejatinya, kelinci adalah binatang yang aktif di alam liar. Bentuk kandang harus menfasilitasi gerak kelinci seperti meloncat dan juga berdiri. Jika kondisi tidak dipenuhi, kaki kelinci akan terserang lembab dan akhirnya luka. Syarat dari ukuran kelinci paling tidka memiliki ukuran
  • 75 cm x 75 cm untuk kelinci ukuran kecil
  • 75 cm x 90 cm untuk kelinci ukuran sedang
  • 75 cam x 120 cm untuk kelinci ukuran besar
Sangat disarankan untuk membuat sistem air minum automatis jika anda memelihara lebih dari 3 ekor kelinci. Hal yang lain yang harus diperhatikan system pemberian pakan otomatis dan pakan cadangan jika suatu ketika anda berhalangan keluar mencari makan karena hujan atau badai.

Memberi Makan Kelinci
Pemberian pakan yang baik adalah sebuah keharusan. Catatan hasil survey yang dilakukan oleh komunitas kelinci mandapatkan bahwa kelebihan pemberian pakan lebih banyak diteukan dibandingkan dengan kekurangan makanan. Kesalahan kedua kelebihan pemberian pakan pellet padahal hal ini tidak begitu baik bagi kesehatan kelinci. 

Kesalahan umum lainnya adalah pemberian satu jenis pakan seperti kangkung adalah kesalahan yang paling sering ditemukan. Meskipun kelinic menyukai kangkung namun bukan kangkung adalah makanan yang sehat bagi kelinci. Kangkung mengandung banyak gas yang mengganggu system pencernaan kelinci.

No comments