Header Ads

Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Pada Kelinci dan Juga Ciri-ciri Kelinci Akan Melahirkan

Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Pada Kelinci dan Juga Ciri-ciri Kelinci Akan Melahirkan 


Dzargon. Kelinci yang hidup di alam bebas merupakan hewan dengan tingkat produktifitas yang sangat tinggi, namun berbeda dengan kelinci yang ada di dalam kandang atau kelinci peliharaan. Kondisi kandang yang berbeda dengan kondisi nyata bisa saja menurunkan tingkat produktiftas dari kelinci misalnya turunnya keinginan untuk kawin atau kegagalan dalam proses persalinan karena kurangnya pengetahuan dari si pemilik kelinci pada saat merawat kelinci hias.

Pada kondisi normal kelinci dapat melahirkan hingga 5 kali dalam setahun dan setiap kali melahirkan kelinci mampu menghasilkan 3-15 ekor anak kelinci. Agar kondisi ini bisa tercapai pada saat anda memelihara kelinci, dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengetahui ciri-ciri kelinci yang sedang hamil. Berikut beberapa tanda-tanda kehamilan pada kelinci yang akan disajikan oleh tim Peliharaan Dzargon.com

Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Pada Kelinci dan Juga Ciri-ciri Kelinci Akan Melahirkan anak

Tanda-tanda awal kehamilan pada kelinci biasanya muncul pada usia 7 hari setelah proses perkawinan. Proses ini lumrah dilakukan dengan cara menyatukan kelinci jantan dan kelinci betina pada satu kadang.  Namun sayangnya ciri-ciri kelinci hamil pada masa ini masih sangat sulit untuk diketahui oleh karena proses menunggu masih harus dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengawinkan kelinci peliharaan lagi. Kondisi kehamilan akan tampak sangat nyata pada usia 14 hari. Adapun pertanda kelinci hamil adalah sebagai berikut:
  1. Kelinci yang sedang hamil tidak akan mau dikawinkan lagi, sehingga cenderung agresif terhadap kehadiran kelinci jantan. Memisahkan kelinci jantan dan kelinci betina yang sedang hamil adalah langkah awal untuk membuat sang betina nyaman
  2. Kelinci yang sedang hamil akan menunjukkan ciri-ciri kehamilan berupa mulut yang lebih merah dari biasanya.
  3. Kelinci betina yang sedang hamil secara naluri akan membuat sarang di dalam tanah sehingga jika anda memelihara kelinci pada kandang bambu atau besi yang tidak memiliki tanah, kelinci betina terlihat seolah-olah berupaya menggali tanah dengan mencakar dinding dari kandangnya. Pada kondisi sebaiknya diberikan kandang khusus yang tertutup pada kelinci agar terhindari dari rasa stress. Pemberian kandang ini paling cepat 17 hari pasca kawin.
  4. Kelinci hamil akan membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada biasanya, oleh karena kelinci hamil akan lebih sering lapar dengan porsi makan kelinci yang cenderung meningkat. Jangan biarkan kelinci dalam keadaan lapar dalam waktu yang cukup lama, periksa kandang setiap saat dengan perlahan dan siapkan makan yang lebih dari pada biasanya.
  5. Pada usia kehamilan kelinci 17 hari, akan muncul benjolan di perut dan puting susu yang mulai membesar. Perut kelinci akan semakin membuncit sampai kehamilan dan jika diperhatikan secara saksama benjolan pada perut akan perlahan bergeser menuju vagina kelinci.
Kelinci adalah hewan memiliki rahim ganda sehingga pembuahan ganda bisa saja terjadi dan sangat besar kemungkinan terjadi multiple impregnation. Oleh karena itu penyediakan asupan gizi yang lebih banyak sebaiknya diantisipasi oleh para peternak. Pada kondisi yang tidak terawat kelinci hamil lebih rentang menghadapi kehamilan atau keguguran.

Ciri-ciri kelinci akan melahirkan

Pada saat memelihara kelinci tentunya peternak tidak akan bisa mengetahui secara pasti usia kandungan dari kelinci, kecuali melakukan USG. Usia kelahiran bayi kelinci juga berbeda-beda biasanya ada pada rentang 4 sampai 5 minggu. Tugas peternak adalah menjaga dan mengenali ciri-ciri kelinci yang akan melahirkan. Nah adapun ciri-ciri kelinci yang hendak melahirkan adalah
  1. Kelinci yang hendak melahirkan akan merontokkan bulunya sebagai pelindung dan penghangat bayi kelinci di kandangnya
  2. Kelinci lebih agresif dan terus menerus menggali lubang atau paling tidak sampai dirinya tidak terlihat lagi oleh pemangsa
  3. Kelinci cenderung cepat lelah sehingga sering berdiam diri ketika merasa sudah cukup aman
Ketika tanda-tanda tersebut muncul sebaiknya kelinci tidak diganggu atau jangan sampai terlalu sering dikagetkan. Upayakan perlakuan yang sangat sensitif bagi kelinci anda sampai proses melahirkan berlanjut.

No comments