Tips Lengkap dan Mudah Foto Kembang Api dan Acara Hunting Momen Pergantian Tahun Baru


Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru

Dzargon. Pesta kembang api tentu saja sudah menjadi momen tahunan yang sangat sayang untuk dilewatkan, karena hanya akan dirayakan setiap tahun. Momen ini tentu akan sangat manis jika diabadikan dalam sebuah foto, namun karena momen ini langka maka kita harus mempersiapkan banyak hal sebelum mengambil gambar kembang api.


Mengapa saya harus membaca Tips Foto Kembang Api?

Saat ini, dimana kamera sudah menjadi bagian dari hidup seseorang bahkan setia orang sudah harus memiliki kamera canggih pada smartphone mereka, hanya saja memotret kembang tidak semudah foto selfi yang seketika bisa diulang ketika salah. Alasan yang paling utama mengapa seseorang harus memotret kembang api adalah:

  1. Momen ini hanya berlangsung sekali setahun yang tentu saja akan butuh waktu lama untuk mengulang kegagalan.
  2. Momen pesta tahun baru tentu saja akan berlangsung singkat dan setia bunga yang muncul dari kembang akan beda.
Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru cantik

Nah untuk untuk membantu anda agar momen tahun baru kali ini tidak lewat begitu saja dan sering mendapatkan foto shoot kecil atau shake. berikut ini dzragon telah menyusun tips sederhana hunting foto kembang api bagi para fotografer pemula atau bahkan bukan fotografer sama sekali.

Peralatan Fotografi yang harus disiapkan.

Sebelum melakukan eksekusi lapangan untuk hunting fotografi dan foto kembang apit, tentu saja dibutuhkan senjata. Ibarat perang, Senjata adalah modal utama di medan perang, begitu juga dengan hunting fotografi, gagal membawa alat-alat yang tepat tentu saja akan membuat anda hanya menjadi penikmat kembang api atau malah kecele dengan foto blur dan shake dari momen pergantian tahun tersebut. Peralatan yang dibutuhkan sederhana kok, yakni kamera, lensa wide, tripod dan shutter release. Jenis tripod yang digunakan tidak perlu yang heavy, bahkan light tripod saja sudah cukup.


#1. Kamera

Kamera tentu saja adalah paling standar yang harus dimiliki sebelum motret, tanpa kamera tentu saja tidak akan ada foto yang akan berhasil dibuat. Lantas kamera yang seperti apa yang harus disiapkan? Kamera yang harus disiapkan tentu saja tidak perlu kamera profesional kecuali jika anda sudah memiliki kamera tersebut. Syarat utama kamera yang digunakan adalah memiliki mode setting manual dimana fotografer bisa dengan leluasa mengatur settingan exposure pada saat proses pengambilan gambar dilakukan. Kamera dengan harga 4 juta rupiah sudah cukup mumpuni kok menghasilkan gambar sekelas fotografer profesional selama tau cara makai kameranya.

#2. Lensa Wide

Hal yang kedua yang dibutuhkan adalah lensa wide, bukan lensa modelling atau bahkan tele. Lensa superwide terkadang tidak direkomendasikan dalam mengambil gambar kembang api, karena akan mempengaruhi komposisi gambar. Lantas lensa wide itu apa? Lensa wide lensa adalah lensa lebar yang mampu mengambil gambar pemandangan dengan ketajaman dan DOF yang super jauh atau memiliki hyper-focal pendek. Nah ukuran wide atau tidak lensa ditentukan dari diameter lensa dan juga ukuran frame lensa. Sebagai simple guide berikut ini tabel sederhana untuk memberikan gambaran umum:

No
Kategori Lensa
Focal Length
Full Frame Camera
CROP Factor Kamera
1
Fish Eye
< 8 mm
-
2
Ultra Wide
10 mm - 18 mm
8 mm - 12 mm
3
Wide (Lansscape)
24 mm - 35 mm
16 mm - 22 mm
4
Normal (Modelling)
35 mm - 50 mm
24 mm - 35 mm
5
Telephoto (Semi Modelling)
85 mm – 200 mm
55 mm - 180 mm
6
Supertelephoto (Birding)
> 300 mm
> 200 mm


#3. Tripod 

Foto Kembang adalah momen dimana kembang api mulai meluncur dari darat sampai akhirnya meledak dan menghasilkan bunga api yang indah di langit gelap malam pada malam pergantian tahun. Nah momen ini tentu saja tidak terjadi sekilas paling tidak mulai dari proses mulai menyala sampai meledak dan menghasilkan jutaan warna di udara membutuhkan waktu dengan rentang 5 sampai 20 detik.

Nah genre fotografi paling tepat untuk mengambil gambar dalam rentang waktu yang cukup lama ini dikenal dengan nama Slowspeed Photography. Tangan manusia sejauh ini hanya mampu menahan kamera tidak shake untuk kecepatan ranah potret paling lama 1/5 detik namun beberapa fotografer handal dunia menyarankan untuk penggunaan Tripod untuk jika shutter speed lebih lama dari 1/30 detik. Tripod digunakan untuk membantu kamera tetap steady stay ketika proses pengambilan gambar.

#4. Shutter Release

Shutter release konvensional dapat berubah kabel yang dihubungkan dengan kamera sebagai pengganti tombol shutter yang ada pada body kamera. Tujuan utamanya sebenarnya hanya untuk mengantisipasi shake kecil ketika tangan menekan tombol pada body kamera. Namun saat ini sudah banyak shutter release berbentuk wireless sehingga seseorang tidak perlu menggunakan. Shutter Release juga sangat membantu ketika proses menangkap momen, jadi fotografer hanya melihat ke arah kembang api, lalu menekan tombolnya jika dianggap sudah pada momen yang tepat.

Teknik Mengambil Gambar Pesta Kembang Api Saat Tahun Baru

Set Shutter Speed secara manual,-  Kondisi langit yang gelap sebelum dan pada saat kembang api dinyalakan, oleh karena perbedaan cahaya ini akan sulit untuk ditentukan oleh kamera dan kamera juga tidak akan mengenathui seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memotret kembang api, oleh karena itu dibutuhkan kejelian dari fotografer dalam menilai jenis kembang api yang digunakan. Namun sebagai resep umum, shutter time yang dibutuhkan tidak lebih dari 30 detik karean bisa membuat gambar anda kehilangan detail dari kembang api.

Gunakan Bukaan Kecil,- Selian membantu mengatur jumlah cahaya yang masuk kedalam foto Api, Bukaan kecil juga akan membantu menentukan daerah fokus dari gambar anda, Depth of Field. Jika anda berada cukup jauh dari kembang gunakan bukaan maksimal f/8 sedangkan untuk foto dari jarak dekat sebaiknya gunakan bukaan f/16. Pengaturan ini juga membutuhkan pertimbangan shutter time.

Gunakan Model Manual Fokus,- Jumlah cahaya yang kurang dan objek yang belum ada membuat lensa dan kamera anda akan kesulitan dalam menentukan daerah ketajaman gambar, oleh karena itu manual fokus adlah satu-satunya untuk mendapatkan daerah fokus. Bukaan kecil akan memberikan DOF yang lebar pada jarak infinity. Gunakan insting anda untuk menetukan lokasi kembang api yang hendak di foto, biasnya hanya bergeser sedikit dari jarak foto infinity.

Iso Rendah,- Meskipun kembang api dilakukan pada malam hari, anda harus tetap menjaga iso yang digunakan pada ISO maksimal 200, karean noisi yang dihasilkan dan juga kelebihan expsoure bisa saja terjadi karena ukuran dari kembang yang belum diketahui. Saran yang paling sering disampaikan oelh para fotografer adalah dengan menggunakan ISO 100.

Jangan Gunakan Flash,- Apapun alasannya Flash sangat tidak dianjurkan dalam memotret kembang api. Jarak objek yang terlalu jauh tidak akan mendapatkan efek dari Flash dan yang kedua adlaah flash akan memberikan sisi terang tepat didepan kamera anda sehingga foto yang dihasilkan akan tampak "berhantu".

Shoot Secepat mungkin,- Shoot secepat mungkin memeiliki makna bahwa sebisa mungkin gambar dari kembang api yang diambil adalah kembang api pertama karena pesta kembang api tidak akan berhenti hanya dengan satu kembang saja. Setiap kembang apai yang sudah meletus di udara akan menghasilkan asapa yang mungkin mengganggu gambar anda, oleh karena memotret kembang api pada kembang api yang pertama akan menghasilkan gambar jauh lebih jernih dan tajam.

Komposisi,- Ini adalah tips yang paling umum dari setiap genre fotografi. Komposisi akan mempengaruhi foto anda. Buatlah foregorund objek dalam foto anda. PErtimbangankan juga komposisi langit. Karean objek utamanya adalah kembang api sebaiknya komposisi langit mendapatkan bagian 2/3 dari komposisi anda.


Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru new years

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru fotografi

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru stunning

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru komedi putar

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru slow speed

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru menawan

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru refleksi

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru terindah

narsi dengn Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru

Ternyata tidak semua fotografi kembang api berkaitan dengan landscape, beberapa foto kembang api juga bisa digabungkan dengan konsep portrait bergantung dari kemampuan anda mengekplorasi komposisi dan pencahayaan tentunya karena anda harus menggabung dua Exposure yang berbeda.

0 Response to "Tips Lengkap dan Mudah Foto Kembang Api dan Acara Hunting Momen Pergantian Tahun Baru"