Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography


Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography

Dzargon. Pernah dengar dengan istilah Street Fotografi atau biasa fotografer di Indonesia menyebutnya dengan istilah nyetret? Street fotografi adalah aliran fotografi semi jurnalis yang menggunakan ruang publik sebagai scene utama dalam sebuah foto. Street Photografphy bisa dilakukan dengan metode foto tunggal, dokumentasi, foto berseri dan juga genre model selama dilakukan pada ruang publik. Genre fotografi Street ini lebih mengutamakan pada Point of Intereset yang berada di samping aktivitas publik.


Mesra di pinggir jalan Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography
Perhatikan dengan seksama privasi objek dalam Seni Fotografi Street

Ruang public yang dimaksud dalam fotografi street tidak hanya meurujuk pada “jalanan” tapi dalam arti luas adalah semua tempat yang terbuka untuk umum seperti pasar, café, mall atau Jalan itu sendiri sedangkan POI dalam foto bisa berupa benda, orang, kejadian, atau kumpulan kejadian yang dibuat dalam satu foto. Seluruh aspek yang nyata terasa dan hanya didapatkan dalam ruang public akan menambah kuat kesan foto street yang telah dibuat. Sebut saja sebagai contoh orang berjalan, pedagang asongan, pengemis (Objek ini sudah mulai dikurangi karena dinilai tidak mendidik) atau bahkan foto model yang disetting seperti terjadi secara natural.

Beberapa pendapat fotografer mengatakan bahwa fotografi street adalah gambaran realita kehidupan yang terjdai di tengah masyarakat, hal ini yang membuat fotografi street masuk dalam kategori semi Jurnalis. Pendapat ini sangat keras menolak bahwa Street Modelling Photography bukan bagian dari Street Photography karena ada unsur menciptkan kondisi dalam mengambil gambar.

Unsur dalam fotografi Publik

Keadaaan atau kejadian yang tidak diciptakan sehingga cerita terkesan alami dan hanya ada unsur spontanitas dalam foto, kebanyakan mengandalkan unsur kebetulan. Dalam hal ini keahlian fotografer dalam membidik sangat berguna, mengingat banyaknya foto street yang gagal fokus.

Tema yang diangkat dalam fotografi street mengangkat sisi kehidupan masyarakat secara umum di ruang publik. Aktivitas ini bisa berkaitan dengan lingkungan, interaksi antar orang dan hewan, hewan, situasi dan kondisi serta cuaca.

foto pose kaki model Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography

POI yang dijadikan sebagai objek tidak berperan secara individu dalam sebuah foto melainkan bagian dari satu kesatuan terhadap lingkungan, hal ini yang paling sulit dilakukan oleh para fotografer modelling dimana POI selalu terpisah dari aktivitas disekelilingnya.
 

Tips dalam mebuat Fotogarfi Street

  • Menguasai teknik dasar pengambilan gambar seperti metering, komposisi, angel, jenis lensa dan pencarian fokus dalam waktu cepat.
  • Kuasai insting dalam melihat dan merasakan kejadian aneh, menarik atau memiliki kesan kuat dalam aktivitas di jalan. Hal ini sulit dilakukan mengingat keadaan yang terjadi di jalan sangat arang terjadi secara berulang.
  • Perhatikan interkasi social yang terjadi, sebisa mungkin fotografer itu menjadi angina yang tidak dihiraukan oleh objek foto karena aka nada unsur tambahan dari objek yang mungkin merusak citarasa dari foto yang dibuat.
  • Memotret di ruang publik berkaitan erat dengan privasi seseorang, perhatikan aktivitas yang dilakukan apakah akan menganggu privasi seseorang dan juga perhatikan keselamatan anda, Jangan sampai memotret hal yang bersifat berbahaya dan mengabaikan keselamatan. Yah syukur kalau foto yang dihasilkan sekelas dengan Arbain Rambe, kalau gagal fokus, komposisi ngawur dan angel anehkan sangat sayang.
  • Kuasai dengan benar pencahayaan ditempat anda nyetret, seperti jumlah jalan (pada malam hari) atau arah dating matahari. Memperhatikan elemen yang ada di jalanan juga sangat penting misalnya bangunan yang unik, papan iklan, bayangan, genangan air atau barang-barang yang terkesan berbeda atau menjadi ciri khas lokasi nyetret.
  • Gunakan garis diagonal, salah satu unsur yang membuat foto seperti bergerak adalah adanya unsur diagonal namun hal ini tidak berarti bahwa setiap foto yang anda buat harus memiliki diagonal.

Kesalahan dalam Fotografi Jalanan atau Street Fotografi

Beberapa kesalahan dari pandangan orang awam adalah Street fotografi adalah fotografi bergenre hitam putih di jalan. Membuat foto hitam tidak semudah mengubah foto warna menjadi foto hitam putih. Ada akan banyak unsur yang hilang ketika foto dirubah menjadi hitam dan putih oleh karena sangat penting memperhatikan detail foto yang bisa dijadikan sebagai penguat dari foto yang anda buat seperti elemen garis dan bentuk.

Perhatikan ketiga gambar di bawah ini. Ketiga gambar ini mengandung unsur yang sama yakni, wanita dan jalanan. Ketiga gambar ini adalah gambar yang dibuat tidak secara spontan melainkan mengandalkan aktualisasi ide dari sang fotografer, namun tidak seua dari foto ini adalah forografi jalanan.
 
tips hunting foto di jalan Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography

kelihatan paha dalam seni fotografi Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography

Shoirt drees model in the street Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography
Pada ketiga foto hanya satu foto yang mengandalkan unsur realitas dalam foto meskipun foto tersebut sebenarnya di atus sedemikian rupa. Foto kedua memberikan gambaran keseharian seorang wanita yang berjalan di tengah jalan pada saat hujan menghilangkan kesan model sebagai POI tetapi aktivitas dari model yang menjadi bagian dari foto sedangkan dua foto sisanya mengisolasi model sebagai POI utama dan menekankan pada unsur kecantikan dan bentuk tubuh dari sang model.
Loading...

0 Response to "Mari Belajar Fotografi Bergenre Jalanan atau Street Photography"