Header Ads

Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula

Memotret Model Bokeh dengan Lensa Standar untuk Pemula

Dzargon. Memotret model adalah salah satu genre paling terkenal dan paling mudah untuk dilakukan, namun meskipun terbilang mudah bukan setiap fotografer mampu menghasilkan foto yang baik pada genre model. Sebagai fotografer pemula, memotret model selalu identik dengan aliran naturalis yang memanfaatkan pencahayaan seadanya dan mengunggulkan backgorund yang ada pada saat memotret. Hal ini membuat foto dengan latar belakang Blur selalu menjadi terlihat menarik, bahasa fotografi yang ada di Indonesia adalah Bokeh.

Meskipun foto model tidak selalu identik dengan bokeh, namun kali ini saya ingin berbagai tips bagi para pemula untuk menghasilkan foto bokeh dengan Lensa Standar. Kenapa Lensa Standar karena kebanyak para fotografer pemula selalu membeli perangkat seadanya namun ternyata jauh dari espektasi, padahal lensa standar bukan hambatan. Berdasarkan pengalaman saya, saya sangat menyukai lensa standar baik itu fotografi landscape dan juga model yah meskipun terkadang saya sering menggunakan lensa jenis premiun tapi kembali lagi ke si empu pembuat fotonya.

Foto Model Bokeh 

Foto model bokeh adalah sebuah foto model dengan cara mengisolasi objek yang di foto dengan latar atau background yang digunakan. Pengertian lain dari foto ini adalah membuat daerah depth of Field dari foto hanya berada pada model. Untuk membuka foto ini sejatinya membutuhkan lensa dengan bukaan besar dengan focal length yang besar pula, apda dunai fotografi lensa ini disebut dengan lensa model dengan range antara 50 sampai dengan 85 mm. Sebagai conotoh dari foto dengan latar Bokeh liat gambar berikut ini:

Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula latar taman igo

Foto di atas merupakan sebuah foto dengan DOF yang hanya melekat pada model sedangkan daerah di luar model keluar dari DOF sehingga menghasilkan kesan fantastis karena mata tidak akan pernah menemukan pemandangan seperti secara langsung.

Membuat Foto Model Bokeh dengan Lensa Standar.

Lensa Standar adalah lensa bawaan pada kamera kelas amatir dan semipro yakni selalu identik dengan Lensa 18-55 dengan bukaan terbesar f3.5 pada 18 mm dan 5.6 pada 55 mm. Lensa ini sering dipandang sebelah mata oleh fotografer pemula padahal lensa memiliki sweet focal length yang bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tajam pada bukaan 11 sampai 16 dengan pada 18 mm. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk menghasilkan foto boke adalah dengan cara membuat mengetahui karakter DOF dari sebuah lensa. 

Hubungan antara bukaan dan panjang fokal lentgh pada fotografe yakni semakin besar bukaan semakin pendek DOF dan semakin dekat jarak juga membuat DOF semakin tipis. Untuk focal length memiliki hubungan semakin kecil focal lentgh semakin lebar DOF. Karena kali ini kita membahas lensa Standar maka kemungkinan menghasilkan foto bokeh berada pada: 

Panjang focal lentgh antara 50 mm sampai dengan 55 mm pada bukaan  f5.6 sampai f/4. Kemudian jangan meletakkan model lebih dari jarak 3 meter di depan lensa.

Nah demikian tips sederhana dari saya semoga bermanfaat namun sebagai tips tambahan dalam fotografi model, hal yang harus diingat adalah Bokeh bukanlah segalanya dalam dunia fotografi modeling, keutamaan dari fotografi modeling aliran Naturalis juga sangat dipengaruhi dari Komposisi dan Objek, nah selamat belajar sebagai tambahn berikut ini beberapa conotoh foto model Bokeh atau dengan latar Blur:

Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula dengan baju sederhana

Gaun putih cantik tema foto model Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula

foto gadis igo cantik Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula

rok mini cantik Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula

tampil cantik dan menawan Tips dan cara Memotret Model dengan Background Boleh Menggunakan Lensa Standar Bagi Para Pemula

Lensa Murah dengan Bukaan Besar:
  1. Canon Fix 50 mm f/1.8
  2. Nikon Fix 50 mm f/1.8
  3. Lensa Manual dengan berbagai macam jenis.

No comments