Tips dan Tata Cara Berkebun Di Lahan Sempit dengan Media Botol Bekas


Tips dan Tata Cara Berkebun Di Lahan Sempit dengan Media Botol Bekas

Dzargon. Berkebun di lahan sempit adalah salah satu bentuk seni menanam yang membutuhkan perhatian khusus. Perhatian khusus dalam hal ini bukan berarti susah untuk dilakukan, hanya saja dibutuhkan seni dalam menanam tanaman. Jika dilakukan dengan pelan-pelan dan sesuai dengan prosedur tanaman yang ditanam akan besar dan berbuah.
Tanaman Hidroponik

Pengertian Hidroponik
Hidroponik adalah salah satu teknik menanam dengan menggunakan media air sebagai pembawa nutrisi, akan tetapi bukan berarti tanaman langsung diletakkan di atas air. Hidroponik berarti tanaman mendapat nustrisi makanan melalui air. Gampangnya, hidroponik berarti meletakkan akar tanaman yang merupakan pintu masuk nutrisi ke tumbuhan. Namun meletakkan akar begitu saja ke dalam air akan membuat akar tanaman membusuk. Batang dari beberapa tanaman sangat rentang dengan air.

Hidroponik tidak berarti tidak menggunakan tanah sama sekali atau seratus persen media tanaman menggunakan air. Dibutuhkan beberapa teknik tertentu agar akar tanaman dapat terhubung dengan air yang mengandung banyak nutrisi tanpa harus menenggelamkan batang tanaman ke dalam air. Dalam hal ini beberapa alternatif tetap menggunakan media tanah, batu, kapas atau sejenisnya agar batang tanaman tetap berada di luar permukaan air. Berdasarkan penjelasan ini pula beberapa jenis tanaman tidak dapat ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik, seperti ubi rambat, wortel dan kentang. Meski demikian, hidroponik tetap bisa digunakan sebagai media pembibitan tanaman tersebut.

Keuntungan Teknik Hidroponik.
Pemukiman di dalam kota yang sangat padat penduduk dengan karakter betook dan aspal hampir disetiap titik di kota akan menyulitkan para pecinta tanaman dapat berkebun. Kendati terdapat beberapa lahan kosong yang dapat digunakan untuk menanam tanaman, tanah di tengah kota sudah tidak subur karena sudah tidak memiliki sistem dan ekosistem yang baik. Tidaknya ada siklus yang memungkinkan daun dari pohon besar membentuk kompos dan diurai oleh cacing. Keberadaan pohon besar yang dapat menyimpan cadangan air dan memperbesar pori-pori tanah akan membuat tanaman kekurangan air.

Ide Go green di rumah

Sistem Hidroponik tidak membutuhkan lahan luas untuk membuat tanaman tumbuh dengan subur. Beberapa ide hidroponik dapat digunakan untuk menanam dengan area luas 2 m x 2 m. Sistem tanam hidroponik juga tidak menuntut tanaman harus melekat pada tanah, jadi penanaman tanaman dapat dilakukan pada teras rumah di lantai dua, jika halaman anda cukup sempit untuk memberi ruang tanaman hijau.

Faktor utama untuk dapat berkebun dengan menggunakan teknik hidroponik adalah dengan cara mempersiapkan alat dan bahan yang cukup, telaten dalam bercocok tanam dan mengerti karakter tanaman yang akan di tanam. Tidak perlu khawatir Karena ketiganya tidak membutuhkan keterampilan mahir. Mengikuti petunjuk dari artikel ini sudha cukup baik untuk membuat tanaman anda tumbuh subur.

Ide Menanam Hidroponik

Hidroponik media Botol Minuman Bekas.
Hidroponik media botol bekas yang dapat dikatakan adalah sistem hidroponik yang paling murah meriah. Selain membutuhkan modal kecil, keberadaan botol bekas juga merusak lingkungan jadi bisa diartikan media ini turut menjaga kelestarian lingkungan. Dibutukan kreatifitas kecil dalam menggunakan media botol berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk menanam dengan menggunakan Hidroponik media botol bekas.

Alat dan Bahan Media Botol
  • Cutter
  • Paku
  • Botol air kemasan 1,5 liter
  • Tanah
  • Tanah
  • Pupuk Urea
  • Kain flannel atau kapas.
Ide utama dari menanam hidroponik media botol adalah menggunakan botol sebagai media tanam. Dalam hal ini berlaku sebagai pot tanaman. Membuat pot konvensional dari botol tanaman bukanlah idenya, karena hal itu bukanlah hidroponik melainkan pot konvensional. Namun demikian tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sebagai bahan tanaman Hidroponik. Tanaman yang disarankan adalah tanaman dengan usia panen pendek seperti satu sampai dua bulan kemudian diganti lagi dengan tanaman jenis baru. Contoh tanaman seperti Sawi, Selederi, Selada, Bayam, Kangkung, Brokoli bahkan sampai Kol atau kubis.
Seluruh bagian botol akan digunakan dalam sistem tanam ini. Langkah pertama adalah dengan cara memotong botol menjadi dua bagian dengan menggunakan cutter. Lubangi tutup botol dengan paku beberapa lubang agar air bisa masuk melalui lubang yang diberikan. Biarkan tutup botol tetap melekat pada botol kemudian isi tutup botol dengan kapas setinggi tutup botol. Masukkan sejumlah besar tanah kebagian atas botol yang sudah dibalik hingga terisi penuh. Bagian bawah dari botol akan menjadi wadah penampung air agar tanaman tetap mendapatkan kebutuhannya dari air yang disediakan.

menanam dengan sawi di kebun sempit

Teknik ini akan memudahkan dalam hal pemupukan. Nutrisi dari tanah yang seukuran botol tentunya tidak akan mencukupi tanaman sampai berbuah. Dalam keadaan ini air berfungsi sebagai pemberi nutrisi. Menyatukan bagian atas dan bagian bawa botol hingga rapat ke dasar botol akan memudahkan akar tanaman yang ada di atas untuk mendapatkan nutrisi dari tanah.

Sistem Pemberian pupuk adalah bagian penting pada saat menanam dengan menggunakan teknik Hirdoponik. Pemberian bisa dilakukan dengan memberikan pupuk buatan atau dengan mencampur air dengan air yang mengandung kompos. Pemberian pupuk dengan menggunakan pupuk buatan seperti urea harus dengan menggunakan saran dan petunjuk lebih lanjut sebab pupuk urea akan bersifat racun ketika diberikan dalam jumlah banyak dan bisa menyebabkan tanaman menjadi kekuning-kuningan sebelum akhirnya mati.

Menanam dengan cara mudah dengan media pipa
Loading...

0 Response to "Tips dan Tata Cara Berkebun Di Lahan Sempit dengan Media Botol Bekas"