Header Ads

Makanan dan Pakan yang Baik untuk kelinci

Makanan dan Pakan yang Baik untuk kelinci

Dzargon. Pemberian pakan adalah syarat mutlak dalam memelihara hewan peliharaan baik hias maupun untuk pedaging. Seperti pada artikel saya sebelumnya mengenai tata cara merawat kelinci hias di rumah, pada artikel saya ingin berbagi mengenai pakan yang baik untuk kelinci hias agar tetap sehat.

Pada kondisi alam liar atau di alam bebas, kelinci bisa mencari makanan sendiri untuk dirinya sendiri maupun untuk anaknya. Hal ini karena di alam bebas kelinci dapat berkeliaran pada tanah yang luas dan berpindah ke tempat yang memiliki lebih banyak makanan. Namun pada kondisi pemeliharaan kelinci, meskipun anda memelihara kelinci pada lahan terbuka tetap saja tidak akan mencukupi pakan standar yang membuat kelinci bisa tumbuh sehat.
Makanan utama kelinci di alam bebas adalah rumput-rumput hijau dan juga hay atau rumput kering biasanya berasal dari gandum ataupun padi. Beberapa rumput yang ditanam di rumah biasanya diberi pestisida atau paling tidak zat kimia berupa pupuk untuk menumbuhkan tanaman dengan cepat, namun rumput seperti ini tidak akan cocok dengan kelinci. Pada proses memelihara kelinci, kelinci harus mendapatkan makanan hijau yang segar dan bebas dari bahan kimia yang mungkin merusak tubuh kelinci.

Cara merawat dan memberi makan kelinci
Kelinci memakan daun Hijau

Jenis Makanan berupa Sayur yang baik untuk Kelinci

Untuk pemberian pakan kelinci sebaiknya diselingi tidak dengan dengan pakan satu jenis. Pakan atau makan satu jenis akan membuat kelinci kehilangan nafsu makan dan juga akan berakibat pada kecanduan jenis makanan tertentu, sehingga tidak terbiasa untuk memakan makanan kelinci lain. Berikut ini beberapa jenis sayur yang baik untuk diberikan pada saat memelihara dan merawat Kelinci.
  • Brokoli
  • Selada air
  • wortel 
  • Daun Lobak
  • Daun Kubis
  • daun paprika
  • Kangkung
Namun dengan demikian pemberian sayuran dalam jumlah banyak juga berdampak buruk bagi sistem dan kesehatan pencernaan kelinci. Pada sistem pencernaan kelinci yang tidak memiliki lambung, menyebabkan gangguan gas berlebih yang datang dari sayuran jika diberikan secara berlebih, meskipun kelinci memang sangat menyukai sayuran terutama kangkung dan wortel. 

Solusinya adalah memberikan pakan alami kelinci yang sesuai dengan dengan sistem pencernaan kelinci. Pakan alami yang cocok bagi kesehatan kelinci adalah Rumput. Kandungan serat dan kadar gas yang diproduksi rumput jauh lebih sehat untuk kelinci meskipun kelinci tidak begitu menyukai rumput namun sebagai catatan hal yang disukai belum tentu baik. Hal ini juga berlaku pada kelinci, ajari kelinci anda untuk makan rumput agar kelinci hias anda bisa bertahan lebih lama. (baca Juga: Panduan Lengkap Pemberian Pakan Untuk Kelinci)

Jenis Makanan berupa Sayur yang tidak baik untuk Kelinci.

Meskipun sayur memiliki kandungan serat tinggi dan hampir semuanya sehat untuk manusia, namun terdapat beberapa jenis sayur yang tidak sesuai dengan pencernaan kelinci. Oleh karena pemberian pakan ini sebisa mungkin di hindari agar tidak mengganggu kesehatan dari kelinci hias.

  • Kol
  • Kacanng-kacangan
  • Daun Tomat
  • Terong
  • Rebung
  • Bayang
cara memberi makan untuk kelinci hias
Kubis tidak cocok untuk Kelinci kecuali daun kubis.