Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Pergatian Tahun


Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru

Dzargon. Pesta kembang Api adalah momen yang sangat sayang jika dilewatkan, terutama bagi para Fotografer. Pesta kembang biasanya hanya diadakan sekali setahun sungguh sangat sayang untuk dilewatkan hanya kekurangpahaman dalam memotret kembang api, nah berikut ini beberapa tips dari dzargon fotografi dalam memotret kembang yang baik.

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru cantik
Tripod,-  Memotret kembang api adalah salah salah satu genre long exposure paling tidak dibutuhkan waktu lebih dari 10 detik untuk mengambil gambar. Tripod akan membantu anda untuk menjaga kondisi kamera tetap diam selama proses pengambilan gambar dan bahkan sangat mustahil memotret kembang api tanpa menggunakan tripod.

Set Shutter Speed secara manual,-  Kondisi langit yang gelap sebelum dan pada saat kembang api dinyalakan, oleh karena perbedaan cahaya ini akan sulit untuk ditentukan oleh kamera dan kamera juga tidak akan mengenathui seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memotret kembang api, oleh karena itu dibutuhkan kejelian dari fotografer dalam menilai jenis kembang api yang digunakan. Namun sebagai resep umum, shutter time yang dibutuhkan tidak lebih dari 30 detik karean bisa membuat gambar anda kehilangan detail dari kembang api.

Gunakan Bukaan Kecil,- Selian membantu mengatur jumlah cahaya yang masuk kedalam foto Api, Bukaan kecil juga akan membantu menentukan daerah fokus dari gambar anda, Depth of Field. Jika anda berada cukup jauh dari kembang gunakan bukaan maksimal f/8 sedangkan untuk foto dari jarak dekat sebaiknya gunakan bukaan f/16. Pengaturan ini juga membutuhkan pertimbangan shutter time.

Gunakan Model Manual Fokus,- Jumlah cahaya yang kurang dan objek yang belum ada membuat lensa dan kamera anda akan kesulitan dalam menentukan daerah ketajaman gambar, oleh karena itu manual fokus adlah satu-satunya untuk mendapatkan daerah fokus. Bukaan kecil akan memberikan DOF yang lebar pada jarak infinity. Gunakan insting anda untuk menetukan lokasi kembang api yang hendak di foto, biasnya hanya bergeser sedikit dari jarak foto infinity.

Iso Rendah,- Meskipun kembang api dilakukan pada malam hari, anda harus tetap menjaga iso yang digunakan pada ISO maksimal 200, karean noisi yang dihasilkan dan juga kelebihan expsoure bisa saja terjadi karena ukuran dari kembang yang belum diketahui. Saran yang paling sering disampaikan oelh para fotografer adalah dengan menggunakan ISO 100.

Jangan Gunakan Flash,- Apapun alasannya Flash sangat tidak dianjurkan dalam memotret kembang api. Jarak objek yang terlalu jauh tidak akan mendapatkan efek dari Flash dan yang kedua adlaah flash akan memberikan sisi terang tepat didepan kamera anda sehingga foto yang dihasilkan akan tampak "berhantu".

Gunakan Remote,- Bagifotografer yang sabar, remote mungkin tidak digunakan namun keberedaan remote akan sangat memabntu kamera anda. Remote memiliki dua fungsi dalam memotret kembang api. Fungsinya yang pertam aadalah melindungi kamera anda dari getaran dan yang kedua adalah membantu anda memperkirakan kapan gambar diambil karena anda akan fokus pada langit.

Shoot Secepat mungkin,- Shoot secepat mungkin memeiliki makna bahwa sebisa mungkin gambar dari kembang api yang diambil adalah kembang api pertama karena pesta kembang api tidak akan berhenti hanya dengan satu kembang saja. Setiap kembang apai yang sudah meletus di udara akan menghasilkan asapa yang mungkin mengganggu gambar anda, oleh karena memotret kembang api pada kembang api yang pertama akan menghasilkan gambar jauh lebih jernih dan tajam.

Komposisi,- Ini adalah tips yang paling umum dari setiap genre fotografi. Komposisi akan mempengaruhi foto anda. Buatlah foregorund objek dalam foto anda. PErtimbangankan juga komposisi langit. Karean objek utamanya adalah kembang api sebaiknya komposisi langit mendapatkan bagian 2/3 dari komposisi anda.


Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru new years

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru fotografi

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru stunning

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru komedi putar

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru slow speed

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru menawan

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru refleksi

Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru terindah

narsi dengn Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Tahun Baru
Ternyata tidak semua fotografi kembang api berkaitan dengan landscape, beberapa foto kembang api juga bisa digabungkan dengan konsep potrait bergantung dari kemampuan anda mengekplorasi komposisi dan pencahayaan tentunya karena anda harus menggabung duah Exposure yang berbeda.
Loading...

0 Response to "Tips Sederhana Memotret Pesta Kembang Api pada Acara Pergatian Tahun"