Tempat Tujuan Wisata di Kota Makassar Dan Kuliner Khas Makassar



Tempat Tujuan Wisata Di Makassar, Sulawesi Selatan

Dzargon. Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Kotamadya Makassar sebelumnya telah diubah namanya pada tahun 1971 yang lebih dikenal dengan nama Ujung Pandang, Oleh Walikota makassar pada tahun 1999 oleh walikota Drs H.B. Amiruddin Maula SH., MSi. dikembalikan ke nama asli Makassar. Arti nama Makassar terdapat dalam dua versi pertama berasal dari kata Mangkasara, dalam konotasi negatif berarti orang yang kasar.

Versi kedua dari kota Makassar, berasal dari sejarah yang lebih tua yakni berasal dari bahasa Makassar, yakni makka : mekah dan sara': aturan, kemudian digabungkan menjadi makkasara', artinya negeri di mana aturan mekah (islam) yang berlaku di tanah ini.

Istilah makkasara ini jauh lebih tua dari istilah Mangkasara karena berasal sejak abad ke 15 yang merupakan usulan raja Gowa ke XIV. Beliau adalah raja pertama Kerajaan Gowa-Tallo yang masuk islam dan menerapkan aturan islam dan berlaku dalam wilayah kekuasaannya.

Dari aspek pembangunan Infrastruktur, kota Makassar, merupakan salah satu dari Lima kota besar di Indonesia dengan luas wilayah 199.26 km persegi dan dihuni lebih dati 1,6 juta jiwa. Sebagai kota besar, tentunya keberadaan objek wisata adalah sebuah keharusan, tidak hanya untuk penduduk asli Makassar, tetapi juga ditujukan kepada para pelancong yang mengunjungi Makassar.

Selain dari daerah destinasi wisata, Makassar juga terkenal sebagai kota kuliner khas Makassar. mulai dari penganan seperti kue-kue tradisional sampai dengan makanan khas yang hanya bisa ditemui di daerah sekitar Makassar.

Beberapa jenis Kuliner khas Makassar yang harus dicoba

Jalang Kote,- Jalan kote adalah sejenis pastel atau roti yang berbahan utama terigu. Adonan ini kemudian dibuat sangat tipis yang dijadikan pembungkus dari sayur seperti tauge, Bihun rebus, wortel dan juga Telur ayam. Setelah dibungkus, Jalan kote' kemudian digoreng dan dinikmati dengan sambel cair. Sambel ini disebut dengan Istilah Lombo'na. Jalan Kote' hanya ditemukan di Makassar loh! Rekonedasi Jalan Kota terbaik sayang tidak berada di Kota Makassar tapi di Kabupaten Maros (20 km dari kota Makassar) yakni Jalan Kote 189.
 
Bassang,- Bassang adalah menu sarapan khas Makassar karena sangat enak dinikmati ketika pagi hari. Bassang mengandung banyak kalori karena berbahan dasar Jagung Putih yang direbus bersama dengan santan dan juga terigu. Untuk rekomendasi penjual Bassang sampai saat ini masih belum ada tempat khusus namun beberapa sudut kota Makassar menyediakan Bassang di Pagi hari.
 
Barongko,- Barongko adalah kuliner khas Makassar yang terbuat dari pisang dengan telur dan juga gula. Beberapa pembuat Barongko menambahkan potongan buah Nangka sebagai perasa. Kue ini sangat susah ditemui di toko karena daya tahan yang kurang baik, namun pada acara pesat perkawinan kue ini akan selalu hadir.

Roti Maros,- Roti Maros adalah kuliner khas Makassar yang berbentuk seperti kasur. Roti ini berisi kaya dari santan. Roti ini banyak di temukan di Makassar namun sebagai saran, untuk mendapatkan Roti Maros yang nikmat dan sesuai dengan rasa aslinya yah anda harus ke Maros sekalian mengunjungi tempat wisata Bantimurung yang terkenal.
 
Pallu butung,- Makassar yang terkenal dengan kuliner pisang karena hampir semua kuliner berbahan dasar pisang atau melibatkan pisang sebagai bahan pembuatan kuliner, sebut saja Pallubutung. Pallubutung adalah pisang rebus yang diberi saus dari terigu dan santan. Cara menikmatinya kemudian di campur dengan dengan pemanis khas Makassar yakni Sirup Pisang Ambon. Sebagai Tips berburu Sirup ini beli siru dengan Tradmark DHT, karena Sirup inilah yang paling melegenda di Makassar.

Pisang Epe',- Pisang Epe' adalah kuliner khas Makassar yang banyak menjamur di daerah siwata Pantai Losari. Kuliner ini terbuat dari pisang mengkal yang dibakar kemudian dipress sampai agak datar kemudian dibakar lagi. Pisang ini selanjutnya di nimati dengan saus yang terbuat dari lelehan gula merah yang dicampur dengan parutan Kelapa. Pisang Epe' juga salah satu kuliner yang hanya dapat di Nikmati di Makassar.

Sarabba (Minuman),- Satu persembahan khas Kota Makassar untuk para waisata mania yang ada di Makassar. Sarabba, minuman ini identik dengan wedang Jahe, namun dalam proses pembuatannya minuman ini ditambahkan dengan Santan, gula Merah dan juga Merica. Minuman sangat ampuh untuk mengusir dingin dan juga menghaluskan suara.

Kopi Toraja,- Kopi Toraja, Atau Kopi arabika Toraja adalah salah satu minuman khas Makassar yang sudah terkenal ke Seluruh dunia. Ciri khas dari kopi Toraja adalah tata cara pengelolaan Kopi pasca panen yang masih tradisional sehingga tetap menjaga kualitas dari Kopi. Untuk mendapatkan kopi ini anda tidak perlu ke Toraja, Karena Pusat Ole-Ole kota Makassar di Jalan Somba Opu sudah menyediakan berbagai macam Jenis Koi Toraja. Tipsnya: Harga menentukan Kualitas.

Kuliner berjenis makanan utama
Coto makassar
Coto Maros
Sop Konro
Sop Saudara
Pallubasa
PalluCe'la
Pallukaloe


Ada banyak desnitasi wisata yang dimiliki oleh kota daeng, julukan untuk lelaki Makassar dewasa, mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai tempat perbelanjaan tradisional dan modern. Jangan takut dengan oleh-oleh khas Makassar, karena ada daerah di sekitar jalan Somba Opu, Makassar berjejer toko suvenir khas Makassar yang menawarkan segala jenis oleh dari berbagi daerah di sulawesi selatan. jadi wisatawan tidak harus mengelilingi seluruh wilayah yang ada di Sulawesi Selatan hanya untuk sekedar berburu oleh-oleh khas Sulawesi selatan.

Anjungan Pantai Losari
Anjungan pantai losari terletak disekita dekat jantung ibukota, berada sekita 3 km dari kantor balai kota Makassar, pantai losari telah lama menjadi ikon kota Makassar. pada anjungan pantai losari dibuat 3 buah anjungan yang mewakili suku-suku besar yang mendiami wilayah sulawesi selatan, yang menurut sejarah ketiga suku ini adalah suku keturunan dari Lagaligo datuk Luwu. Ketiga anjungan ini adalah anjungan Anjungan Makassar yang terletak di tengah ditandai dengan lambang perahu pinisi, anjungan bugis disebelah kiri, dan yang paling terakhir anjungan Tana Toraja di sebelah Kanan dengan ikon Tedong Bonga atau kerbau Belang.

Harga masuk daerah ini tidak dikenakan biaya, bahkan untuk parkir kendaraan Pemerintah Kota Makassar sudah memberikan Perlakuan Khsusus Anjungan Pantai Losari alias Gratis . Disekitar pantai banyak penjual penganan yakni Pisang Epe' di sepanjang pantai yang tidak pernah sepi pengunjung selama 24 jam.  Ada yang Khas di Anjungan ini, jika Anjungan di Kota lain selalu di hiasi dengan Pengemis dan Pengamen, di Tempat ini anda tidak akan melihat hal tersebut karena ada ratusan petugas satpol PP yang berjaga di sepanjang Anjungan untuk membuat anda merasa Nyaman.
Anjungan Pantai Losari
Akkarena
Akkarena atau lebih dikenal dengan nama tanjung bunga, merupakan area wisata pantai yang dikelola oleh pihak ketiga. Karena dikelolah oleh pihak ketiga, ada banyak fasilitas yang disediakan di dalam pantai yakni seperti tempat duduk di sepanjang pantai, rest room, restaurant dan juga Hotel tempat untuk menginap. untuk memasuki arena wisata ini setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000, utnuk sekali masuk. Letak Tanjung Bunga dari Balai Kota Makassar sekitar 7 km.

Benteng Rotterdam
Fort Rotterdam atau benteng Rotterdam adalah benteng peninggalan kerajaan Tallo, dengan nama asli benteng pannyua, atau benteng benteng Penyu. Nama ini diberikan karena bentuk benteng yang menyerupai penyu. Oleh belanda, pada akhir periode tahun 1600-an di taklukan oleh belanda dan diberi nama Fort Rotterdam. Tempat wisata rotterdam merupakan wisata sejarah dengan lokasi berada di belakang kantor pos induk kota Makassar yang hanya berjarak 1 km dari kantor balai kota Makassar. Pemerintah membuka tempat untuk umum dan bebas memasuki tanpa dipungut biaya.
Benteng Rotterdam

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu, terletak di sebalah timur kota Makassar, sekita 16 km dari Balai Kota Makassar merupakan peninggalan kerajaan Gowa. Secara administrasi, Benteng somba Opu berada dalam wilayah kekuasaan kabupaten gowa. Pada bentng ini terdapat banyak rumah penduduk dan sekumpulan rumah adat daerah dari seluruh wilayah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Didalam situs sejarah ini, terdapat wisata air Gowa discovery park. Untuk masuk kedalam area benteng somba opu tidak akan dipungut biaya, sedangkan untuk masuk ke wahan air dan taman burung Gowa discovery park, wisatawan akan dikenakan terif sebesar Rp. 70.000,- untuk sekali masuk.
Wisata Makassar


Pulau Samalona
Pulau Samalona adalah salah satu dari gugusan pulau yang ada di Makassar. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan harus menyeberang melalui dermaga yang terletak tepat di depan benteng Rotterdam. Pihak pengelola wisata pulau Samalona, menyediakan jasa pelayan transportasi Pulang pergi dengan tarif Rp 30.000 rupiah untuk pulang-pergi untuk setiap orang. Pulau Samalona hanya ditempuh kurang lebih 20 menit dengan menggunakan perhau milik pengelola. Di area pulau sendiri ada banyak fasilitas wisata yang disediakan seperti pantai permandian, rumah penginapan dengan ukuran satu makar dan satu tempat tidur, cafe dan resto untuk makan dan juga dermaga untuk pemancingan. pada musim tertentu biasanya di daerah sekitar pantai pulau Samalona banyak terdapat ikan kembung, sehingga pulau ini biasanya dipenuhi oleh pemancing lokal.
Destinasi Wisata Makassar


Bugis Waterpark
Bugis waterpark adalah wahan air terbesar dan terbesar yang terletak di jantung kota Makassar, berada di sekitar perumahan elit bukit baruga Makassar, Bugis water park bisa menjadi alternatif hiburan air dalam kota yang dilengkapi banyak fasilitas menarik. terakhir kali saya berkungjung di bugis water park harga tiket masuk mencapai Rp 75.000 untuk hari libur dan Rp 50.000 pada hari hari biasa. Harga tiket masuk sudah termasuk fasilitas berupa kolam mandi yang terdiri dari 3 jenis kolam dewasa, 2 jenis kolam anak, Sungai buatan, Wahana air berupa tempat meluncur dengan ketinggian yang mencapai 30 m dan langsung menuju air. Jangan khawatir dengan jumlah pengunjung dan keamanan. Ada terdapat lebih dari dua belas wahana luncuran air di bugis waterpark.
Wisata Makassar


Trans Studi Makasar
TransStudio Makassar adalah theme park indor terbesar di Indonesia yang meliputi wilayah 5 hektar are. Trans Studio Makasar atau TSM memiliki lebih dari 25 wahana mulai dari yang menguji adrenalin pengunjung sampai dengan wahan sains untuk pengunjung anak-anak dan kunjungan wisata pelajar. Untuk masuk dalam wahana ini anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 150.000 untuk sekali masuk. pada musim leburan biasanya TSM adalah tempat dengan harga diskon yang paling besar. Trans Studio Makassar hanya berada di antara Akkarena dan Anjungan Pantai Losari.

No comments