Cara Mudah Membuat Kopi dari Seluruh Dunia


Cara Mudah Membuat Kopi dari Seluruh Dunia

Dzargon. Kopi adalah minuman yang paling terkenal di seluruh dunia. Berbeda dengan lainya, minuman jenis kopi hampir digemari di segala kalangan usia. mulai dari remaja hingga anak-anak. lantas bagaimanakah cara mudah membuat kopi dari yang enak? dalam artikel ini saya memberi sedikit gambaran mengenai kopi dan beberapa cara unik membuat kopi dari seluruh dunia.

Popularitas kopi ini ditandai dengan munculnya warung kopi dari level terminal sampai level elit yang banyak muncul di pusat perbelanjaan modern. Bahkan kopi menggeser minuman yang jauh lebih dulu, yakni teh. Berdasarkan pengalaman saya, saya sering kali menemukan penjual warung kopi dimanapun saya berada, tetapi sampai saat ini saya belum pernah mendengar tentang keberadaaan warung teh.

Apa itu Kopi?
Kopi adalah tanaman berkayu yang tumbuh di daerah pegunungan pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Tanaman kopi bisa tumbuh hingga 4 sampai 5 meter dan berusia puluhan tahun Kopi sangat subur tumbuh di daerah dengan suhu suhu rata rata 17-20 derajat Celcius. Diantara semua bagian tanaman kopi, biji kopi adalah bagian terpenting dari yang nantinnya akan dikelola menjadi bubuk kopi. Diperlukan perlakuan khusus dalam mengelola bibit kopi, karena kesalahan prosedur pengelolaan akan mengurangi kualitas kopi.

Kopi Daun Unik
Di beberapa wilayah di Indonesia seperti medan, Penduduk lokal juga memanfaatkan daun tanaman kopi untuk diseduh. Menurut warga sekitar cita rasa daun kopi sedikit merupakan gabungan antara kopi dan teh. Meskipun jawaban ini kurang memuaskan, tetapi untuk menikmati kopi jenis daun ini, kita harus terbang jauh ke Medan memang saat ini daun kopi bisa didapatkan dimana saja namun cara menyeduh daun kopi belum tersebar luas.

Cara penyajian kopi jenis ini pun terbilang unik, kopi disajikan menggunakan wadah tempurung kepala. menurut cerita yang berkembang, kebiasaan  meminum kopi dengan cara seperti ini muncul pada zaman penjajahan dulu. Penjajah yang memonopoli semua biji kopi tak menghentikan niat warga sekitar untuk menikmati kopi, hingga akhirnya muncul ide merebus daun kopi dan hingga saat ini kebiasaan meminum daun kopi masih tetap terjaga.

Biji Kopi Hitam

Manfaat dan dampak Negatif Kopi

Manfaat kopi yang paling di incar oleh penikmat kopi adalah kandungan kafein yang dapat menstimulasi energi sehingga kita dapat bekerja lebih baik setelah meminum kopi. kandungan cafein pada kopi juga mampu membuat terjaga semalaman sehingga kopi menjadi teman bagi pencari inspirasi yang sangat baik pada saat begadang menunggu pagi.

Dalam beberapa artikel, disebutkan bahwa sejumlah wanita yang mengkomsumsi kopi pada usia 24 tahun terhindar dari penyakit jantung dan bahkan stroke hingga 18 % lebih rendah dari mereka yang tidak meminum kopi. dalam artikel lain juga membahas bahwa kopi dapat mencegah kanker mulut, meskipun kopi dapat menghitamkan gigi.

Dampak negatif dari mengkonsumsi yang terus menerus adalah munculnya kebiasaan meminum kopi dan kecanduan. kecanduan kopi biasanya ditandai dengan sakit kepala pada saat tidak mengkonsumsi kopi. untungnya harga kopi sangat terjangkau sehingga kecanduan jenis ini mudah ditebus.

Dampak lain meminum kopi adalah munculnya perasaan ingin buang air kecil. meskipun ini hanya pendapat pribadi saya, tetapi setiap kali saya meminum kopi tengah pada saat tengah malam, perasaan ingin buang air kecil meningkat drastis.

Jenis-Jenis kopi

Kopi terdiri dari banyak jenis, mulai dari kopi lokal Indonesia sampai kopi import. Jjenis kopi menentukan cita rasa kopi itu sendiri. Jenis kopi yang paling populer adalah kopi hitam. Di Indonesai sendiri jenis kopi yang paling terkenal adalah Kopi dari Tanah Toraja, Biasanya dikenal dengan Istilah Kopi Torabika atau Torajan Arabika. Kopi jenis Arabika yang tumbuh di daerah Tana Toraja, di Sulawesi Selatan memiliki cita rasa yang khas dan bau sangat Tajam. Ketika kita berkunjung di desa arabika atau hanya sekedar lewat, bau kopi Toraja bahkan sampai tercium meskipun kita sedang berkendara.

Jenis Kopi yang kedua yaitu robusta, jenis kopi ini tidak begitu diminati karena rasanya dan baunya yang tidak begitu khas. akan tetapi jumlah produksi kopi robusta lebih banyak dan lebih muda dibudidayakan. sehingga banyak pedagang yang culas mencampur kedua jenis kopi arabica dan robusta. kemudian menjual dengan nama kopi arabika.

Jenis Kopi robusta yang paling terkenal adalah Kopi Luwak, kopi dari kotoran hewan yang belakangan menjadi populer. Biasanya luwaks engaja di pelihara dan diberi makan kopi, kemudia Biji kopi yang keluar dari feses luwak terbut digiling dan dijadikan kopi. Belakangan untuk menyaingi popularitas kopi luwak di Thailand yang jumlah luwaknya tidak banyak menjual kopi Gajah, meskipun saya sangat jarang medengarnya, tetapi isu yang beredar harga kopi gaja dua kali lebih mahal dari kopi luwak.

Cara membuat kopi

Ada banyak cara membuat kopi. Membuat kopi juga tergantung dari jenis Kopinya, Jika anda meminum kopi shaset, cukup dengan menyeduhnya dengan air panas. Tpi Minuman kopi shashet berbagai merek pun menurut saya hampir menghilangkan cita rasa kopinya, meskipun untuk jenis Kopi capucino, khas italia menjadi kopi nomor satu yang paling saya konsumsi.

Kopi yang paling nikamt dinikmati adalah kopi Hitam. Kebiasaan saya adalah membeli kopi dari penduduk dalam bentuk biji, karena ini lebih terjamin. Membeli kopi dalam bentuk bubuk bisanya sudah di oplos oleh penjualnya, teman oplosannya punmacam, seperti mencapur robusta dan arabika, atau mencampur kopi ronbusta dengantanaman sejenis petai yang agak pekat.

Membeli kopi dalam bentuk selain menjamin kemurnian kopi juga menjaga cita rasa kopi tetap sampai akhirnya kopi digiling dan di nikmati. Sebaik-baiknya cara menikmati kopi adalah dengan cara memasaknya, menyeduh kopi tidak mengeluarkan aroma kopi secara keseluruhan. Memasak kopi dengan air mendidik dengan takaran air 1 sendok makan kopi bubuk untuk 1 gelas air atau sekitar 200 ml adalah komposisi yang paling nikmat menurutku. 

Setelah kopi dan air mendidih saya bisanya tidak mencampurnya dengan gula, tetapi memilih meminumnya bersama dengan gula aren yang dipotong kecil-kecil. cobalah sesekali resep ini, untuk mengetahui cita rasnya. akan tetapi mencampurnya dengan sedikit gula pasir itu jauh lebih memudahkan untuk meminumnya.

Cara membuat kopi tradisional
ada banyak cara membuat kopi di seluruh dunia saya akan mencoba membagikan beberapa cara membuat kopi, tapi bisanya dalam proses pembuatanya membutuhkan beberapa alat tambahan.

Dreep methode
Metode ini lebih gampangnya dipraktekkan, dengan metode tetes atau saring, kopi yang sudah dimasak bersama air disaring menggunakan kertas saring sehingga kopi yang dihasilkan lebih lembut dan bebas ampas. 

French Frees
Metode pembuatan dengan menggunakan teko yang di dalamnya ada alat penggiling kopi, Biji kopi dimasukkan ke dalam sebuah wadah kemudian digiling dengan sendri. Cara ini agak melelahkan tetapi cara ini memungkinkan penikmati menikmati campuran kopinya sendiri. 

Expresso
Metode ini adalah metode yang paling umum dalam pembuatan kopi yang banyak tersedia di kedai kopi tingkat elit. Sebuah mesin penggiling sekaligus penyeduh kopi pada satu mesin dengan takaran yang disiapkan oleh pembuat. kelemahan methode sangat adalah harga mesin yang mahal

Kopi Tarik
Metode terkenal di Provinsi Aceh, Metode ini bisanya untuk mencampurkan kopi dengan susu hingga benar benar menyatu, dibutuhkan dua gelas dan seorang ahli dalam pembuatan kopi ini, karena jika tidak berhati hati kopi yang dituangkan cepat dari satu gelas ke gelas lain bisa terkena tangan.
Loading...

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kopi dari Seluruh Dunia"