Panduan Lengkap Memberi Makan Kelinci Peliharaan


Panduan Lengkap Memberi Makan Kelinci Peliharaan

Pengantar Panduan Lengkap Makanan Kelinci
Dzargon. Kelinci peliharaan Anda adalah herbivora, yang berarti kelinci hanya makan bahan makan dari tanaman saja. Herbivora perlu memiliki sistem pencernaan yang membuat makanan terus bergerak di dalam sistem pencernaan. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah kesehatan. Bahan Makanan (Diet) dari sebagian besar rumput dan jerami menyediakan serat yang diperlukan untuk memenuhi hal tersebut. Tambahkan pelet diperlukan bagi kelinci setiap hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kelinci anda. Pada pemberian makanan, dibutuhkan kombinasi yang tepat antara pellet, jerami dan rumput untuk kelinci anda agar kelinci anda terhindar dari masalah pencernaan.

Baca Juga Artikel

Hay dan Rumput untuk Kelinci.

Jenis Kelinci Apapun, baik itu anggora, rex, kelinci pedaging bahkan trewelu atau kelinci liar memiliki kebiasaan memakan Hay atau jerami. Hay adalah jenis jerami yang berbahan dasar Rumput kering baik dari dari tanaman padi maupun rumput liar. Kebutuhan kelinci akan hay adalah suatu keharusan dan tidak bisa dihindarkan. 80 % makanan kelinci yang sehat terdiri dari hay dan Jerami. Makanan ini mengandung serat dan kalroi yang dibutuhkan kelinci untuk beraktifitas.

Cara memelihara kelinci

Sumber Makanan Lain untuk kelinci

Sumber makanan lain juga dibutuhkan oleh kelinci namun tidak secara keseluruhan. Kelinci juga membutuhkan vitamin serta mineral namun dalam jumlah yang sedikit. Kelebihan vitamin dan mineral akan berakibat pada gangguan pencernaan pada kelinci, selain itu bisa saja mengakibatkan overdosis pada kelinci dan gangguan Anorexia atau hilangnya nafsu makan pada kelinci.

Sumber vitamin dan mineral dari kelinci boleh berasal dari obat-obatan yang jumlahnya sekitar 20 persen dari kebutuhan pakan kelinci. Namun sebaiknya mengutamakan sumber vitamin alami yang terdapat pada sayuran hijau seperti kangkung dan kubis. Kelinci juga sangat membutuhkan wortel untuk membuat giginya tetap sehat.

Adapun daftar singkat pakan kelinci dalam persentase:
  1. 80 % rumput dan Hay
  2. 10 % Sayuran Segar (bukan Sayuran Beku)
  3. 5 % Pelet untuk kelinci
  4. 5 % Buah segar atau Vitamian (Pepaya, Wortel, bungan mawar, dan buah lainya)
Seperti yang telah jelaskan pada artikel sebelumnya, kelinci anda mungkin menyukai pemberian pakan satu jenis namun hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan kelinci anda.  Pemberian pakan monoton seperti pelet bahkan berdampak buruk pada sistem pencernaan kelinci. Kotoran kelinci berubah menjadi encer dan alhasil membuat kelinci menjadi dehidrasi dan malnustrisi.
Loading...

0 Response to "Panduan Lengkap Memberi Makan Kelinci Peliharaan"