Cara Merawat Kucing Anggora, Kucing Persia dan Kucing Hias sejenis



Cara Merawat Kucing Rumahan

Dzargon. Kucing adalah binatang yang paling jinak yang pernah ada. Meskipun masih terdapat perdebatan antara kucing ataukah anjing yang yang menjadi binatang yang paling jinak, Kucing sudah membuktikan dirinya bahwa bangsa mereka telah dijadikan teman bermain manusia sejak zaman Mesir Kuno. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya mumi kucing di samping makam Paraoh di dalam piramid.

Jenis-Jenis Kucing.
Sebelum anda memutuskan untuk memelihara kucing, sebaiknya anda cari tahu beberapa jenis kucing yang ada sehingga anda bisa memilih kucing jenis apa yang anda akan jadikan teman di rumah. Berikut ini beberapa jenis kucing yang ada, mungkin dari beberapa daftar ini masih sangat sulit didapatkan di Indonesia. 

American Bobtail,- Kucing ini adalah jenis kucing dengan ekor yang sangat tebal dan pendek. Kucing ini mulai populer pada tahun 1960-an. Kucing berasal dari Benua Amerika dengan bentuk kepala cenderung segitiga dengan bentuk rahang yang lebar. Kucing berbulu tebal untuk menyesuaikan dirinya dengan suasana dingin dan di hutan.

Tips mudah memelihara dan merawat kucing dengan baik


American Curl,- Salah satu kucing yang juga terkenal di Ammerika, tepatnya di California. Ada yang unik dengan telinga kucing ini yang sedikit melengkung, Namun anda harus berhati-hati saat mengelus kucing ini  karena tulangnya yang sangat mudah patah. Kucing ini memiliki bentuk yang lucu untuk dijadikan teman bermain karena bentuk mukanya yang menggemaskan.

tips merawat kucing berbulu panjang


Balinese,- Jangan tertipu dengan namanya karena kucing tidak ada hubungan dengan pulau Dewata Bali, kucing ini berasal dari California, Amerika. Salah satu jenis kucing di Ammerika yang sangat terkenal sebagai kucing pelihraan. Nama Bali diambil dari lenggok tubuhnya yang seperti penari Bali. Kucing ini memiliki kemiripan dengan kucing siam. Asal-usul kucing ini adalah hasil mutasi dari kucing siam. Kucing dengan tubuh kurus ini memiliki bulu yang sangat indah terutama pada bagian ekor.

Cara merawat kucing rumahan


Birman,- Kucing satu memiliki badan yang gempal dengan rambut yang tebal, namun tidak setebal kucing Persia. Kucing ini memiliki mata yang bulat. Pada kaki-kai kucing tampak seperti menggunakan sarung tangan.

Himalayan,- Kucing ini adalah kucing dari Inggris, tidka seperti namanya. Kucing ini merupakan hasil kawin silang antara Persia dan Kucing Siam.  Keunikan dari kucin ini adalah badannya gempal berasal dari induk Persia sedangkan warnanya yang cemerlang datang dari induk siam. Namun demikian kucing ini kesulitan dalam melompat karena badanya yang gempal.

Cara memelihara kucing

Javanese,- Javanese adalah salah satu kucing oriental dengan badan langsing dan anggun. Kucing sedikit identik dengan kucing Balinese, namun Balinese cenderung tradisional. Bulu dari kucing ini tidak sepanjang Persia namun kucing ini memiliki hidung yang sangat mancung.Seperti dengan namanya, kucing ini adalah kucing asli negara matahari terbit Jepang. Bentuk muka yang sedikit memanjang membuat kesan seram dari kucing ini.

red tabi


Maine Coon,- Bisa dibilang ini salah satu peasing persia, kucing ini memiliki rambut tebal, mengkilap dari ujung kaki sampai leher.  Kucing ini bisa memiliki bobot  5 sampai 9 kg. Bulunya yang tebal menunjukkan kalau daerah asal kucing memiliki musim salju.

kucing lucu berbulu tebal


Persian,- Kucing ini adalah jenis yang paling populer di antara semua kucing. Tubuhnya yang indah dengan pantat yang montok membuat dia kelihatan anggun saat berjalan. Persia berasal dari Persia, Iran. Kucing ini mulai dikenal bersamaan dengan anggora.

kucing garong


Anggora,- Kucing ini berasal dari Turkey. Bentukny ayang menyeruapi persia terkadang membuat orang sulit membedakannya. Kucingnya adalah garis keturunan kucing dengan darah murni. HAl ini membuat kucing anggora lebih mahal 5 sampai 6 kali harga persia. Tapi hal ini jugalah yang membuatnya kalah populer dengan Persia.

perbedaan anggora dan persia


Memeliraha Kucing

Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan. Terutama mengenai kucing. Kucing adalah binatang yang sangat jinak seperti anjing. Kesetiaan kucing akan majikan dan cara mereka berinteraksi dengan tuaannya sangatlah mengemaskan. Kucing  bisa menjadi pengisi kekosongan atau teman melepas penat sehabis kerja.

Di alam liar kucing bisa hidup sendiri dan bertahan sesuai dengan caranya. Namun untuk dapat hidup mandiri, kucing harus memiliki keahlian yang diasah pada saat ia tumbuh. Memelihara kucing tidak berarti membiarkan kucing untuk mencari makan sendiri. Hal ini disebabkan karena rumah tidak menyediakan lahan berburu untuk kucing. Beberapa kebutuhan kucing seperti makanan, minuman, dan tempat tidur. Meski demikian kucing bisanya tidur di mana saja yang ia sukai.

Cara mendapatkan Kucing

Cara yang paling mudah mendapatkan kucing adalah dengan cara mengadopsinya dari teman atau pemilik yang sudah tidak bisa merawat sang kucing. Salah satu cara yang paling mudah bagi saya dalam memelihara kucing adalah mengadopsinya dari jalan. Di Indonesia ada ratusan kucing yang ditelantarkan oleh pemilikinya setia harinya. Kucing domestik tetaplah kucing. Jika dirawat dengan baik kucing domestik juga bisa menjadi teman yang menyenangkan.

Cara kedua adalah mengadopsi melalui pasar hewan terdekat atau melalui beli hewan online. Beberapa jenis kucing sudha dijual dipasar hewan, tetapi jenis yang paling banyak dijumpai adalah Persia. Beberapa jenis anggora juga bisa didapatkan tapi harganya yang jauh dari Persia membuat Anggora kurang laris.

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam membeli kucing. Hal pertama adalah terkait masalah izin dari kucing, beberapa jenis kucing membutuhkan izin khusus untuk pemeliharaannya terutama yang sudah dalam kategori terancam seperti bengal, blacan, dan savannah. Hal yang kedua ketahuilah cara perawatan kucing paling tidak untuk memberinya makan, tempat tinggal dan langkah perawatan pertama ketika kucing anda sakit.

Rumah dan Kandang

Kucing adalah binatang yang pemalas, menurut hasil penelitian, kucing menghabiskan hampir 80 % waktu dalam hidupnya digunakan untuk tidur. Jangan heran karena manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya untuk tidur. Menyediakan tempat tidur yang nyaman untuk kucing adalah salah satu utama untuk memelihara kucing. Sediakan lah kandang dengan ukuran yang lumayan besar seperti 80 cm x 60 cm x 60 cm. Kandang yang lebih luas akan lebih baik karena berbagai aktivitas kucing akan dilakukan di dalam kandang seperti minum, makan dan buang air. Mengajarkan kucing untuk tertib dalam hal makan, minum dan buang air tidaklah sulit hanya butuh sedikit kesabaran. 

dalam memelihara kucing sangat penting mengajarkan masalah buang air. Kotoran kucing akan tercecer dimana-mana dan membutuhkan tenaga extra untuk membersihkannya. Mengajarkan kucing anda untuk membuat air di dalam bak khusus memudahkan anda untuk membersihkan dan merawat kucing. 
Kucing memiliki kebiasaan unik dalam buang air besar yakni selalu menimbun kotoran yang mereka buang. Menyediakan pasir khusus kucing sangat membantu menghilangkan bau dan menyerap kelembaban dari poop kucing. Selain itu wangi dari pasir tersebut memberi tahu kucing bahwa tempat pasir tersebut berada adalah tempat buang air.

Makanan dan Minuman

Makanan adalah hal yang penting dalam memelihara kucing. Memberi makan kucing secara tidak teratur akan membuat kucing kegemukan atau kurus. Waktu makan yang acak juga membuat kucing buang air diwaktu yang tidak jelas. Bentuklah kebiasaan waktu makan kucing pada pagi hari dan siang hari agar memudahkan mengontrol jumlah pakan yang diberikan.

Jenis makanan yang diberikan kepada kucing haruslah konsisten. Di pasaran terdapat banyak merek yang terkenal dan ada yang murah juga. Jika sudah terbiasa memberikan makan kepada kucing dengan merek tertentu jagalah agar kucing mendapatkan makanan dengan tipe yang sama. Mengganti merek makanan kucing secara tiba-tiba akan mengganggu pencernaan kucing anda. Memberikan selingan berupa makanan basah kepada kucing juga disarankan, agar kucing tetap membiasakan dirinya dengan pakan alaminya.

Prosi makanan kucing biasanya sudah tertera di bagian belakang kemasan pakan yang dijual. Berilah jumlah pakan secara sedikit demi sedikit ketika kucing masih dalam masa pertumbuhan. Jika kucing sudah cukup besar usahakan untuk memberi makanan ke kucing anda secara konsisten.

Air minum merupakan sumber kehidupan seluruh mahluk hidup termasuk kucing. Kucing adalah hewan dengan kebutuhan air sangat tinggi, terutama jenis persia. Kegiatan keseharian yang sering menjilati tubuhnya dan pipis di sepanjang waktu membuat kucing selalu dalam keadaan haus. Berilah kucing melalui botol minuman khusus, hal ini bertujuan untuk kesehatan kucing. Memberikan kucing minum melalui cawan atau mangkuk kurang baik. Tubuh secara bebas beterbangan dan masuk ke dalam cawan. Bentuklah kebiasaan kucing minum melalui botol jangan dari biasakan dari cawan. Cegahlah kucing membentuk kebiasaan minum dari cawan dengan langsung mengambilnya ketika mulai menjilat air.


Tempat buang air.

Kotoran yang dikeluarkan kucing memiliki bau yang sangat busuk, terutama ketika basah. Pasir khusus kotoran kucing dirancang dengan tujuan menyerap kelembaban dan bau kucing secara cepat sehingga bau kotoran akan segera hilang segara setelah kucing buang air besar. Menggunakan pasir sekali pakai sangat praktis, anda hanya perlu mengambil kotoran dan membuang ketika kucing selesai buang air besar tanpa khawatir dengan bau.

Memperhatikan kotoran kucing akan memberikan informasi mengenai keadaan kesehatan kucing. Jika terdaoat perbedaan mencolok dari kotoran kucing segeralah periksa kucing anda. Kotoran yang lebih kering mengindikasikan kucing mengalami dehidrasi sedangkan kotoran yang lebih basah dari biasanya mengindikasikan kucing mengalami diare.

Grooming dan perawatan.

Setiap kucing harus dirawat secara berkala, biasnya disebut dengan istilah grooming. Untuk grooming saya tidak begitu mengerti akan tetapi hal yang paling utama mengapa saya harus membawa kucing saya grooming adalah untuk memotong kuku, membersihkan mulut dan telinga dan memandikan kucing. Hal yang mungkin saya lakukan dirumah hanya memandikanya. Sehingga saya harus membawa kucing grooming sebulan sekali.

Ini bertujuan untuk menjaga kebersihan kucing sehingga aman untuk diajak bercanda dan bermain. Kebiasaan kucing saat bercanda adalah menggigit atau menjilat. Jika kucing tidak sehat ini sangat berpotensi untuk menularkan penyakit ke pemilik kucing.

Selanjutnya adalah vaksinasi, dari pengelaman saya sebenarnya saya tidak pernah memberikan vaksin ke Ozi, karena Ozi sangat jarang berinteraksi dengan kucing lain. Kucing saya satu-satunya. Akan tetapi sangat di anjurkan untuk vaksinasi apalagi bagi anda yang emiliki binatang peliharaan yang banyak jenis.

Menyisir Bulu Kucing

Kucing dengan bulu lembut seperti persia dan Anggora adalah jenis kucing yang agak ribet pada bagian bulu. Kucing ini akan selalu menjilati bulunya agar tidak gimbal namun sebagai gantinya kucing akan selalu mengeluarkan bola bulu dari dalam perutnya. Ada beberapa bagian dari kucing yang tidak dapat dijilati oleh kucing oleh karena itu pemilik kucing berkewajiban untuk menjaga agar bagian tersebut tetap terawat dengan cara menyisir bulu kucing. Gunakan sisir besi yang harus untuk daerah yang gimbal sedangkan untuk perawatan biasa gunakan sisir dengan ujung jarang.

Terakhir adalah obat cacing. Seperti manusia sangat dianjurkan untuk memberi obat cacing ke kucing. Saya memberikan obat cacing ke ozi dalam rentang waktu 6 bulan sekali.
Loading...

1 comment

Abu Hanifa said...

Apakah susu kelinci untuk kelinci bisa di gunakan untuk kucing? Terima kasih informasinya