Fakta-Fakta Unik tentang Sejarah Indonesia yang jarang diketahui diperhatikan oleh Orang Indonesia


Fakta-Fakta Unik tentang Sejarah Indonesia yang jarang diketahui diperhatikan oleh Orang Indonesia

Dzargon. Sejarah Bangsa Indonesia telah lengkap mencatatkan kemerdekaan dan masa perjuangan bangsa Indonesia. Banyak bukti sejarah yang masih hidup dan juga catatan yang merujuk jelas pada masing-masing peristiwa sejarah, namun siapa sangka ada beberapa hal-hal kecil yang unik ternyata luput dari perhatian banyak orang, nah berikut ini beberapa fakta mengenai Indonesia yang jarang diketahui oleh publik
Peta Fakta-Fakta Unik tentang Sejarah Indonesia yang jarang diketahui diperhatikan oleh Orang Indonesia

Proklamator Kemerdekaan Negara Republik Indonesia
Dunia dan sejarah telah mencatatkan nama Soekarno-Hatta adalah dua tokoh yang kala itu tak terpisahkan yang berhasil memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Namun sayangnya sampai saat ini tidak satupun nama jalan yang ada di Jakarta, Ibukota Provinsi di Indonesia yang mengadopsi nama mereka.

Nama Soekarno-Hatta bari diabadikan sebagai nama Bandara selang 40 tahun setelah Indonesia merdeka, bahkan pemerintah Negara republic Indonesia baru memutuskan secara resmi gelar Proklamator kepada mereka berdua pada tahun 1986 tepat 16 tahun setelah sang proklamator wafat.

Ibu Kota Negara Republik Indonesia
Sebagai Negara yang merdeka pada tahun 1945 atau pada penghujung perang dunia II, Indoensia adalah satu-satunya Negara di dunia yang pernah memiliki ibu kota Negara sebanyak 3 kali. Ibu Kota Negara pertama hanya bertahan satu tahun setelh merdeka karena pada tahun 1946 ibu kota Negara berpindah di Yogyakarta. Ibu kota Negara di Yogyakarta bertahan selama dua tahun kemudian berpindah ke Sumatera tepatnya di Bukittinggi sampai tahun 1949. Barulah pada tahun 1950 kembali ke Jakarta hingga saat ini.

Tim Sepak bola Indonesia
Sebagai salah satu olahraga yang sangat terkenal di Dunia, Sepak Bola juga sangat popular di Indonesia. Siapa sangka jika Indonesia pernah ikut dalam piala Dunia yang diadakan oleh federasi sepak bole Dunia atau FIFA namun sayangnya para pemain Indonesia ini tidak mewakili nama Indonesia melainkan nama Hindia Belanda pada tahun 1938. Meskipun di Indonesia bias menjadi Negara dengan fans sepakbola terbanyak di Dunia namun prestasi dari Indonesia dimata dunia bahkan sangat terpuruk, baru-baru ini bahkan Indoesia dihadiahi sanksi oleh FIFA karena dianggap bermuatan politis dalam managemen pengelolahan Sepakbola Indonesia.

Wilayah Hutan Di Indonesia
Daerah dikatulistiwa selalu dihadiahi hutan tropis yang luar biasa oleh sang pencipta, sebut saja Brazil dan Indonesia yang sangat terkenal sebagai paru-paru dunia. Sebuah catat menunjukkan bahwa luas hutan di Indonesia terhampar sebesar 138 juta Ha yang terdiri dari 11 % tumbuhan di dunia dan rumah bagi 10 % spesies mammalia dan juag 16% spesies burung. Namun sayangnya Guiness Book Record dunia mencatatkan bahwa Indonesia adalah sebuah Negara dengan laju pengurangan luas hutan terbesar di Dunia yang berkurang selaus 1,8 juta Ha dalam setahun pada tahun 2008.

Negara kepulauan terbanyak di Dunia
Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke yang tersusun dari gugusan pulau yang terdiri dari 17.508 pulau. Jumlah ini membuat Indonesia menempati urutan pertama sebagai Negara dengan jumlah pulau terbanyak. Hal-hal unik yang lain adalah:

  • Meskipun Indonesia terdiri dari banyak pulau namun 60 persen penduduk Indonesia terpusat di Pulau Jawa, padahal luas wilayah dari Pulau Jawa hanya 7% dari wilayah Indonesia.
  • Pulau Kalimantan tercatat sebagai pulau terluas kedua di Indonesia setelah Green land milik Denmark. Hal yang unik dari Kalimantan adalah pulau ini berada di bawah kekuasaan tiga Negara yang berkuasa di atas pula Kalimantan yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.
Tanggal 17 Agustus
Tahukah anda, Indonesia adalah sebuah Negara berbangsa jauh sebelum negaranya lahir. Pada tanggal 28 Oktober, para pemuda dari seluruh nusantara bersatu padu dan berjanji berbahasa satu yakni bahasa Indonesia, padahal faktanya Negara Indonesia pada saat itu belum ada dan baru lahir 17 tahun setelah ikrar tersebut dikumandankan. Pada masa itu pula, muncul seorang pencetus bahasa Indonesia yang tercatat menyebutkan bahasa Indonesia pada abad ke 18. Di dikenal sebagai Herman Neubronner van der Tuuk yang meninggal pada tanggal 17 Agustus dan seorang nasionalis yang menciptakan Lagu Kebangsaan Negara Republik Indonesia yang Berjudul Indonesia Raya, WR Soepratman juga meninggal di Tanggal 17 Agustus sebagai hari Kemerdekaan Nasional.
Loading...

0 Response to "Fakta-Fakta Unik tentang Sejarah Indonesia yang jarang diketahui diperhatikan oleh Orang Indonesia"