Daftar Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Anda Dikunjungi


Daftar Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Anda Dikunjungi

Dzargon. Sebagai tujuan destinasi wisata dunia, Kota Yogyakarta termasuk salah satu kota terlengkap dalam hal ide dan sajian tempat wisata. Hampir seluruh jenis wisata yang ada di Jogja termasuk wisata malam. Hiruk pikuk pengunjung tetap seperti mahasiswa yang selalu aktif 24 jam dan juga kehidupan para pelancong yang memenuhi seluruh titik di kota Pelajar ini,  membuat jogja menjadi kota dunia yang nyaris tanpa tidur. 

Jika kebanyakan kota di Indonesia akan menjadi sunyi di malam hari atau kota besar malah berkumpul dengan wisata malam dalam ruangan seperti club dan pub, Di Yogyakarta malah malam hari tidak membuat dunia wisata berubah ke arah wisata dunia gemerlap tapi, Jogja tetap konsisten menjajahkan kearifan lokal khas Yogyakarta. Berikut ini wisata malam khas Yogyakarta yang tidak anda dapat ditempati habiskan malam.

Ide dan Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi cantik

 

Tugu Jojga, Tempat ngumpul dan Selfie di perempatan Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan salah satu Landmark kota Jogja. Tugu ini telaj berdiri hapir bersamaan dengan dibangunnya keraton Yogyakarta. Siapa sangka rangcangan arsitek setelah Mataram terpecah menjadi dua malah semakin populer saat ini. Keistimewaan tugu ini adalah letaknya yang membentuk garis lurus antara Gunung Merapi, Keraton, Tugu Jogja dan Pantai Selatan. Jika anda memiliki rencana perjalanan perjalanan Wisata di Jogja, sempatkan untuk mampir dan sekedar mengambil foto selfie di Tugu ini atau paling tidak membeli cendera mata Tugu Jogja di Pasar Malioboro.


Tugu Jojga, Tempat ngumpul dan Selfie di perempatan Jogja cantik dan sarkem
Tugu Jogja - Liburmulu.com

Tugu Jojga terletak di persimpangan Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, Jl. AM. Sangaji dan juga Jalan Margo Utomo (P. Mangkubumi). Secara geografis Tugu jogja memiliki bentuk yang unik yakni sejajar dan membentuk garis lurus antara Gubung Merapi, Keraton dan Tugu Jogja. Tidak makna gaib dari rancangan ini, hanya saja harapan bahwa Jogja harus dipimpim sesuai dengan jalan Benar (Lurus) sangat besar tampak dari desain ini.

Tugu Jogja hanya tugu yang tidak ramai di siang hari tapi tunggu sampai malam hari ketika hari sudah menjadi gelap. Entah daya tarik apa yang membuat setiap orang ingin singgah ketika lewat di tugu ini. Beberapa orang akan mengabadikan foto dirinya di tugu ini ketika malam hari.

Peradaban Malam Hari di Malioboro

Malioboro terkenal dengan pasar tumpah dan tempat membeli oleh-oleh khas Jogjakarta pada siang hari. Para pelancong yang datang dari berbagai penjuru daerah hanya menikmati Jalan Maliboro untuk sekedar berburu jajanan khas Jogja seperti Bakpia dan juga Pernak-pernik khas Jogja untuk dijadikan cedenra mata, namun siapa sangka kalau Jalan Maliboro ternyata menunjukkan sisi asli yang penuh nostalgia pada malam hari

Ide dan Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi  jalan malioboro
Jalan Maliboro - Indonesiaexplorer.com
Pada malam hari, Jalan Malioboro berubah menjadi tempat yang sangat cocok bagi para pelancong. Para pedagang makanan di bahu kiri jalanan dan pengamen yang lebih orkresta tradisional akan menghiasi sepanjang jalan Malioboro. Trotoar yang luas dan ruas jalan akan selalu dihiasi delman wisata untuk sekedar mengelilingi jalan Malioboro pada malam hari.

Jalan Malioboro juga sangat lengkap, jadi bagi anda yang lapar, sajian Kuliner khas Jogja akan menghiasi sisi kiri dari jalan Malioboro. Untuk Jajanan kuliner yang tradisional silahkan kunjungi bagian utara dari jalanan yakni sekitar pasar Bringharjo. Ada sebuah angkringan yang sudah sangat klasik berada di depan Pasar tersebut dan di samping Hamza Batik atau yang dulunya di kenal dengan istilah Mirota Batik. 

Mari Habiskan Malam hari titik Nol Kilometer Jogja

Tugu Nol kilometer sangat terkenal di Jogjakarta, KM Nol ini terdapat banyak bangunan bersejarah dan bangunan penting di Jogja. Pada sisi Kanan dari Malioboro terdapat istana Negara yang merupakan bukti sejarah bahwa Ibu kota negara pernah pindah ke Yogyakarta. Di bangunan juga ada bangunan Loji yang dibangun oleh belanda yang saat ini masih berdiri kokoh dan digunakan oleh bank Indonesia, Bank BNI dan kantor Pos. Bangunan-bangunan Jalan ini seperti mengajak kita berjalan ke masa lalu.
Tugu Nol Ide dan Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi
Tugu Nol Jogja - eibidiei.wordpress.com
Di Depan Benteng Verderburg juga terdapat trotoar yang agak luas yang sering di isi oleh kreatifitas warga Jogja seperti badut dan juga patung yang sering berganti. Tempat ini semakin semakin ramai dan akan berhenti ketika menjelang subuh. Tidak perlu khawatir dengan perut kosong, pada titik nol juga terdapat jajanan khas seperti ronde, sate dan juga pedagang kopi yang akan meramaikan suasan tugu nol Jogja

Tempat Romantis Alun-Alun Kidul, Sirkuit mobil kayuh terbesar di Indonesia

Alun-alun kidul adalah bagian dari Istana Keraton yang merupakan tempat berkumpul masyarakat jogja di Malam Hari. Alun-alun kidul atau alkid terkenal dengan pohon beringin kembar yang ada di tengah-tengah lapangan dari alun-alun ini. Pada Pohon Beringin kembar ini melekat sebuah mitos bahwa setiap orang yang mampu melewati celah diantara kedua pohon dengan mata tertutup maka niatnya akan terpenuhi.Admin sendiri sudah pernah mecobanya namun selalu melenceng ke kanan.

Mbil karya anak bangsa Tempat Romantis Alun-Alun Kidul, Sirkuit mobil kayuh terbesar di Indonesia
Alun-alun Kidul - nravel.com

Pada alun-alun ini juga terdapat wahana wisata yang berupa mobil kayuh, yakni sepeda kayuh tandem yang terdiri dari 5 atau 6 orang mengayuh. Sepeda ini selanjutnya dilapisi body menyerupai mobil atau bentuk unik lainya kemudian diberi warna-warni dari lampu LED yang membuat mobil berwarna cerah. Mobil ini disewakan dengan tarif sekitar 50.000 kepada para wisatawan untuk sekali putar alun-alun kidul.

Ngopi Jos di Stasiun Tugu

Di sisi utara stasiun tugu terdapat sebuah jalan tempat berbaris penjajah kopi Jos. Tempat minum di sepanjang jalan tersebut. Kopi jos adalah kopi khas Jogja yang yang terbuat dari kopi hitam kemudian sebagai toping yang khas kopi jos tidak menggunakan susu atau eskrim, tapi toping dari kopi jos adalah arang membara. Kopi jos sendiri berasal dari bunyi ketika arang yang sedang membara di masukkan ke dalam kopi. Konon Kayu yang digunakan adalah kayu Khas yang memiliki khasiat menghilangkan pegal-pegal dan rasa capek, benar atau tidaknya silahkan dicoba sendiri.

Ide dan Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi di satsiun tugu

Bukit seribu bintang, Bukit Bintang

Menikmati Jogja dari malam hari terasa sangat khas dari ketinggian di jalan Gunung Kidul. Bukit bintang adalah sebuah tebing yang ramai dengan pedagang kopi dan juga jajan khas. Di Bukit Bintang terdapat sebuah tebing yang menghadap kota Jogja sehingga warna-warni dan kerlap-kerlip di Jogja. Nama Bukit bintang karena seolah-olah terdapat dua bintang yakni di atas langit dan di darat.

Bukit seribu bintang, Bukit Bintang wisata malam
Jika anda berkunjung pada hari-hari libur datanglah ke bukit ini sebelum magrib karena pada waktu ini masih banyak terdapat tempat yang kosong sehingga anda bebas memilih tepat dengan View yang paling bagus. Wisata malam di Bukit bintang akan selalu ramai, setiap harinya terlebih setelah dibangun sebuah tugu selamat datang dari pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul.

Bermain Lampion di Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monjali mungkin tidak begitu digemari pada siang hari senagai tempat wisata di Jogja, namun coba anda berkunjung di Monjali pada saat malam hari. Monjali berubah menjadi taman lampion ketika hari mulai gelap. Lampu-lampu berwarna cerah yang terbuat dari kertas khas lampion memenuhi seluruh taman. Berjalan di tengah taman Monjali membuat anda mandi cahaya yang tidak akan kalah indahnya dengan perayaan Imlek. Bentuk lampion yang bervariasi tidak akan membuat para pengunjung bosan dan lupa akan waktu.

hantu di Monjali Bermain Lampion di Monumen Jogja Kembali (Monjali)


Taman Lampion atau biasa juga dikenal dengan nama taman Pelangi, terletak di piinggir jalan ringroad timur kota Jogja sehingga akses ke tempat sangat mudah untuk dijangkau. Pada malam hari, suasana Taman lampion yang ramai menjadi khas dan menjadi mudah untuk dikenali sehingga para pengunjung tidka perlu cemas untuk mencari tempat ini. Bosan dengan Lampion, di taman ini ada beberapa hantu genit yang siap dijadikan teman foto. Biasanya hantu-hantu adalah mahasiswa yang mencari rejeki dengan berdandan seperti hantu.
Loading...

0 Response to "Daftar Tempat Wisata Malam Di Yogyakarta yang Wajib Anda Dikunjungi "