Ciri-Ciri Ikan Cupang Stress dan Cara Mengatasi Cupang Stress


Ciri-Ciri Ikan Cupang Stress dan Cara Mengatasi Cupang Stress

Dzargon. Ikan cupang adalah jenis ikan yang dapat bertahan hidup pada kondisi ekstrem rawa yang kekurangan oksigen dan juga kondisi rentang dari sumber makanan, namun pada keadaan tertentu seperti pada saat dipelihara di rumah, cupang bisa saja terkena penyakit stres karena kondisi alami cupang tidak mendesain tubuh ikan cupang mampu bertahan pada kondisi dipelihara oleh manusia. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan penanganan pada ikan Cupang yang terserang stress.

Stres tidak disebabkan oleh sejenis kuman atau infeksi dari bakteri, penyakit stres ini juga cenderung tidak berbahaya namun dampak dari penyakit stres ini bisa jadi menjadi masalah serius buat cupang anda. Ikan cupang yang sedang stres cenderung kehilangan nafsu makan, jika tidka diatasi akan berdampak pada penurunan pola hidup dan akhirnya kelaparan. Pada tahap yang lebih arah akan menyebabkan kematian oleh karena sangat penting untuk menghindari ikan cupang dari gangguan Stres.
Ciri-Ciri Ikan Cupang Stress dan Cara Mengatasi Cupang Stress putih bersih

Tanda-Tanda Ikan Cupang Stres:
  • Ikan cupang stress biasanya kehilangan warna tubuhnya atau menjadi Pucat.
  • Karakter cupang yang stres juga ditandai oleh sifat agresif, hal ini biasanya disebabkan oleh kesendirian dan atau sedang birahi.
  • Diam atau malas bergerak dan cenderung tinggal di dasar wadah, hal ini biasanya disebakan oleh kualitas air atau makanan yang diberikan.

Penyebab Ikan Cupang Menjadi Stres:

  • Proses pergantian air cupang yang tidak sesuai dengan prosedur yang baik.
  • Kualitas air yang tidak baik dan mengandung bakteri.
  • Kualitas pakan ikan cupang yang tida bersih atau banyak serangga jenis lain yang masuk secara bersamaan.
  • Pemberian jenis makan pelet yang berlebih.
  • Makanan sisa seperti pelet banyak mengendap di dasar botol.
  • Perubahan suhu yang terlalu ekstrem seperti terkena sinar matahari langsung pada waktu yang sangat lama.
  • Ikan cupang terusik karena terlalu sering dipindahkan atau bertemu dengan cupang lain.

Cara Mencegah dan Langkah Pencegahan Ikan Cupang Stres:

  • Pelajari dengan cara merawat ikan cupang terutama prosedur penggantian air
  • Jangan menggunakan air PDAM secara langsung sebaiknya dilakukan pengendapan sebelum digunakan
  • Gunakan Methaline blue pada saat membersihkan pakan alami seperti cacing, kutu air dan juga jentik nyamuk agar bakteri mati sebelum dimakan oleh ikan cupang.
  • Batasi pemberian pelet dan juga perhatikan kebutuhan ikan cupang, sesuaikan dengan ukuran dari tubuh ikan cupang.
Tips: Ada banyak penggemar cupang pemula yang salah kaprah dengan kondisi ikan cupang. Meskipun suka beradu bukan berarti Ikan cupang adalah ikan yang ganas dan tahan banting. Langkah yang paling baik dalam memelihara cupang adalah dengan mengurangi intensitas ditangkap atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Cara yang paling baik dalam memelihara cupang dengan cara merawat pada kolam luas dengan banyak ikan cupang lainnya. Cara ini jauh lebih baik dibandingkan dengan merawat ikan cupang dalam botol terpisah.
Loading...

4 Responses to "Ciri-Ciri Ikan Cupang Stress dan Cara Mengatasi Cupang Stress"

Wafia Nanda Mufti Hanifa said...

Permisi, saya mau tanya. Saya punya ikan cupang, setiap saya beri makan dengan pelet, selalu dia keluarkan lagi setelah dimasukkannya ke mulut. Kenapa ya. Mohon jawabannya

Wafia Nanda Mufti Hanifa said...

Permisi, saya mau tanya. Saya punya ikan cupang, setiap saya beri makan dengan pelet, selalu dia keluarkan lagi setelah dimasukkannya ke mulut. Kenapa ya. Mohon jawabannya

Ahmad Dahlan said...

Ikan cuoang sebenarnya tidak cocok dengan makanan pelet,... kecuali dalam keadaan darurat.. pelet sulit dicerna dan membuat oerut ikan jadi besar dan lama kelamaan akan mati,., sebaiknya di ganti dengan kutu air atau jentik nyamuk

mie_co said...

Kalo ikannya udah lemes gitu penanganannya gmn ya? Karena ikan saya sudah kondisinya lemas dan sering ada di bawah