Titik Tempat Hunting Foto Kembang Api Pada saat Malam Pergantian Tahun di Jogja



Titik Tempat Hunting Foto Kembang Api Pada saat Malam Pergantian Tahun di Jogja

Dzargon. Malam pergantian adalah malam langka dimana hanya akan diadakan sekali dalam setahun di seluruh penjuru dunia. Perayaan tahun baru yang identik dengan pesta kembang api menjadi satu hal yang sudah menjadi budaya hampir di setiap tempat. Jogja salah satu tempat pesta kembang api yang baik adalah suatu fenomena tahunan yang sangat sayang untuk dilewatkan terutama bagi para fotografer yang sedang mengincar pesta kembang. Agar anda tidak kelewatan momen ini berikut beberapa titik yang menjadi tempat pesta kembang Api di Jogja dan Juga Titip dan Spot yang baik untuk mengambil gambar.

Foto konsep kembang api

Titik Pesta Kembang Api Di Jogja pada Malam Pergantian Tahun

dalam memotert pesta kembang api hal yang paling pertama yang anda harus ketahui adalah titik-titik dimana pesta kembang api dirayakan. Jangan sampai mengabaikan titik ini karena dari pertimbangan titik pesta kembang ini anda akan bisa menyusun rencana untuk mengambil Spot yang baik. Nah berikut titik pesta kembang apai di Jogja.

Pesta Kembang api di titik 0 Yogyakarta

Titik nol yogya adalah salah satu titik 24 jam di Jogja. Titik ini merupakan sebuah tempat yang selalu ramai oleh pengunjung baik siang maupun malam hari meskipun bukan hari libur. Hal ini didukung oleh pusat-pusat hiburan yang sangat banyak di tempat ini yang berdekatan dengan Malioboro, benteng Vredeburg, Istana negara, Taman Siswa dan Alun-Alun Utara Keraton.Di pinggir jalan terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas berselera yah seperti lirik katon Bagaskara. Pada malam pergantian tahun, benteng ini selalu memiliki kegiatan tertentu seperti  pementasan Wayang Semalam suntuk kemudian disusul dengan pesta kembang api diakhir acara.

Parang Tritis

Parang tritis atau yang dikenal dengan pantai selatan adalah salah satu pusat massa di Yogyakarta pada malam tahun baru. Pada malam pergantian tahun beberapa orang sengaja menyewa losmen baik dengan teman kampus maupun dengan keluarga. Karena banyaknya losmen dan luasnya tempat yang disediakan, parangtritis bisa menjadi tempat yang ramai dengan pesta kembang api di malam tahun baru.

Monumen Jogja Kembali

Salah satu titik yang akan ramai dipadati oleh orang pada malam pergantian tahun di Jogjakarta adalah di Monjali atau monumen Jogja Kembali. Titik akan menjadi sangat ramai oleh pengunjung dan juga seperti kebiasaan merayakan tahun baru lainya, pesta kembang api menjadi penutup yang manis pada malam pergantian tahun ini.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun kidul akan menjadi salah satu titik di mana pesta pergantian tahun akan dilaksanakan. Di Alun-alun kidul biasanya setiap tahun akan dilewatkan dengan adanya pesta dan konser musik dalam menyambut malam pergantian tahun kemudian disusul dengan pesta kembang selepas detik-detik pergantian tahun.

Titik dan Spot Tempat Mengambil Gambar Pesta Kembang Api di Jogja pada saat pergantian Tahun

Setelah mengetahui beberapa titik dalam perayaan pesta kembang apai, tentunya tempat untuk mengambil gambar yang baik bukan di titik yang sama, selain terlalu ramai sehingga dapat mengganggu kinerja dan komposisi foto anda, pesta kembang sebaiknya diambil pada sudut yang jauh sehingga mampu menghasilkan gambar wide dari kembang api yang difoto.

Candi Ratu Boko
Candi ratu boko adalah salah satu titik tempat memotret kembang yang baik. Candi ratu boko berada di daerah tinggi dan lebih tinggi dari Prambanan. Candi ini memiliki view yang sangat luas dan dapat langsung melihat ke arah Prambanan dengan sudut pandang yang cukup wide, sehingga tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat hunting kembang api.

Bukit Bintang
Bukit bintang memiliki keunggulan sebagai tempat memotret kembang pada pesta pergantian tahun adalah view yang sangat luas, selain dari view yang sangat luas, bukit bintang mampu menampung ribuan orang pada sisi tebing yang langsung menghadap ke Kota Jogja. Tentu saja ini adalah keunggulan dari bukit bintang sebagai tempat memotret pesta kembang api dan kota Jogja dari malam hari.

Bukit Kapur di Plaosan
Salah satu tempat dengan posisi tinggi di Jogja adalah Bukit kapur di dekat Candi Palosan. Posisi dari titik cukup tinggi sehingga mampu meberikan View yang lebar serta anda dapat menghasilkan foto landscape dari pesta kembang api pada saat tahun baru diselanggarakan diberbagai titik di Yogyakarta.

Menara Pertamina
Pernah dengar dengan nama menara Partamina? ini adalah menara dari fakultas ekonomi dan bisnis universitas gadjahmada. Menara ini adalah salah satu titik tertinggi yang ada di Jogja dan uniknya menara ini memiliki view 4 sudut kota jogja dari puncak. View yang luas dan juga terletak tidak jauh dari pusat keramaian di malam pergantian tahun baru akan menjdaikan titip menjadi titik dengan view terindah pada saat hunting kembang api di Jogja, namun sayangnya untuk dapat memotret dari tempat ini pada malam hari anda butuh Izin karena tempat ini tertutup pada jam 8 dan juga pada hari libur.

Stasiun Tugu
Nah ini adalah pusat kota dengan tempat rendah namum view yang lumayan luas karena tidak ada bangunan tinggi yang berdekatan dengan stasiun tugu kecuali Hotel garuda Indonesia dan juga Halaman Parkir yang baru saja rampung. Namun hal ini bisa menjadi nilai tambah pada foto kembang anda jika dijadikan sebagai pemanis atau POI tambahan dalam foto anda.

Tips sederhana dalam memotret Pesta Kembang Api

Momen pergantian tahun adalah moment yang terbilang singkat dan sangat langka karena hanya terjadi sekali dalam setahun, sehingga jika anda berniat dalam mengambil foto kembang api anda tidak boleh kehilangan moment hany akeran gagal dalam berencana. Berikut ini beberapa tips sederhana pada saat memotret kembang api.

Pemilihan Tempat.- Pemilihat tempat ini akan berkaitan dengan di mana pesta kembang api tersebut dilaksanakan sehingga anda dapat memastikan foto yang hendak dijadikan objek yakni kembang api. Selain dari tahu pusat pesta dari kembang api, anda juga harus mempertimbangkan tempat dimana anda menunggui dan memotret kembang api tersebut

Pertimbangkan kekuatan Lensa anda,- kekuatan lensa dalam menghasilkan gambar akan berpengaruh besar pada foto yang anda hasilkan. Jika anda mengambil tempat yang cukup jauh dari pusat pesta kembang api gunakan lensa tele sedangkan lensa wide digunakan jika lokasi anda cukup dekat dengan pusat pesta pergantian tahun.

Shutter Time.- Hunting dengan konsep kembang adalah salah satu foto konsep dengan genre long exposure namun jangan menggunakan shutter time yang terlalu panjang, 5 sampai 10 detik adalah waktu yang tepat agar anda mendapat kan bentuk utuh dari kembang api yang anda potret jangn lebih dan jangan kurang karena dapat merusak bentuk dari kembang api anda.

Mode Brush,- Gunakan mode brush dalam memotert kembang karena pesta kembang api yang singkat. Mode brush akan membantu anda dalam momotrert kembang sehingga anda hanya menekan tombol shoot sesekali pada saat hunting kembang api.

Komposisi Foto,- ini adalah syarat utama dari foto anda, sedaikan sudut yang lebar di langit pada saat pengambilan ancang-ancang dari kembang api yang anda foto jangan terlalu pendek karena akan memotong bentuk kembang api yang difoto.
Loading...

No comments