Header Ads

Fakta unik tentang Kelinci yang anda pelihara di rumah

Fakta unik tentang Kelinci yang anda pelihara di rumah

Dzargon. Akhir-akhir banyak orang yang senang untuk memelihara kelinci di rumah. Hewan ternak ini kemudian naik daun menjadi hewan peliharaan yang sangat lucu dan menjadi teman bermain. Selain karena berbulu tebal, kelinci juga dapat dijinakkan dan menjadi hewan peliharaan yang baik. Namun tahukah anda mengenai beberapa fakta menarik yang jarang diketahui orang mengenai kelinci.

Kelinci bukanlah Pengerat,- Meskipun kelinci memiliki gigi-gigi sangat identik dengan dengan tikus dan mengeratk makanan yang diberikan, namun kelinci bukan binatang pengerat seperti tikus, melainkan berasal dari ordo Lagomorpha yang sangat identik dengan ordo Rodensia (hewan Pengerat).

Memelihara kelinci dirumah

Gigi Kelinci terus tumbuh,- Kelinci merupakan binatang unik dimana giginya terus tumbuh dan memanjang, sehingga jika giginya tidak tanggal, gigi kelinci bisa menjulur keluar menyerupai kuku. Menurut para ilmuwan tekanan yang diberikan oleh gigi kelinci ke wortel cukup kuat untuk memutuskan jari tangan manusia.

gigi kelinci

Spesies Kelinci,- Ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi sekitar 45 jenis dari kelinci yang ada di dunia. Kebanyakan dari jenis-jenis kelinci adalah hasil persilangan yang bertujuan untuk menghasilkan daging dalam waktu cepat. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan peternakan kelinci yang hampir rata di seluruh dunia.

Usia Kelinci bisa mencapai 10 tahun,- Pada beberapa jenis kelinci yang dipelihara di rumah dengan baik, tertutama menjaga kualitas pakan dan penyakit, kelinci mampu bertahan hingga usia 10 tahun, hal ini juga mendukung kelinci menjadi teman hidup yang baik dari segi usia.
Usia Kelinci bisa mencapai 10 tahun


Kelinci Mampu Meniru kucing,- Kelinci dikenal dengan bulu tebal dan diidentikkan dengan kucing. Namun tahukah anda bahwa tidak hanya bulu saja yang mampu di tiru oleh kelinci tapi juga suara kucing dapat ditirukan oleh kelinci.
memelihara Kelinci Mampu Meniru kucing

Kelinci tidak bisa muntah,- Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang tidak bisa muntah, inilah sebabnya kelinci dijadikan sebagai bahan eksperimen di laboratorium karena seluruh zat kimia yang diberikan akan masuk ke dalam tubuh si kelinci tanpa perlu khawatir dimuntahkan. Selain kelinci tikus juga binatang yang tidak bisa muntah.
memelihara Kelinci percobaan di rumah


Kelinci butuh pakan jerami,- Seperti layaknya kucing, kelinci juga menjilati bulunya dan menelanya, namun jika kucing dalam periode tertentu akan memuntahkan bulu yang mereka jilati, kelinci tidak mampu sehingga kelinci membutuhkan jerami yang berserat tinggi. Jerami akan membantu mencegah bulu di dalam perut membetuk bola sehingga bisa keluar dalam bentuk kotoran.

Kelinci menyusui anaknya,- Mungkin ini adalah ilmu dasar bahwa kelinci adalah mamalia, namun kebanyakan orang awam yang memelihara kelinci di rumah tidak mengetahui kalau kelinci merupakan binatang menyusui. Namun uniknya, kelinci hanya menyusui anaknya selama 5 menit dalam sehari.
Susu kelinci yang dipelihara di rumah

Pupuk Kandang Kotoran Kelinci,- Kotoran kelinci yang berbentuk bulat ternyata subur dan sangat baik baik untuk dijadikan sebagai pupuk kandang. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan kotoran kelinci memiliki kandungan zat hara yang sangat baik untuk pertanian.
Memelihara anak kelinci dirumah

Daging Kelinci,- Meskipun kelinci berdarah merah, namun daging kelinci tidak berwarna seperti sapi, Daging kelinci sama seperti ayam yang warnanya keputih-putihan. Daging kelinci yang tidak berwarna merah ini mengandung kolesterol yang rendha sehingga baik untuk dikomsumsi.
Daging Kelinci rendah kolesterol

No comments