Tips dan Cara Mudah Merawat Kelinci Berbulu Panjang


Tips dan Cara Mudah Memelihara Kelinci Berbulu Panjang

Dzargon. Sebagai salah satu hewan peliharaan, kelinci sudah memiliki berbagai jenis ras dan jenis yang sangat beragam. Salah satu jenis yang paling disenangi adalah variatis kelinci Anggora yang berbulu tebal. Kelinci berbulu tebal tentunya memiliki tingkat perawatan yang berbeda dengan kelinci berbulu pendek. Nah berikut empat langkah mudah dalam memelihara kelinci di rumah.

Jaga Kebersihan Kandang dari Lembab
Kandang kelinci peliharaan adalah tempat di mana kelinci akan menghabiskan waktunya selama hidup.  Berbeda dengan kelinci peliharaan untuk pedaging, kandang kelinci Anggora biasanya diletakkan dekat dengan jangkauan anak-anak. Kebersihan kandang kelinci akan menjaga kesehatan kulit kelinci. Bersihkanlah kandang kelinci secara rutin dan jangan lupa untuk menjemur kandang terlebih dahulu sebelum digunakan kembali oleh Kelinci kesayangan anda.
 
Kelinci Anggora


Sisir Bulu Kelinci secara rutin
Hampir sama dengan kucing Anggora, bulu kelinci harus rutin mendapatkan perawatan, paling tidak sisirlah bulu kelinci agar tidak mudah gimbal. Berhati-hatilah dalam menyisir kelinci karena kelinci sangat sensitif. Beberapa tips mengatakan bahwa mengajak kelinci bicara dapat mengurangi jumlah stress ketika kelinci di sisir. Mungkin kelinci tidak memiliki pendengaran yang bisa memahami perkataan manusia, namun dengan mengajak kelinci berbicara ketika di sisir dapat menurunkan tekanan si pesisir sehingga mengurangi rasa sakit yang didapatkan oleh kelinci anda.

Blow Up
Blow up adalah meniup bulu kelinci dengan blower atau hair dryer. Hal ini bertujuan untuk menghindari bulu kelinci menjadi gimbal. Blow up juga membantu dalam mematikan berbagai jenis serangga pada tubuh kelinci anda seperti Kutu. Lakukan Blow Up pada kelinci disertai dengan pemberian bedak pada kelinci anda.

Mandikan Kelinci Atau Grooming Kelinci
Berbeda dengan kucing, Kelinci tidak perlu mandi serutin kucing mandi. Mandikanlah kelinci seklai dalam sebulan atau dua bulan. Gunakan sampo khusus kelinci namun jika sulit menemukan, menggunakan shampo kucing juga tidak menjadi masalah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan memberi nutrisi pada bulu kelinci secara langsung.

Pastikan teman main kelinci anda.
Kebanyakan kutu dan penyakit berpindah setelah hewan peliharaan anda, seperti kelinci berinteraksi dengan hewan peliharaan lainnya. Pastikan kontak dengan hewan yang sehat dan terbebas dari kutu untuk menjaga dan mengurangi resiko penyakit dan serangga menular pada kelinci anda.


Demikianlah tips dan cara sederhana merawat dan memelihara kelinci di rumah.
Loading...

0 Response to "Tips dan Cara Mudah Merawat Kelinci Berbulu Panjang"