Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Air Putih


Manfaat air putih bagi tubuh manusia


dzargon.blogspot.com. Tidak ada yang bisa memungkiri kebutuhan tubuh manusia akan air. Air putih menyusun lebih dari 70 persen tubuh manusia. Fungsi air putih bagi tubuh manusia sangatlah vital. Air putih Berperan dalam mengjaga keseahatan tubuh manusaia, memperlancar pencernaan, mengeluarkan zat sisa, memproduksi air ludah, mempertahan suhu badan, proses sirkulasi dan masih banyak lagi manfaatnya terhadap tubuh manusia.

Kekurangan asupan air putih akan berpengaruh bagi kesahatan tubuh manusai dan juga mempengaruhi segala sistem metabolisme tubuh manusia. nah apa saja dampak dan manfaat air bagi tubuh manusisa? dalam artikel saya berbagi mengenai fungsi air putih dan bahaya kekurangan air putih bagi tubuh manusai.

Fungsi Air putih untuk kesehatan badan

Sistem Pencernaan,- Memperlancar sistem penceranaan manusia, air berfungsi sebagai alat bantu metabolisme dan memceah beberapa protein yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Selain dari itu air juga mempengaruhi massa pembuangan zat sisa pada feses sehingga air membantu memeprlancar pencernaan. Bahaya kekurangan air dalam hal ini akan mengaikabtkan gangguan buang air besar yang selanjutnya akan menurunkan nafsu makan dan resiko keracunan.

Racun pada Tubuh,- Manfaat air yang berikutnya adalah mengeluarkan racun pada tubuh manusia. beberapa zat sisa metabolisme tubuh yang berpotensi berbahay bagi tubuh akan dikeluarkan oleh alat sekresi manusia memalai pori-pori dan ginjal. Fungsi kedua oragan ini sangat dipengaruhi oleh jumlah air dalam tubuh. Kekurangan air dapat mengabatkan pengapuran dan pembentukan batu ginjal, kondisi selanjutnya akan merusak ginjal.

Merawat Kulit,- Air putih mampu untuk mencegah kulit keriput dan menjaganya tetap kencang. Kulit kencang akan membuat tubuh terlihat awet muda dan terhindar dari kulit yang kusam. Kuit kusam tentunya akan mengurangi penampilan dan rasa p[ercaya diri seseorang. (Baca lebih lanjut artikel: Cara alami tampil Awet Muda)

Mengurangi Resiko Penyakit jantung,- Berdasarkan hasil riset yang diterbitkan oleh american Journal 0f Epidemilogy, Meminum minimal 5 gelas sehari dapat menurunkan resiko serangan jantung sebanyak 41 persen.

Berat Badan Ideal,- Setelah dijelaskan fungsi dari air memperlancar penceranaan seperti yang saya telah sebutkan di atas. Air juga berfungsi mejaga berat badan agar tyetap proporsional. Seorang yang melakukan diet alami akan membuat tubuh tampak lebih kurus, tetapi air menjaga beran badan proporsional sesau dengan kubuthan tubuh sebenarnya.

Mencegah Dehidrasi,- Fungsi air selanjjutnya adalah mencegah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. dehidrasi pada tingkat awal akan mengurangi konsentrasi tubuh. Jika tetap dibiarkan akan menjadi gangguan kesehatan yang menghawatirkan, oleh karena itu meminum minimal 8 gelas air sehari sangat membantu tubh untuk terhindar dari dehidrasi

Cara dan saran Mengkomsumsi air

mengkomsumsi air sebanyak 8 gelas sehari sungguh sangta berat jika dilakukan serentak, sebaiknya mengkomsumsi air diberi jadwal, meskpiun tidak terlalu ketat, penjadwalan meminum air memabntu menjaga ritme tubuh. Misal bangun pagi meminum segelas air, Sehabis sarapan, makan siang dan makan malam, masing masing segelas, saat paruh awal siang sekita jam 10 pagi, dan segelas sebelum tidur. sisa dua gelas yang dibutuhkan akan dilakukan setiap saat ketika kita merasa haus. menyediakan botol kecil untuk penampungan dalam tas dan di meja kerja tentu sangat bermanfaat untuk kesahatan tubuh  kita.

Bagi kaum muslim yang sedang berpuasa tentunya jadwal mengkomsumsi air pada siang ahri akan terganggu, Sebuah brand minuman air mineral terbesar di Indoneisa mengkangpanyekan slogan 2 4 2, untuk mengkomsumsi air. 2 gelas air pada saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air menjelang imsak. tidak ada salahnya mengikuti saran ini selama tidak merugikan kita.

Setelah mengetahui fungsi vital air bagi tubuh manusia, tentunya akan menjadi sangat penting untuk memeprhatikan jenis dan kondisi air yang kita minum. Air akan menjaga tubuh manusia dari ujung rambut sampat ujung kaki. mengkomsumsi air yang tidak sehat tentunya akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.
 
Demikian artikel semoga bermanfaat untuk para pembaca.





Loading...

0 Response to "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Air Putih"