Header Ads

Tips Sederhana Merawat Ikan Cupang Petarung dan Hias

Tips Sederhana Merawat Ikan Cupang Petarung dan Hias

Dzargon. Ikan cupang adalah ikan dari jenis petarung sering bertarung sampai mati jika dibiarkan dalam satu wadah. Diberi nama Cupang karen teknik bertarung yang mengandalkan mulutnya, Ikan Cupang seperti mencupang lawannya dengan mulut. Namun tidak semua ikan cupang dipelihara untuk petarung, ada beberapa ikan jenis cupang yang sengaja dipelihara sebagai ikan hias karena warnaya yang sangat menarik. 

ikan bitte Tips Sederhana Merawat Ikan Cupang Petarung dan Hias

Ikan ini sejatinya adalah tipe ikan yang hidup di rawa dengan keadaan yang sulit oksigen, namun kayak akan plakton dan juga serangga air sebagai sumber protein alami ikan cupang, namun dalam memelihara ikan cupang, segi estetika adalah suatu keharusan dalam merawat ikan, selain untuk ikan, juga untuk yang memelihara ikan nah berikut ini beberapa tips sederhana dalam merawat ikan cupang versi Dzargon. 
  1. Air bersih adalah suatu keharusan, meskipun ikan cupang mampu hidup dengan kondisi air yang sangat sedikit mengandung oksigen namun air kotor tentu saja tidak enak dipandang mata oleh karena membersihkan air adalah sebuah keharusan. Bersihkan dan ganti air cupang anda minimal seminggu sekali atau pada keadaan panas 3 samapi  hari sekali sebelum lumut tumbuh di dinding kolam kaca anda.
  2. Ukuran pakan ikan, jika and amenggunakan pelet sebagai pakan utama, usahakan membeli pakan ikan yang lebih kecil dari ukuran mulut ikan, tidak seperti guppi yang mampu mencabik ukuran pakan besar, ikan cupang akan menelan bulat-bulat makananya, namun sebaiknya hindari penggunaan pakan pelet secara berlebih.
  3. Gunakan obat pada air cupang peliharaan anda, karena obat akan mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat menyerang cupang anda terutama penyakit "White Spot" Jenis obat ini dapat ditemukan di toko hewan dan hobi dengan berbagai jenis dan merek, harganya pun terbilang murah.
  4. Sinar matahari adalah suatu keharusan bagi seluruh mahluk hidup. Sinar matahari akan membantu mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D termaksud ikan Cupang. Usahakan sebisa mungkin ikan cupang mendapatkan sinar matahari yang cukup tapi jangan berlebih karena dapat menimbulkan kematian dan efek stres.
  5. Jangan biarkan ikan cupang anda bertarung karean ikan cupang akan mengalami stress berlebih setelah bertarung beberapa gigi akan tonggos dan tidak akan tumbuh lagi, cupang petarung biasanya hanya diperuntukkan dalam satu kali pertarungan selebihnya digunakan sebagai bibit jika cupang tersebut berhasil menang kontes.
  6. Jangan satukan cupang jantan dewasa kecuali mereka tumbuh bersama. Ikan cupang memiliki karakter agresif sehingga jika dua cupang jantan dewasa disatukan bisa terjadi pertarungan hidup mati antara kedua cupang tersebut.
Demikianlah tip sederhana dari dzargon semoga dapat memberikan manfaat kepada anda dan juga membantu anda dalam memelihara cupang. Silahkan baca artikel kami yang lain atau jika anda ingin berlangganan artikel ini secara gratis silahkan masukkan email anda pada kotak langganan yang ada di bawah postingan ini.

No comments