Header Ads

Ide Berkebun Tanaman Sayur dan Kembang dengan Media Botol Minuman Bersoda

Ide Berkebun Tanaman Sayur dan Kembang dengan Media Botol Minuman Bersoda

Dzargon. Memiliki pekarangan sempit dengan luas lahan yang terbatas, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar bukan berarti halangan untuk menyalurkan hobi berkebun anda. Tentu saja ide berkebun ini harus dibarengi dengan kreativitas agar tanaman yang membutuhkan cukup tanah bisa tumbuh dan berkembang. Salah satu ide yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan cara menggunakan media tanam Botol bekas. Ide berkebun dengan dengan menggunakan media botol bekas akan menjadi solusi yang terbaik agar hobi anda tidak dibatasi dengan keadaan.

Mengapa Menggunakan Botol Minuman Bersoda?

Botol minuman bersoda adalah salah satu benda yang paling dekat dengan kehidupan di kota. Hampir setiap sudut kota akan ditemukan media tanaman ini, selain mudah didapatkan biaya penyediaan alat dan bahanya relatif sangat murah serta menjaga lingkungan dari pencemaran, jadi selain menjadi menyalurkan hobi, kita juga turut membantu program go green dalam bentuk aksi nyata.

Alat dan Bahan
  • Botol bekasminum dari plastik ukuran 1,5 liter
  • Cutter (hati-hati dalam penggunaanya)
  • Tanah 
  • Air
  • Pupuk
  • Bibit Tanaman
Bagaimana? alat dan bahannya cukup mudah bukan? Alat dan bahan tersebut bisa anda temukan di sekitar rumah dan tidka perlu menyediakan bajet tertentu untuk memulai, jadi tunggu apalagi, mari segera memulai!

Cara Menyediakan Media Tanam

Botol bekas dalam hal akan berfungsi sebagai pot yang digunakan sebagai media tempat tanaman tumbuh. Pemilihan botol karena bentuk dari botol bekas yang menguntunggkan karena dapat menyimpan sejumlah cadangan air sehingga anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Untuk langkah mudahnya perhatikan gambar di bawah ini secara seksama!
Cara menanam dengan media botol
Pada kondisi tanah yang digunakan adalah tanah dengan tingkat kepadatan rendah agar akar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Lubang pada botol pertama berfungsi agar tanah mendapatkan suplai udara meskipun tidak begitu banyak.

Catatan: Media tanam dengan munggunakan botol mebutuhkan perawatan yang cukup mudah, yakni untuk satu bulan sampai satu setengah bulan sekali tanah di dalam botol sebaiknya di gemburkan ulang dan menambahkan arang sangai sumber carbon untuk tanaman. Perhatikan juga air yang ada pada bagian bawah botol agar tanaman tidak kekeringan.

Jenis tanaman yang dapat ditanam di dalam Botol Bekas.

Jenis yang ditanam di dalam botol bekas tentunya terbatas karena ukuran yang media tanam yang kecil. Mungkin cemara, mangga dan Alpukat adalah tanaman yang sangat susah ditanam dengan media ini, yah karena tidak logis.

Sebaiknya tanaman yang dipilih adalah tanaman dengan usia pendek agar memperbaharui jenis tanaman juga menjadi variasi dan seni dalam menenam menggunakan media Botol ini. Adapun list tanaman yang dapat ditanam dengan media ini adalah:
  • Cabai
  • Bayam
  • kangkung
  • Terong
  • Tomat
  • Sawi
  • Mawar
  • Amirys 
Pilihlah tanaman dengan umur pendek dengan batang yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk media tanam ini.
 
Perawatan dan Pemupukan 
Dalam menanam tanaman, tentunya dibutuhkan perawatan agar tanaman dapat berkembang dengan baik. Perawatan tanaman cukup mudah yakni dengan cara menambahkan air yang diberi sedikit pupuk. Jangan menggunakan pupuk urea, tsp dan Npk, karena takaran dan dosis dari pupuk sangat susah bagi para pemula, sebaiknya menggunakan pupuk Gandasil atau pupuk alami seperti kompos dan arang, namun pemberian pupuk kompos dan Arang harus diberikan pada saat tanah diletakkan di dalam botol. Pemupukan cukup dilakukan sekali sebulan saat tanah digemburkan ulang.

Tanaman pada media botol

Tanam sayur dalam botol

Sayur dalam botol

Botol bekas menjadi pot

Sawi pakai botol

No comments