Tips dan Tata Cara Merawat Mencit atau Tikus Putih Bahan Percobaan Lab Biologi Dasar



Tips dan Tata Cara Merawat Mencit atau Tikus Putih Bahan Percobaan Lab Biologi Dasar

Ananda dWi Putri




Dzargon. Mencit adalah anggota dari famili Muridae (tikus-tikusan) yang merupakan spesies dari Mus Musculus. Mencit dikenal luas seabai hama rumah tangga karena kebiasaan menggigit dan mengerat berbagai perlatan rumah tangga dan juga sabun. Mencit secara umu hampir bisa bertahan di dalam lemari dan sudut rumah karena ukurannya yang kecil. 

Hewan mencit juga dikenal sebagai tikus percobaan yang paling baik, karena ukurannya yang kecil dan juga relatif lebih bersih dibandingkan dengan tikus lainnya. Selain dari ukuran kecil daya kembang mencit sangat tinggi sehingga saat ini mencit banyak diternakkan untuk dijual sebagai bahan praktikum dan juga makanan hewan peliharaan seperti ular.

Saat ini mencit di duga sebagai hewan mamalia dengan jumlah populasi terbanyak di dunia. Hal ini karena daya tahan dan daya adaptasi dari mencit yang sangat tinggi dan mampu bertahan hampir di segala kondisi baik panas, dingin maupun di alam liar. Bagi anda yang ingin memelihara mencit berikut ini tata cara memelihara mencit dari Dzargon.

Tips dan Tata Cara Merawat Mencit atau Tikus Putih Bahan Percobaan Lab Biologi Dasar lucu di rumah

Memelihara Mencit Putih

Mencit hampir mampu untuk bertahan hidup disegala kondisi baik iklim dingin maupun dareha dengan iklim panas dan tropis namun pada dasarnya mencit sangat menyukai daerah dengan keadaan suhu rata-rata yang hangat. Keadaan kandang dengan suhu hangat merupakan pertimbangan utama dalam memelihara mencit.

Mencit putih akan makan dengan cara perlahan mendekati makanan, Tubuh mencit didesain dengan tingkat kewaspadaaan tinggi karena posisinya pada rantai makan berada pada dasar dari rantai makanan yakni konsumen tingkat I. Sebelum makan mencit memastikan makanan yang ia makan dengan cara menciumnya meskipun hampir dapat dipatikan semua yang ia cium akan dikeratnya karena mencit salah satu hewan pengerat dan sangat berbeda dari spesies Kelinci.

MEncit makan dengan menggunakan bantuan kedua kaki depannya dan berfungsi sebagai tangan bagi mencit. Kaki didepan digunakan untuk mengais makan dan membantu makanan masuk kedalam mulut. Mencit akan memakan seuluh makanan yang ada di tangan kemudian mengambil lagi makanan dengan menggunakan tanganya. Hal ini sangat berbeda dengan kucing yang memakan makanan yang tergelatak didapanya. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang sampai mencit kenyang dan akan ada kemungkinan mencit kembali ke tampat yang sama jika tempat tersebut cukup aman dari Predator. Fakta ini bisa dijadikan dasar dalam memberi makan mencit pada satu tempat yang sama agar kebersihan kandang pada saat memelihara mencit dapat terjaga.

Tingkah laku sosial Mencit

Secara umum, sifat alami mencit merupakan mahluk sosial yang dapat bertahan hidup bersama dan hidup dalam kelompok kecil. Meskipun belum dapat membentuk koloni, namun memelihara mencit dalam jumlah banyak lebih baik dalam meningkatkan produktifitas mencit dibandingkan dengan memisahkan mencit dalam kandang yang terpisah.

Tingkah laku sosial ini terlihat jelas dari interaksi antar mencit yang terkadang bermain dengan individu lain dan sampai mengganggu mencit lain namun tidak sampai pola agresif atau saling melukai. Pada kondisi khusus, tingkah laku mencit hampir serupa dengan kondisi dan tingkah laku dari tikus, interaksi saling merespon antar satu mencit dan mencit lainya hampir terlihat jelas disepanjang hari karena mencit termaksud jenis hewan aktif.

Persiapan pemeliharaan dan budidaya mencit.

  • Perahtiakn keadaan kandang yang kering dan tidak lembab karena dapat merontokkan bulu mencit.
  • Gunakan litter dari serbuk gergaji atau serutan ketam, sebaiknya litter ini diganti satu minggu sekali kecuali pada saat memelihara mencit yang sedang melahirkan atau merawat anak.
  • Hindair penggunaan kotak yang terbuat dari kayu karena ada kemungkinan mencit mengerat kotak tersebut, sebisa menggunakan kotak yang terbuat dari kaca dengan dimensi 60 cm x 50 cm dengan tinggi lebih dari 15 cm.
  • Air minum sebaiknya diberikan dalam bentuk dot untuk menjaga kebersihan kandang.
  • Mencit akan kawin dalam rentang waktu 3 sampai 5 hari. Pada keadaan ini satu mencit jantan mampu mengawini 4 mencit bentina.
  • Lama waktu mencit mengandung sampai melahirkan sekitar 28 hari sampai dengan 35 hari.
  • Mencit yang sudah melahirkan jangan dipisahkan dengan induknya karena mencit adalah bintang mamalia yang perlu disapih. Hindari juga memegang mencit karena akan membuat induk dari mencit berubah menjadi agresif.
  • Anak dari mencit dapat dipisahkan dari induknya setelah berusia 4 minggu, namun kondisi ini mencit baru belum siap untuk dikembangbiakkan lagi.
Loading...

No comments