Negara-Negara Tanpa Tentara Di Dunia


Negara-Negara Tanpa Tentara Di Dunia

Dzargon. Pada kondisi idel, sebuah negara memiliki 4 perangkat yang paling utama dan harus ada yakni kepala negara, rakyat, aparatur negara dan Tentara sebagai bentuk pertahanan sebuah negara. Tentara memiliki fungsi menjaga kedaulatan negara dan wilayah negara dari invasi negara lain namun ternyata terdapat beberapa negara yang tidak memiliki tentara. Kebanyakan dari negara tersebut menghapuskan militer dari negaranya karena tidak ada anggaran khusus untuk Militer

Militer dan tentara dari Negara

Vatikan
Vatikan masih tercatat sebagai negara terkecil di dunia, namun negara ini memiliki peran yang sangat penting di dunia terutama bagi umat katolik. Karena posisinya yang penting bagi dunia, Katolik dilindungi banyak kekuatan tentara mulai dari pasukan negara Garda Noble dan Palatine Garda namun Paus Pulus VI menghapuskan kedua kelompok tersebut pada tahun 1970.

Saat ini vatikan dilindungi oleh kekuatan Kepausan Swiss, selian itu ada Gendarmerie namun ini merupakan kekuatan sipil. Gedarmeria memiliki fungsi untuk menjaga ketertiban umum, lali lintas dan juga pengawasan perbatasan, selain itu Italia juga menyatakan bahwa negaranya siap mempertahankan negara yang terletak di dalam ibu kota Italia.

Kepulauan Solomon
Kepualuaan solomon adalah salah satu negara tanpa tentara yang terdiri dari ribuan pulau, padahal kondisi geografis yang terdiri dari ribuan pulau. Penghapusan Militer di solomon dilakukan pada tahun 1983 ketika Inggris menyatakan diri sebagai negara yang melindungi kepulauan Solomom.

Negara ini mengalami masa damai hingga tahun 1998, namun pasca 1998 sampai 2006 negara ini mengalami kegagalan pemerintahan dan terjadi kasus antar ernis sampai akhirnya Australia dan Selandia Baru memutuskan untuk turun tangan menangani keamanan pulau Solomon.

Andora
Andora adalah sebuah negara yang menjadi terkenal setelah menentang Jerman pada tahun 1914 yang pada saat itu Jerman adalah sebuah negara besar yang telah hampir menguasai Eropa dan Rusia. Hal yang paling unik adalah pada saat itu Andora hanya memiliki 10 orang tentara. Saat ini Andora memiliki 240 orang tentara yang memiliki fungsi menjaga ketertiban di Andora.

Andora menjalin kerja sama dengan beberapa negara-negara agar bersedia melindungi negara meraka saat ada proses Invasi terjadi. Saat ini terdapat dua negara yang paling tidak bertanggung jawab atas keamanan negara yang Prancis dan juga Spanyol. Nato juga memiliki perang penting untuk warga Andora.

Liechtenstein

Liechtenstein adalah sebuah negara yang telah menghapuskan kekuatan militernya pada  tahun 1868 ketika terjadi perang saudara antara Austro-Prusia. Penghapusan Militer dari Liechtenstein diambil karena biaya dan anggaran militer yang dianggap terlalu tinggi sehingga dihapuskan.

Dampak dari penghapusan Militer dair Liechtenstein mendapatkan penghapusan sanksi dari konfederasi Jerman dan sebagai dampaknya mereka harus menjaga stabilitas dan keamanan negaranya. Sampai saat ini tidak satupun negara yang telah mengajukan kerjasama perjanjian penjagaan keamanan negara ini jika saja terjadi invasi negara ini.

Nauru
Nauru adalah sebuah negara dengan luas kurang lebih 8,1 mil persegi dan berbentuk kepulauan.  Negara yang kecil dan penghasilan yang tidak menganggarkan kebutuhan khusus untuk Militer akhirnya menghilangkan aspek militer dari negaranya.

Karena tidak memiliki Militer akhirnya seluruh keamanan negara diambil oleh kepolisian Nauru. Pada kondisi tertentu ketika terjadi invasi atau destabilisasi keamanan, Australia menyatakan siap untuk membatu kebutuhan Militer sebagai pertahanan dasar Nauru. Salah bentuk bantuan Australia ketika di Invasi oleh Jerman pada bulan Desember 1940.

Kosta Rika
Kosta Rika memiliki alasan unik dalam penghapusan militer dari negaranya. Militer dihapuskan dari Kosta Rika setelah terjadi perang saudara dan akhirnya diputuskan kekuatan Militer Australia dihapuskan sejak tangga 1 Desember 1984 oleh Jose Ferrer Figueresakbita dari tewasnya warga sipil sebanyak 2.000 warga negaranya.

Dihapuskan militernya ditandai dengan penghancuran dinding Cuartel Bellavista yang menjadi markas dari tentara Kosta Rika. Saat ini Kosta Rika hanya memiliki benteng semi militer yang bernama Fuerza Publica yang bertanggung jawab untuk menaungi penegakan hukum, penjagaan perbatasan dan stabilisasi keamanan nasional
Loading...

0 Response to "Negara-Negara Tanpa Tentara Di Dunia"