Jenis-Jenis Ikan air tawar penghuni Aquascape



Jenis-Jenis Ikan air tawar penghuni Aquascape

Dzargon. Aquascape atau yang banyak di kenal oleh orang awan di Indonesia dengan nama Aquarium adalah hobi uang bisa dijadikan sebagai penghias rumah yang cantik. Ikan-ikan dalam aquascape yang baik serta tanaman yang tertata rapi akan menjadi terlihat lebih unik, namun sayangnya pengetahuan akan aturan dalam memilih ikan dalam Aquascape masih sangat minim menyebabkan banyaknya aquascape yang terlihat hampa dan seperti penjara bagi ikan didalamnya karena hanya terdiri dari satu jenis ikan. 

ide Jenis-Jenis Ikan air tawar penghuni Aquascape

Dalam memilih jenis ikan dalam aquascape, banyak hal yang harus diperhatikan. Hal ini sangat erat kaitanya dengan keindahan kolam dan juga interkasi antar ikan di dalam aquarium anda. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jenis ikan yang hendak dipelihara dalam satu aquarium atau aquascape.
  • Hindari pemilihan ikan yang dapat merusak tanaman aquascape seperti jenis ikan koki, komet dan koi.
  • Hindari penggunaan ikan yang bersifat agresif apalagi predator, Seperti ikan Cupang, Tiger fish, ikan lemon.
  • Ikan yang suka menggali dan berdiam diri di dalam pasir seperti ikan sapu-sapu, ikan louhan dan juga red parrot.
Pemilihan jenis-jenis ikan yang digunakan untuk mengisi Aquascape harus sesuai dengan karakter tersebut, selain hal tersebut ikan juga harus dipilih berdasarkan karakter dan pola hidup seperti ikan soliter atau ikan yang hidup dalam komunitas. Perhatikan juga kecenderungan ikan seperti berenang pada dasar,atau lebih cenderung berenang pada dalam dan bersembunyi di balik tanaman agar layout dari Aquascape anda benar-benar terlihat hidup.

Manfish,- sejenis Ikan berbentuk lebar ini sangat sesuai dipelihara Bersamaa dengan tanaman air di dalam Aquarium anda. Ikan manfish memiliki corak Hitan di sekujur tubuhnya. Biasanya corak ini berjumlah 3.

Manfish ikan cantik di akuarium ikan cantik


Discuss,- Discuss merupakan salah satu kategori ikan pavorit para koletor dan hobiis ikan air tawar. Ikan ini memiliki bentuk tubuh berebntuk lempengan dan juga sering dijuluki sebagai sang raja ikan air tawar.

Congo Tetra,- Ikan ini berasal dari benua Afrika, tepatnya di Kongo. Ikan termasuk jenis ikan yang aktif karena terus menerus bergerak sehingga membuat suasana kolam anda terlihat lebih hidup. Ikan ini akan membantu ikan yang suka bersembunyi di balik tanaman untuk ikut aktif.

Congo Tetra ikan hias cantik dengan warna pelangi


Neon Tetra,- Ikan neon tetra memiliki ukuran kecil yakni sekitar 2 sampai 3 cm, ikan ini sangat indah. Ikan ini memiliki sisik dengan warna perak dan juga warna merah juga terlihat berpendar. Ikan ini sangat aktif dan senang menyantap cacing, serangga, udang dan pakan kering.

Puntius Denisoni,- Ikan Puntius Denisoni memiliki bentuk lancip seperti torpedo. Garis hitam memanjang yang ada di sekujur tubuh samapi pangkal leher dari ikan ini sangat tegas sehingga mempertegas bentuk lancip dari ikan ini. Ikan ini bias tumbuh sampai 15 cm.

Rainbow Fish,- Seperti dengan namanya, Ikan Rainbow Fish ini memiliki warna cerah menyerupai garis-gari pada pelangi. Ikan merupakan ikan asli dari benua Australia, Papua Nugini dan Juga Indonesia. Ukuran Rainbow Fish bias tumbuh samapia dengan 10 cm.

Rasbora,- Ikan RAsbora atau Ikan Harlequin adalah ikan asli penghuni rawa dan sungai di Asia Tenggra. Ikan ini memiliki semburat hologram dengan warna mearah di Sisiknya. Ikan yang bisa tumbuh sampai 5 cm memiliki sifat kalem dan lebih cenderung hidup berkelompok ketimbang hidup sendiri.

Red Eye Tetra,- Ikan Red Eye Tetra hidup secara bergerombo dalam jumlah banyak untuk melindungi diri mereka dari pemangsa. Dalam Aquarium sifat alami dari ikan ini tidak hilang sehingga sangat cocok sebagai pemanis dari aquarium. Ikan ini bisa tumbuh hingga 5 sampai dengan 6 cm.

Red Nose Tetra,- Hampir seruap dengan ikan Red Eye Tertra, Ikan ini bisa tumbuh sampai 6 cm dan hidup secara bergerombol dalam aquarium. Namun sebaiknya jangan menacampur ikan Red Nose tertra dan Red Eye Tetra dalam satu aquarium karena akan memberikan kesan monoton dalam aquarium anda.

Sumatra Barb,- Ikan Asli Sumatra ini memiliki corak loreng yang menyeruapi macan. Ikan ini berbentuk belah ketupat serta cenderung memiliki karakter galak dan sering juga menyerang ikan jenis lainnya.

Soaboa,- Secara fisik, ikan sangat identik dengan ikan red nose tetra, namun bagian hidung dari ikan yang berwarna merah juga terdapat pada ujung ekor dari ikan ini.

Guppy,- Ikan guppy adalah ikan kecil dengan corak yang sangat banyak. Ikan Guppy Jantan memiliki warna yang lebih cerah seperti merah, kuning dan titik di badan ikan ini. Ikan Jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dari ikan betina dan ikan sangat ramah dengan tanaman aquascape anda.
Ikan Ikan guppy adalah ikan kecil dengan corak di dalam akuarium

No comments