Jenis Jenis Tanaman Sayur untuk Berkebun Di lahan Sempit


Tips dan Cara Menanam sayur pada lahan di halaman rumah atau dengan media Botol

Dzargon. Berkebun adalah sebuah kegiatan yang tentunya menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan tetapi berkebun juga akan lebih bermanfaat dibanding mengisi waktu senggang dengan tidak melakukan apa-apa atau hanya sekadar ngerumpi bersama tetangga. Manfaat lainnya adalah tersedianya sayuran segar setiap harinya, jauh dari lebih segar dibandingkan dengan sayuran yang dijual di pasar.

Saat ini hobi berkebun tidak hanya dapat dilakukan oleh orang orang desa, tetapi juga orang kota dengan kondisi lahan yang sempit. Kondisi lahan yang sempit tentunya bukan halangan untuk menyalurkan hobi berkebun. Sekarang sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat berkebun di rumah dengan luas lahan yang seadanya.

Dalam melakukan kegiatan berkebun pada lahan sempit seperti di kebun belakang rumah, tentunya ada beberapa aturan yang harus diketahui. Ada beberapa aturan yang dilakukan oleh tukang kebun secara umum tidak bisa kita lakukan di belakang rumah. sebut saja menyemprot pestisida. Penyemprotan pestisida tentunya akan berbahaya bagi pemilik kebun, binatang peliharaan dan terhadap tetangga. Penyemprotan pestisida akan mengakibatkan keracunan bahkan pada tahap akut akan menyebabkan kematian. oleh karena itu penyemprotan pestisida harus sebisa mungkin dihindari.

Tanaman dalam kebun pada lahan sempitnya tentunya berbeda dengan tanaman pada lahan besar. tidak semua jenis tanaman pada lahan besar dapat ditanam pada kebun dengan lahan sempit. Biasa jenis tanaman yang baik ditanam pada lahan sempit adalah jenis tanaman yang dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik. Tidak semua jenis tanaman kecil dapat ditanam di kebun, ada beberapa jenis tanaman yang biasanya membutuhkan syarat tumbuh yang banyak seperti suhu dan kelembaban udara. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang saya rekomendasi-kan untuk ditanam pada kebun yang sempit.

Jenis Tanaman Sayur pada Lahan Sempit

Terong,- Terong adalah sayuran hijau panjang yang juga dapat ditanam di lahan sempit. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menanam terong adalah tanaman ini membutuhkan banyak air namun harus menghindarkan akarnya dari genangan air. Terong dapat dinikmati dengan langsung menggoreng-nya, membakar atau merebusnya dengan sayuran lain.


Cara menanam sayuran di lahan sempit

Cabe,- Siapa yang tak kenal cabai? cabe bisa adalah bumbu dapat yang dapat menemani hampir segala jenis makanan, tanaman ini cocok ditanam pada media pot dengan ukuran minimum 5 liter. Meskipun dapat tumbuh dengan media pot yang lebih kecil akan tetapi buah cabe tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Bibit tanaman ini juga sangat mudah dijumpai. Cukup dengan dengan membeli cabe di pasar atau bisa membeli bibi tanaman tanaman langsung pada toko tani dengan ukuran sedikit lebih banyak dari kebutuhan. Baca juga : Cara Membuat tanaman cabai berbuah lebat dalam pot

 Budidaya cabai dalam pot

Sawi,- Selain cabe ada lagi satu jenis sayur yang juga bisa menemani hampir segala jenis masakan sayur, yakni sawi. Sawi adalah sayur multi fungsi dengan berbagai campuran bergizi di dalamnya. Untuk menikmati sawi dapat dilakukan dengan ditumis, dicampur dengan mie instan atau dimasak bening. Menanam sawi cukup mudah, tidak seperti tanaman lainnya sawi membutuhkan jumlah air yang banyak. Tanaman Sawi dapat disiram pagi dan sore hari.

ide menanam tanaman

Kangkung,- Lidah Indonesia pasti mengetahui sayuran jenis ini. Kangkung sangat banyak dijumpai di Indonesia, Mulai dari di sawah, sampai setiap tempat yang memiliki genangan air. Kangkung terdapat dua jenis, yang pertama adalah kangkung darat, atau kangkung cabut. Bibit tanaman kangkung cabut dapat di beli di toko tani dengan harga 15000 sampai dengan 20000 rupiah perkilo. Tanaman kangkung cabut yang sudah tumbuh dapat juga ditanam pada media air. Menanam kangkung air juga mudah, hanya dengan membuang beberapa batang kangkung jenis apa saja ke tanah yang agak berair sekitar 5 cm, tanaman kangkung akan tumbuh subur.

Menanam kangkung hijau

Bayam,- Masih ingat Popeye? Bayam sangat kaya akan zat besi yang membantu menambah darah. Menanam bayam juga sangat mudah, hanya dengan menabur bibit di atas permukaan tanah atau pot, kemudian menyiram setiap hari. Waktu umur panen bayam sangat cepat, hanya berkisar 10 sampai 14 hari, bayam segar hasil kebun sudah dapat dinikmati. Hanya saja tanaman bayam harus segera di panen karena bayang dengan usia sudah lebih 20 hari akan terasa pahit dan memiliki sedikit duri.
Menanam tanaman hijau di rumah


Tomat,- tanaman yang satu sering menemani cabai rawit. menanam tomat sama halnya dengan menanam cabai rawit. bisa ditanam menggunakan media tanam pot. akan tetapi sedikit berbeda dengan Cabai, tanaman tomat mudah terserang penyakit dan juga sangat rentang terhadap kelembaban tinggi. Tomat membutuhkan jumlah air yang banyak, tetapi juga tidak boleh sampai kekeringan.
menanam sayur dengan sehat

Selderi,- Seledri adalah teman terbaik masakan Indonesia selain daun bawang dan bawang goreng. Tanaman seledri juga tidak membutuhkan media tanam yang luas. cukup dikembangkan dalam pot selain memiliki rasa yang khas, Seledri bisa menjadi hiasan yang unik di teras rumah anda. Tanaman ini tidak mengambil banyak temapt sehingga bisa diletakkan dimana saja anda mau tanpa merusak pemandangan.

Menanam seledri

Selada,- Selada adalah sayuran yang bisa ditanam pada lahan sempit. Sayuran ini banyak digunakan sebagai isi dari roti burger, bahan pembuat salad sayur dan pemanis atau garnice. Selada salah satu sayur favorit karena langsung dapat dimakan tanpa diolah terlebih dahulu namun tetap harus di cuci. Tanaman ini termasuk dalam jenis Lactuca atau Lactuca sativa yang pada domestikasinya digunakan sebagai obat. Selada dapat ditanam pada media pot dengan pengairan yang terjaga, karena tanaman ini membutuhkan kelembaban tinggi namun tidak pada akarnya. Ide yang paling baik untuk menanam selada dengan cara menanam selada menggunakan media botol.

cara merawat Tanaman Sayur selada di dalam pot danlahan sempit


Setelah menanam tanaman tersebut jangan lupa menyiram dengan rutin. Pengaburan tanah juga harus rutin dilakukan misalnya sekali seminggu saja sudah cukup. cukup menggemburkan tanah di sekitar akar tanam, sedangkan untuk tanaman bayam gemburkan sekali saja pada sebelum menaruh bibit tanaman pada pot. Pemberian pupuk juga sangat perlu untuk mempercepat daya tumbuh tanaman. Pupuk yang digunakan boleh pupuk urea, tapi berikan sedikit saja. pupuk yang sangat saya sarankan adalah pupuk kandang atau sedikit campuran arang dan apu pembakaran sangat membantu tanaman tumbuh besar, selamat Berkebun.

Cara Menanam Sayur dengan Menggunakan Media POT

Langkah pertama dalam menanam sayur dengan menggunkaan menida adalah menyiapkan alat dan bahan seperti berikut:
  1. Sekop kecil
  2. Pot ukuran 3-5 liter
  3. Tanah berhumus
  4. Pupuk kompos atau arang
  5. Pupuk Gandasil (Tambahan dan boleh tidak digunakan)
  6. Bibit tananam
Setelah alat dan bahan siap, langkah berikutnya adalah menabur benih pada sebuah lahan ukuran 1 x 1 meter dan tunggu sampai tumbuh paling tidka adlaah lebih dari 5 lembar daun dari bibit yng suah keluar.

Buat adonan tanah dengan kompos dengan takaran 3 : 2 yakni 3 bagian untuk tanah dan 2 bagian untuk kompus asuk sampai rata. Jika menggunakan arang arangnya ditimbun pada bagian bawah pot.

Masukkan tanah ke dalam pot hingga penuh namun jangan ditekan agar tanah tidak menjadi padat. Tanah dalm pot tidak perlu disiram dengan air karena hal ini juga bia membuat tanah menjadi padat.

Buat lubang dengan menggunakan bambu dengan ukuran sesaui dengan bibit tanaman, usahakan seluruh akar dari bibit tanaman tertimbun namun hindari menimbun pucuk. Setelah dipindahkan sebaihkanya tanaman diteduhkan dari sinar matahari langsung paling tidak selama 2 hari.Pada masa tanama disiram dengan sedikit air jangan sampai becek.

Setelah dua atau tida hari atau sayuran sudah menunjukkan pertumbuhan pucuk baru, tanaman sebaiknya dibiarkan terpapar sinar matahari langsung. Proses penyiraman air pada kondisi dilakukan dua kali sehai yakni pagi dan sore hari.

Jika usia tanaman siap panen paling tidak 3 minggu seperti Selada dan Sawi lakukan penggemburan tanah paling tidak 1 minggu sekali. Setelh proses ini sayur dapat dipupuk dengan gandasil, namun jika gandasil sulit ditemukan, Nutrisi dari pupuk kandang pada bagian awal tanaman cukup sampai tanaman di panen.
Loading...

2 Responses to "Jenis Jenis Tanaman Sayur untuk Berkebun Di lahan Sempit"

melda ningsi hutagalung said...

Wah terima kasih infonya,.. meanrik untuk dikunjungi

paharfisuny said...
This comment has been removed by a blog administrator.