Cara Merawat dan Menyimpan Kamera DSLR


Cara Merawat dan Menyimpan Kamera DSLR

Dzargon. Kamera DSLR adalah barang elektronik yang mulai populer di kalangan remaja pada akhir tahun 2012. Kemunculan kamera DSLR seri Non Profesional ata sebut saja kelas low-end DSLR kamera, membuat kamera ini semakin banyak dinikmati kalangan. Penikmatnya tidak sebatas pecinta fotografi tetapi juga mulai dari usia remaja sampai dewasa, mulai dari yang mengerti foto sampai pengguna yang menjadikan DSLR sebagai pengganti kalung.

Keunggulan dari kamera DSLR menurut kaum awan adalah kemampuan kamera ini untuk menggunakan banyak lensa. Lensa yang digunakan sangat bervariasi. mulai dari lensa dengan harga ratusan ribu sampai dengan lensa dengan ratusan juta. Bahkan saat ini ada beberapa komunitas yang mencoba menggabungkan antara kamera DSLR dengan lensa copotan dari lensa Analog. 

Saya juga adalah salah satu dari pengguna DSLR yang menggunakan lensa analog. Jika tertarik untuk membaca artikel bertajuk fotografi, saya juga memiliki sebuah situ yang berbicara mengenai fotografi tetapi menggunakan bahasa inggris. Blog ini memuat hampir semua karya orisinil dari hasil jempretan sendiri dan juga terdapat beberapa foto dari teman  satu komunitas yang tentunya saya sudah mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum menggunakan foto-foto meraka. (Untuk Membaca : Dzargonphoto)

Meskipun tergolong kamera low-end, tapi sungguh harga kamera DSLR tidak semurah namanya. untuk sebuah kamera DSLR Canon EOS 1100 D lensa KIT 18-55mm, ini mungkin seri termurah dari Canon, kita harus merogoh kocek kurang lebih Rp 4.700.000,- untuk yang baru, dan untuk yang bekas dengan pemakaian sekitar satu atau dua tahun dapat dimiliki dengan harga sekitar Rp. 2.500.000, sampai dengan Rp. 3.000.000, tergantung kondisi kamera pada saat dibeli.

Harga jual kembali sebuah kamera sangat tergantung dari cara perawatannya. semakin baik cara kita merawat sebuah kamera, semakin tinggi pula harga jualnya. meskipun kita tidak memiliki niat untuk menjual kembali sebuah kamera, tetapi perawatan yang baik tetap menjaga performa kamera. Nah untuk merawat dan menjaga sebuah kamera dibutuhkan sedikit pengetahuan khusus dalam merawat dan menjaga sebuah kamera. dalam artikel saya akan mencoba berbagi cara bagaimana cara saya menjaga dan merawat kamera DSLR yang saya miliki. Sampai artikel ini turun kecintaan dengan dunia fotografi masih sangat besar.

Kamera DSLR bebas Jamur


Baterai Kamera

Baterai adalah bagian terpenting dari kamera. Salah menggunakan menggunakan baterai akan berakibat pada pendeknya umur pemakaian baterai. Kamera DSLR pada umunya dilengkapi dengan baterai recharge ulang dengan tipe Litihium-Ion dengan taksiran umur rata-rata baterai sekita 500 kali pengisian ulang. Tips saya yang pertama adalah sebisa mungkin menghindari pengecasan baterai pada saat kondisi belum kosong sama sekali. jika ada kekahwatiran baterai habis pada saat hunting, sebaiknya sediakan dua baterai yang diisi bergantian.

Setelah penggunaan kamera, ada kebiasaan yang saya sering lakukan, yakni mencabut baterai dari kamera saya. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga baterai awet karena daya akan tetap dikeluarkan oleh baterai meskipun kamera dalam keadaan off. dan yang kedua ini berfungsi untuk daya awet kamera. mencabut baterai membuat kamera memiliki umur yang lebih panjang. 

Tas dan Cara Membawa Kamera

Kamera DSLR adalah jenis kamera yang sangat sensitif, Tas Kamera khusus diciptakan untuk jenis kamera ini. Ini tidak hanya berfungsi sebagai gaya-gayaan, tetapi juga berfungsi untuk melindungi kamera dari banyak hal, seperti goncangan dan kelembaban. Keberadaan tas kamera sangat penting, selain pada saat membawa kamera. Hal sangat dibutuhkan untuk menghindari kamera basah karena air hujan dan terhindar dari debu.

Saya sendiri memiliki dua tas kamera, yakni tas kamera dengan ukuran kecil untuk sebuah kamera dan dua buah lensa, sedangkan yang satu tas kamera dengan ukuran lebih besar, bisa membawa dua buah kamera dan tiga buah lensa premium disertai dengan aksesoris kamera tambahan seperti Flash, Hood dan lain-lain. Dalam pemilihan merek tas kamera sangatlah penting, membeli tas kamera dengan merek yang tidak jelas malah akan membuat kamera lebih rawan terkena gesekan atau goncangan. Saya merekomendasikan pembelian tas kamera dari brand ternama. tidak usah yang terlalu mahal, tetapi cukup untuk melindungi kamera dari lembab dan juga debu.

Saya sendiri menggunakan tas kamera dari brand Bodypack untuk keduanya. Harganya tidak terlalu mahal tetapi berdasarkan pengalaman saya, tas ini baik digunakan untuk mempercayakan kamera kesayangan anda di dalamnya. Untuk tas Bodypack kecil saya membelinya dengan harga sekitar Rp. 300.000,- sedangkan untuk tas yang agak besar saya membelinya dengan harga sekitar Rp. 800.000,-. saya tidak menyarankan menggunakan tas bonus dari penjual saya membeli, tas segitiga kecil sangat tida direkomendasaikan untuk menyimpan kamera DSLR dalam waktu yang sangat lama.

Penyimpanan

Seperti yang telah diutarakan pada paragraf diatas, kamera DSLR adalah jenis kamera yang sangat rentang dengan kelembaban yang dapat memicu jamur. Terlebih pada penyimpanan kamera pada daerah dengan iklim tropis, dengan kata lain iklim ini adalah surganya para jamur. Sekali jamur menyerang perlengkapan optik kamera seperti lensa atau sensor kamera, maka tamatlah sudah riwayatnya. meskipun dapat dibersihkan, namun kadang coating pada lensa akan hilang.

Sebuah dry box adalah tempat penyimpan yang baik, akan tetapi tidak semua dry box dapat menjaga kamera dari kelembaban. dibutuhkan penjaga kelembaban untuk tetap menjaga kotak dry box tetap kering selama menyimpan kamera. Beberapa bungkus silika gel juga bisa menjadi teman setia kamera di dalam dari box, akan tetapi masa penggunaan silika pendek, sehingga kita harus rutin mengganti silika gel yang digunakan. Untuk mengetahui ciri ciri silika gel, sebaikanya cari tahu kondisi dengan membaca artikel dari Google atau link yang terpercaya. Silika gel bisa didapatkan di toko perlengkapan kamera dan aksesoris kamera dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar 10.000 rupiah untuk sebungkus silika seukuran bungkus obat, sedangkan untuk dari box kecil dapat dimiliki dengan harga sekitar Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000,-. menurut saya saya harga di atas masih tergolong murah jika dilihat dari fungsinya menjaga kamera DSLR kesayangan anda.

Demikian tips yang saya bagikan semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan jangan sunkan untuk ditanyakan saya senang berbagi untuk pengalaman yang telah saya dapatkan juga dari orang lain.
Loading...

0 Response to "Cara Merawat dan Menyimpan Kamera DSLR"