Ide Go Green: Rancangan Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Kehidupan Sehari-hari akan Segera Terwujud



Ide Go Green: Rancangan Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Kehidupan Sehari-hari akan Segera Terwujud

Dzargon. Teknologi ramah lingkungan adalah impian kehidupan teknologi masa depan yang selalu dinanti-nanti. Teknologi Ramah Lingkungan dianggap sangat penting karena mampu untuk menopang kehidupan manusia tanpa menciptakan masalah yang merusak kehidupan manusia itu sendiri seperti polusi dan kehabisan sumber daya alam. Sebelum lebih jauh mengenai Rancangan Teknologi Ramah Lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang dimaksud Teknologi Ramah Lingkungan?

Secara hakikatnya Teknologi adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia melalui akal dan pengetahuan baik secara sadar maupun kebetulan yang digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Kebanyakan teknologi sekarang menciptakan sampah di akhir usia penggunaan teknologi yang digunakan sehingga menghasilkan pencemaran lingkungan yang berlebih.

Pada awal penciptaan teknologi asas kebutuhan adalah aspek yang paling,  sering kali asa kebutuhan ini mengacukan asas yang lain seperti lingkungan hidup dan ketersediaan sumber energi dari teknologi. Saat ini perkembangan teknologi sudah diusahakan untuk menopang hidup manusia secara keseluruhan sehingga tidak merusak lingkungan yang juga menopang kehidupan manusia.

Teknologi ramah lingkungan dianggap sebagai teknologi yang menggunakan energi baru dan terbarukan, tidak menyebabkan polusi berlebih dan tidak mengeksplorasi sumber daya alam yang mencemari lingkungan.

Mengapa Teknologi Ramah lingkungan Tidak menjadi Primadona perkembangan teknologi?

Berdasarkan manfaat dan dampaknya, teknologi ramah lingkungan sangat baik namun perkembangan justru kalah cepat dengan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Pengubahan energi pada teknolgi yang tidak ramah lingkungan lebih mudah dikontrol dan menghasilkan reaksi yang cepat mengakibatkan perkembangan industri yang lebih cenderung ke teknologi non ramah lingkungan. 

Berikut ini beberapa contoh teknologi ramah lingkungan yang dikembangkan dalam waktu dekat, di kutip dari sumber kaskus.co.id.

1) Arboco Melbourne

Arboco Melbourne adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk memindahkan pohon yang sudah dalam usia dewasa sehingga tidak perlu menunggu lama agar pohon yang di inginkan tumbuh. Sangat rasional jika menganggap bahwa pohon dewasa lebih ramah lingkungan daripada pohon kecil mengingat daya serat terhadap karbon yang lebih banyak.

Cara memindahkan pohon besar

Teknologi ini dianggap sangat ramah lingkungan dengan ide yang sangat sederhana namun sangat bermanfaat. Jika sebuah pohon di sebuah taman salah dalam posisi penanaman atau sudah tidak sesuai dengan desain dari taman, menebang pohon akan menghilangkan sumber oksigen dan penyerap oksigen begitu saja. Sebuah perusahaan milik ArborCo yang bergerak di bidang perawatan tanaman menggunakan sebuah kontainer untuk mencabut pohon dengan kedalaman yang cukup mencabut akar agar bisa hidup labih ketika dipindahkan.

2) Electree

Meniru keistimewaan pohon yang mengubah energi matahari menjadi energi yang lebih bermanfaat bagi manusia. Electree adalah sebuah produk yang dikembangkan menyerupai pohon bonsai dengan ketinggian 40 cm berdaun 27 daun sel surya berfungsi untuk menyerap foton dari matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang mampu untuk mengisi ulang baterai smartpone. Bentuk yang menyerupai pohon memberikan gambaran bahwa teknologi sebenarnya mampu bersinergi dengan alam selama dirancang dengan baik. Teknologi dijual dengan banderol sekitar 460 $.

3) Vax Ex

Vax Ex adalah sebuah vacuum cleaner atau penghisap debu. Sebuah keistimewaan dari Vacuum cleaner. Jack Tailor merupakan seorang mahasiswa dari Inggris yang mengembangkan teknologi dari kardus karena sisa produk dapat dikelola lebih mudah sehingga menghasilkan produk yang tepat guna.
Pengisap debu

4) i-Zen

iZen adalah sebuah teknologi keyboard yang dikembangkan dari bahan Bambu. Teknologi sangat jauh berbeda dengan dengan keyboard zaman sekarang yang terbuat dari polymer sintetis. Hal yang menarik dari keyboard ini menggunakan huruf yang dipahat manual alias handmade. Karena pembuatannya yang sangat sulit keyboard lebih cocok disebut karya seni dibandingkan dengan fungsinya sebagai alat ketik.

Teknologi ketboard super canggih

Bahan batang bambu yang digunakan juga termasuk bagian dari bahan rama lingkungan, karena bambu adalah salah satu tanaman yang membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk tumbuh kembali. Dalam waktu satu tahun bambu bisa hingga puluhan batang dari satu rumpun saja, salin hal itu, bambu yang merupakan polimer alami akan lebih cepat terurai ketika produk ini tidak lagi digunakan.

5) Recompute

Recompute seolah seperti menjiplak teknologi yang Vee Ex yang menggunakan kardus sebagai chasing. Chasing yang digunakan dari kardus namun dibutuhkan ketelitian karena sifat kardus yang tidka tahan panas dan menyimpan panas di dalam ruangan CPU sehingga CPU mudah panas. Desain dengan banyak lubang sebagai ventilasi udara adalah kunci dari Recompute agar panas dapat keluar dengan cepat dan tidak tertampung pada bagian dalam komputer.

Kompoter dan CPU dari KArdus

6) Jam Bedol

Jika kebanyakan jam menggunakan teknologi baterai sebagai sumber energi, Jam Bedol adalah jam Unik. Jam Bedol menggunakan teknologi mutakhir yang yang mampu memanfaatkan energi Ion dari Air sebagai sumber energi. Jam ini hanya diisi dengan Air sebanyak 4 ons yang kemudian digunakan sebagai sumber energi. Untuk masalah mengingatkan waktu ketika sang pemilik lupa mengisi air, Jam bedol dilengkapi dengan teknologi memori yang mengembalikan posisi waktu seusia dengan waktu yang telah berjalan.

Jam tanpa baterai

Loading...

No comments