Objek Wisata Hutan Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros



Objek Wisata Hutan Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros

Dzargon. Salah satu desa tempat andalan wisata di Sulawesi Selatan yang harus anda kunjungi adalah Hutan Karts yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Rammang adalah sebuah kawasan pegunungan batuan Kapur (karst). Lokasi Rammang-Rammang berada pada Desa Salenrang, Kacamatan Bontoa di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Akses ke Rammang-Rammang berada di jalan Poros Maros-Pangkep yang merupakan jalan lintas Provinsi dan hanya terletak beberapa meter dari jalan poros. 

Foto Tempat wisata Hutan Karst di Sulawesi Selatan

Sejarah Rammang-Rammang
Kata Rammang-Rammang berasal dari bahasa Makassar, mengingat bahasa Makassar yang terdiri dari 4 suku, Rammang-Rammang menurut warga setempat Rammang berarti awan atau kabut. Berdasarkan pendapat ini dapat disimpulkan arti kata rammang-rammang adalah sekumpulan awan dan kabut. Nama ini disebabkan oleh kondisi pagi hari di Rammang-Rammang yang selalu berkabut tidak peduli dalam musim seperti apa-apa.

Foto Rammang-Rammang

Tempat wisata Rammang-Rammang termasuk daerah kompleks yang lengkap. Rammang-rammang terdiri dari Hutan Batu yang terdiri  pegunungan batu Karst yang dibelah oleh sungai Pute. Pada ujung sungai jika berjalan sampai di ujung Kampung Berua ada Telaga Bidadari dan juga Gua Bulu' Barakka dan Gua Pasaung.

Akses Dermaga Rammang-Rammang
Akses ke dalam Rammang-Rammang bisa ditempuh melalui jalur darat dan juga jalur sungai. Dari beberapa blog memberikan gambaran bahwa jalur sungai jauh lebih indah dibandingkan dengan jalur darat, namun dikenakan tarif khusus untuk pelancong ke tempat ini.

Hutan Karst Rammang-rammangBackground asli dari Rammang-Rammang adalah sebuah kampung petani di sekitar gunung karst, jadi waktu yang paling indah untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sawah sedang hijau-hijaunya. Diantara bentangan sawah ini juga terdapat beberapa pohon lontar yang menambah indahnya pemdangan.

Sumber Kehidupan di Rammang-rammang
Kondisi alam Rammang-Rammang yang banyak tumbuh pohon Nipa atau Rumbia dimanfaatkan warga lokal sebagai bahan pembuatan atap rumbia. Selain dari pembuatan Rumbia, penduduk sekitar juga bertani dan beternak.

Foto terbaik Rammang Rammang
Pemandangan rammang rammang yang terkesan lengkap. Jalan masuk ke kampung berua juga terdapat banyak empang yang isinya kebanykan ikan Nilai menambah indah suasana desa rammang rammang.

Pemandangan Langit
Rammang-rammang termasuk hutan Batu Kapur atau Karst terbesar ketiga di Dunia, Yang terbesar pertama Hutan Batu Tsingsy di Madagaskar dan yang kedua berada di China yakni hutan Batu Shilin. Sedangkan di Indonesia sendiri, Rammang Rammang terbesar di Indonesia.

Lokasi Lomba Foto Rammang Rammang
Karena keindahan alamnya dan asrinya, Rammang Rammang sering dijadikan lokasi hunting foto Landscape dan spot foto model dengan tema Alam. Untuk para fotografer berkunjung ke Rammang Rammang pada pagi hari sangat indah karena kabut yang menyelimuti.

Keadaan Desa Rammang Rammang
Kondisi desa yang betul betul asri membuat para pengunjung sampai lupa ketika menghabiskan waktu ke tempat ini. Letak Rammang Rammang yang berada di Pedesaan menambah indah kawasan ini. Jika anda berkunjung ke sana, akan ada banyak peliharaan seperti bebek yang berenang di sekitar empang yang sangat sesuai dengan kondisi alam yang ada di sana.

Sungai BAtu Pute
Sungai Pute' adalah gerbang pertama yang ditemui setelah masuk. Jalan masuk ke desa rammang rammang memiliki jalur yang sama untuk masuk ke pabrik semen Bosowa di Kabupaten Maros. Desan yang sudah mengalami moderenisasi karena adanya dukungan dari perusahaan besar setemapt yang memiliki misi ikut membangun desa.

lokasi rammang rammang

Sungai tersebut diapit oleh pohon-pohon nipa yang berada disisi kiri dan kanan.

Perahu melaju dengan perlahan menyusuri sungai yang kadangkala harus berkelok-kelok mengikuti jalur yang ada.
Pada awalnya Ramma-Rammang bukanlah sebuah tempat wisata, Perahu yang ada digunakan oleh masyarakat untuk lalu lalang dari desa Rammang-Rammang ke jalan utama karena jalur sungai jauh lebih dekat dan efektif dibandingkan dengan jalur darat. Namun seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, Informasi mengenai keindahan desa Rammang tersebar cepat di dunia maya dan berhasil menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Makassar.

Kurang lebih selama sepuluh menit menyusuri sungai, akhirnya tiba di Desa Berua.

Di beberapa bukit karst tersebut terdapat pula gua-gua yang belum banyak diketahui orang.
Dermaga Rammang-Rammang adalah salah satu akses yang dapat digunakan untuk menuju ke desa Rammang-Rammang. Selain digunakan oleh para wisatawan, Dermaga ini digunakan oleh penduduk desa sebagai sarana transportasi lokal. Dermaga dua adalah dermaga yang berada di dalam desa dermaga terkahir akan tetapi perjalanan dengan menggunakan perahu masih berlanjut.


Kebetulan untuk kunjungan kali ini sekaligus ingin menyaksikan festival kesenian yang akan dilangsungkan di Desa Berua yang ingin memperkenalkan kawasan karst rammang-rammang lebih luas lagi kepada calon wisatawan, Rammang Rammang Full Moon Festival, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Rammang Rammang


Loading...

No comments