Header Ads

Tips unik dalam Mengambil Gambar Landscape dengan Lensa Wide

Tips unik dalam Mengambil Gambar Landscape dengan Lensa Wide atau Lensa Lebar

Dzargon. Mengambil gambar dengan menggunakan lensa lebar mungkin bisa menjadi lebih sulit daripada yang dibayangkan, banyak cara melihat dunia melalui fotografi, namun, jangan sampai salah kaprah dengan penggunaan lensa wide. Lensa wide tidak serta merta digunakan untuk mengambil pemandangan Lanscape saja tetapi juga dengan juga untuk sudut sempit, oleh karena itu saya ingin berbagai beberapa tips mengenai Lensa Wide.

Kebanyakan pengguna lensa wide menggunakan lensanya untuk mengambil gambar landscape dan beberapa diantaranya juga menggunakan lensa wide untuk arcithectur atau bangunan. Lensa wide akan menunjukkan hasil yang lebih unik dibandingkan dengan lensa jenis lain untuk kategori fotografi lansdcape.

Salah satu keunikan lensa wide ada lah sudut pengambilan yang unik atau biasa disebut dengan istilah wide-angle. Kita mengambil patokan kamera dengan ukuran sensor penuh (35 mm). Lensa wide dimasukkan pada kategori lensa dengan focal length lebih kecil dari 35 mm. Namun untuk lensa crop fcator, lensa bisa dikatakan wide apabila memiliki panjang focal kurang dari 28 mm. Nah berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam menggunakan lensa wide.

Hindari Distrosi.

Tips yang satu sangat berlaku untuk foto pemandangan. Salah satu kekurangan lensa wide adalah munculnya distorsi yakni menyebabkan garis pada foto melengkung. Distorsi akan membuat tiang bendera menjadi melengkung dan horison pada foto anda ikut melengkung. Meskipun beberapa orang menyukainya namun pada umunya foto ini akan mengganggu pemandangan. Namun anda tidak perlu khawatir, untuk menghilangkan distorsi bisa dilakukan setelah pengambilan gambar atau pasca pengambilan foto.
10 Tips unik dalam Mengambil Gambar Landscape dengan Lensa Wide

Gunakan Distorsi

Jika pada tips di atas saya menyarankan untuk menghindari distorsi, pada tips ini saya menyarankan untuk menggunakan distorsi sebagai unsur unik dalam foto anda. Namun tips ini sebaiknya digunakan pada foto dengan tema banguan atau arsitektur. Penegasan garis pada foto building biasanya terkesan monoton, sehingga foto yang dihasilkan biasa-biasa saja. Gunakan lensa wide untuk memunculkan distorsi pada gambar sehingga gambar bangunan yang diambil terkesan unik.

Foto unik dengan gambar yang garis melengkung dan distorsih


Foregroung yang Menarik.

Kebanyakan lensa wide digunakan untuk mengambil gambar landscape yang menggabungkan unsur daratan (foreground) dan  langit. Beberapa fotografi pemula yang menyukai bentuk langit, hanya memeprhatikan unsur langit, namun sesungguhnya, Forground adalah penentu unik atau tidaknya foto. Bahkan untuk fotografi milky way yang menggunakan objek langit sebagai objek utamanya, peran foreground tetap menjadi penting.

Foreground pada landscaoe milky way

 

Objek Langit yang Indah

Objek di langit juga bisa mempercantik foto anda dengan menjaga langit tetap indah. Objek langit dengan tingkat kecerahan dua exposure di atas objek darat akan membuat lebih mudah gambar anda over exposure. Jika langit dijadikan patokan exposure akan membuat foreground anda under exposure. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan Gradient Natural Filter. Selain itu menggunakan ature 1/3 atau 2/3 bagian dari frame adalah aturan umum untuk menjaga langit tetap indah.
Cara Mengambil gambar Long Expsore

No comments