Fakta Unik Tentang Air Minum



Fakta Unik Tentang Air Minum

Dzargon. Air adalah zat yang paling “banyak” terdapat di bumi menurut penglihatan manusia, karena secara kuantitas air menempati 70 % permukaan bumi. Keberadaan air di permukaan menjadi daya hidup bagi makhluk hidup sehingga bumi terkenal sebagai satu-satunya planet yang tepat makhluk yang hidup dapat tinggal. Namun ada banyak rahasia tentang air yang ada di permukaan yang jarang diketahui oleh manusia, berikut ini fakta menarik mengenai air yang di permukaan bumi.
  1. Hanya terdapat 3 % air tawar yang di bumi sisanya adalah air asin dan air beracun yang tidak dapat di minum.
  2. 3 % air tawar yang ada di bumi hanya sekitar 0.5 % air yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan, sisanya membeku di kutub utara, kutub selatan dan juga membeku di puncak-puncak gunung seperti Himalaya bahkan gunung Jaya Wijaya di Indonesia.
  3. Manusia dan makhluk hidup lainnya hanya memanfaatkan sekitar 0.5 persen untuk minum dan mandi. Diantara 0.5% industri juga memanfaatkan air dan beberapa industri di negara berkembang dan tertinggal menggunakan air dengan cara tidak benar sehingga menambah jumlah air yang tidak dapat dimanfaatkan lagi bagi kehidupan.
Fakta Unik Tentang Air Minum
Sumber : UN

Di manakah 0.5 %  air tersebut?
Jika anda membayangkan 0.5 % adalah jumlah yang sedikit. Sebagai analogi jika anda pernah menonton pertandingan renang yang di adakan oleh lembaga olahraga Olimpiade, maka jumlah dari 0.5 % tersebut mampu mengisi sekitar 4.000.000.000.000 buah kolam dalam bahasa sederhana 4 ribu triliun kolam. 

Terdapat 10.000.000 km kubik air ini tersimpan di dalam tanah, kemudian pada tahun 1950 manusia kemudian menciptakan sebuah mesin yang dapat mengangkat air dari tanah kemudian dimanfaatkan sebagai air minum (50 %), air industri (40 %) dan sisanya sebagai irigasi. 119.000 km kubik jatuh sebagai air hujan kemudian 91.000 km kubik tersimpan di danau yang tersebar di seluruh dunia dan 5.000 km kubik  tersimpan dalam tangki-tangki yang dimiliki oleh manusia. Hanya terdapat 2.120 km kubik yang mengalir di sungai, membeku dan berbentuk es.

Catatan: Kehidupan di dunia tidak akan berjalan tanpa air, hampir seluruh sektor membutuhkan air bahkan pabrik sekalipun membutuhkan air sebagai pendingin tapi air tidak selalu ada ketika manusia butuh air. Banyak orang yang ada di Afrika yang ati kehausan kekurangan air bahkan untuk sekedar meminum air.
 
Sumber:
  • Hasil penelitian PBB mengenai Perkembangan Air Dunia pada tahun 2003.
  • Pemanfaatan air tanah, proses serta dampak signifikan  terhadap dunia di Royal Society of London, 2003.

Peta Distribusi Air yang ada di Dunia
Fungsi air yang sangat penting yang ada di dunia tidak dibarengi dengan distribusi dari air secara global. Hanya terdapat 10 negara di Dunia yang memiliki suplay air yang lebih dari 60% yang bisa langsung dimanfaatkan. Negara tersebut adalah Brazil, Russia, China, Canada, Indonesia, Amerika, India, Colombia dan Kongo. Meskipun demikian ada beberapa Negara yang memiliki kemampuan untuk mengelolah sumber air lokal agar bisa didistribusikan ke seluruh Negara.
air minum Fakta Unik Tentang Air Minum


No comments